The First Trimester (part 1)

Alhamdulillah, akhirnya tahapan paling rawan selama kehamilan terlewati sudah, kalo ikutan kuis milyuner artinya sudah di titik aman pertama, hehe… Berikut beberapa catatan nya:

Minggu ke-1

Minggu ini sebenernya kehamilan belum terjadi, malahan masih periode menstruasi. Tapi karena usia kehamilan dihitung dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) jadi penting juga untuk dicatat.

Minggu ke-2

Minggu ini mulai masuk masa subur, tapi pas aku coba cek pake test kesuburan ternyata hasilnya negatif, sepertinya ovulasi ku mundur beberapa hari.

Minggu ke-3

Di awal minggu ini aku cek tes kesuburan lagi, hasilnya positif (tes kesuburan ini beda sama tes kehamilan loh ya), trus inseminasi juga dilakukan di awal minggu ini. Jadi mungkin saja pembuahan terjadi di sekitaran minggu ini, dan sel telur yang membelah menjadi ratusan sel itu kemudian coba menempel di dinding rahim pada minggu ini juga, cuman yaa…kitanya kan nggak ngerasa apa-apa.

Minggu ke-4

Minggu ini minggu yang menegangkan karena harap harap cemas apakah mens atau enggak. Apalagi tepat di hari due date mens, perut bagian bawah sakiiit banget persis dilep (sakit saat hari pertama mens), tapi ternyata mens itu tidak datang dan alhamdulillah tespek positif (nah yang ini baru tes kehamilan).

Pertengahan minggu ini dateng ke dokter dan bilang kalo hasil testpek positif, sayangnya setelah di USG ternyata belum kelihatan apa-apa di rahim, malah yang kelihatan adalah titik hitam di sekitaran ovarium, kata dokter kemungkinan nya, bisa saja jadi hamil beneran (tapi belum kelihatan), bisa jadi hamil tapi diluar kandungan (karena titik hitam nya bukan di rahim), bisa jadi kista, atau bisa jadi itu sisa cangkang telur, aduuuhh makin deg-deg’an.

Untungnya (untung orang jawa selalu beruntung),dari sebelum-sebelumnya sambil nunggu buah hati dateng sempet menerapkan sugesti positif ke diri sendiri, jadi apapun kemungkinan nya tetep berusaha tenang dan keep positif. Dan untungnya lagi, dokter ku positif banget juga, dia jelasin kemungkinan-kemungkinan yang banyak tadi karena pasien nya (baca: aku) yang maksa minta dijelasin panjang lebar (xixixi…berasa rugi soalnya kalo ketemu dokter nya cuma bentar, jadi musti cari-cari pertanyaan biar lamaan konsultasi nya), padahal aslinya dokter cuma pesan :

     “mudah-mudahan beneran hamil, kita tunggu 2 minggu lagi untuk memastikan”.

Obat yang diresepin pada kontrol kali ini : duphaston, asam folat tanpa merk, dan ascardia.

Minggu ke-5

Minggu ini tahapan penting dalam permulaan pembentukan sistem saraf pusat, otot, dan tulang, jadi sebaiknya ibu hamil mulai berhati-hati dan lebih memperhatikan asupan yang masuk, termasuk dalam hal makanan, obat-obatan dan kosmetik. Jangan sembarangan minum obat, kalo badan mulai terasa nggak enak sebaiknya kasih sugesti positif ke diri sendiri, insyallah penyakit jadinya juga ogah nemplok ke badan. Trus sebisa mungkin hindari skincare yang mengandung formula whitening dan anti-aging. Kalo makanan sih aku ngikutin pesan dokter aja, boleh makan apa aja ASAL MATENG.

Oh ya, minggu ini juga aku tes urin lengkap dan tes darah seperti lazimnya ibu-ibu lain di awal kehamilan, plus tambahan tes darah D-dimer untuk ngecek kekentalan darah karena histori ada ACA (low) positif jaman keguguran sebelumnya, dan ternyata….yap…D-dimer ku positif yang berarti berpotensi mengalami pengentalan darah, huhuhu…apakah hal ini akan menyebabkan kehamilan bermasalah?

Minggu ke-6

Minggu ini saatnya kontrol ke dokter lagi, datang dengan penuh harapan dan doa semoga memang beneran hamil dan dgn kehamilan yang sehat.

Alhamdulillah….si baby kecil itu sudah terlihat, ukuran nya baru 0.68cm (pada 6w4d), normal dan yang menakjubkan…hari itu pertama kalinya kita diperdengarkan detak jantung si baby, dug…dug…dug…145 detak per menit, subhanallah… rasanya luar biasa, terima kasih ya Allah.

Jadi nitip pesan buat ibu-ibu semua, kalo tespek udh positif tapi di USG ke dokter nggak keliatan apa-apa, jangan parno dulu ya, emang di minggu minggu awal kehamilan belum kelihatan kok, ukuran si janin kala itu kan masih keuciiil banget, kurang dari 0.1 cm. Coba USG ulang 2-4 minggu kemudian.

Obat yang diresepin kali ini : duphaston, asam folat tanpa merk, ascardia dan fetavita.

Minggu ke-7 – 9

Alhamdulillah sampai minggu ini nggak ngerasain yang namanya morning sickness, mual dan eneg sih sering ya…tapi nggak yang sampe harus lemes, muntah atau gimana, ya biasa aja… Makanya aku sebel sama orang hamil yang ngeluuuuuhh terus di socmed. Nggak bersyukur apa masih banyak diluar sana yang rela melakukan apapun demi merasakan hamil, nah dia udah dikasih rejeki hamil kok yo ngeluh terus sih, body melar lah, punggung pegel, celana jeans kesayangan kesempitan lah, iiccchhhh… *udah ah jadi sewot kalo ngurusin tuh mbak-mbak*

Back to my notes, ngomongin baju, karena perut udh keliatan mulai jendul jadi udh mulai pake celana hamil, rata-rata memang bawahan udah pada nggak muat. CD hamil apalagi, sejak minggu ke-3 alias blm tau kalo hamil aja udh pake cd hamil, gara gara mbak penjaga toko nya nuduh aku hamil, pdhl cuman pengen beli cd ukuran xl (akibat pengobatan alternatif waktu itu, badan jadi  membesar-baju baju pada kesempitan deh), eh malah disaranin beli cd maternity sekalian, yo wes lah kita turutin itung itung anggep doa juga🙂

bersambung ke bagian dua

4 thoughts on “The First Trimester (part 1)

  1. Zoothera says:

    Ahhh senangnya baca apdetan cerita ttg kehamilannya….
    Pas part dengerin detak jantung aku brasa ikutan bahagia gimanaaa gituh hehheeh
    Iya tuh suka sebel kalo baca status org di gb yg isinya ngeluh terus, apalagi baca keluhan temennya mba Ayk ya, mau apah ditabok bolak-balik sama smua anggota milis M2B? *gerrrrhhhh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s