The First Trimester (part 2)

sambungan dari bagian satu

Minggu ke-10

Hore akhirnya kunjungan ke dokter lagi, rasanya kangen banget pengen cepet cepet ketemu si dedek. Ternyata perkembangan nya pesat, ukuran nya sudah 3.65cm (saat 10w4d). Dan kejutan kali ini adalah kita disuguhi pemandangan kaki yang aktif menendang dan tangan yang lincah melambai-lambai,  posisi badan telentang, huwaaaaah pengen meluuuuk melihat tangan mungilnya dadah dadah.

Trus minggu ini bentuknya sudah menyerupai manusia kecil, semua organ pentingnya sudah terbentuk dan mulai menjalankan fungsi nya. Semoga engkau selalu sehat-sehat ya nak *kiss muah

Obat-obatan yang diresepin kali ini masih sama dengan saat kontrol sebelumnya, duphaston, asam folat, ascardia, fetavita.

Minggu ke-11

Minggu ini lumayan horor, karena di suatu sore cek cd ada bercak coklat, flek? Dieng….

Dan setelah BAK, ditisyu ada bercak darah merah, hiks…DARAH…bukan flek lagi.

Panik donk pastinya, tapi tetep berusaha under control, tenang…tenang….“aku udah pernah menghadapi situasi ini, aku udah belajar menghadapi situasi ini, jadi sekarang tenang…tenang, everything will be OK, Ayk”

Akhirnya setelah berhasil menghubungi dokter tercinta, diputuskan kita akan berangkat saat itu juga ke RS Bunda Menteng, sebenarnya dokter menyarankan ke RS Bunda Margonda aja krn lebih dekat dari rumah ku, tapi kita lebih pilih ke Bunda Menteng karena lebih deket dari rumah si dokter. Pokoknya aku nggak mau terulang kejadian 2 thn lalu saat flek ditangani dokter jaga, jadi sekalipun hujan badai (kondisi nya memang lagi hujan deras + petir) aku harus ketemu dokter ku sendiri.

Jam 10 malem ketemu juga sama si dokter, ya meskipun beliau dateng dgn hanya bersandal jepit (dari rumah nya dibela-belain dateng ke rumah sakit cuman demi aku loh, hahaha sengaja ge-er demi menenangkan diri), sempet basa basi sebentar (dituduh ngebut karena baru sms berangkat dari rumah lah kok kemudian update posisi udh sampai saharjo aja, pdhl dia pesen supaya pelan-pelan dan santai aja, nggak usah panik atau keburu-buru, yeeeii…pdhl enggak ngebut juga kok, emang dasarnya si sopir-baca:bapaknya anak-anak, yang canggih nyetirnya xixixixi), ya udah kemudian di USG deh.

Alhamdulillah si janin baik-baik saja, posisi nya sekarang tengkurep, letak plasenta bagus di atas, loh tapi kok si janin diem aja ga kayak minggu lalu yg nendang-nendang? *mulai kuatir lagi

     “Tenang bunda…si dedek lagi tidur, biarpun terlihat diam tapi tuh detak jantung nya kenceng kan?” Oh yes, ailopyupul dok, lega deh sekarang.

Tapi kenapa tadi flek, coba kita cari tau, jadilah diperiksa dalem, siapa tau ada polip atau sesuatu yang mengganggu, ternyata bersih, alhamdulillah. Jadi nggak kenapa-napa, resepnya cuma istirahat aja, bedrest dirumah seminggu, nggak perlu rawat inap (meskipun kita udh bawa perlengkapan rawat inap buat jaga-jaga).

Sebelum pulang disuntik penguat proluton, dosis seminggu 2x, jadi 4 hari kemudian ke rmh sakit lagi untuk suntik yang ke-2.

Flek tersebut ternyata berlangsung selama 2-3 hari, tapi bener flek coklat aja, udh nggak keluar darah merah lagi.

Atas kejadian tsb dan riwayat keguguran sebelumnya, dokter memberi rujukan untuk cek darah lengkap yang berhubungan dengan pengentalan darah: D-dimer, ACA IgG-IgM, dan Beta 2 Glikoprotein.

Minggu ke-12

Ke dokter lagi setelah bedrest seminggu, sekalian bawa hasil cek darah. Sebelumnya sempet mikir macem-macem takut beneran ada pengentalan darah, udh mbayangin harus suntik heparin di perut selama kehamilan untuk mengencerkan darah, udah pilih-pilih dokter ahli darah.

Ternyata yippie….semua nya negatif, nilai kuantitatif D-dimer yang diawal positif pun sekarang turun jadi negatif, berarti ascardia (pengencer darah) yang selama ini aku minum lumayan ngefek, sik asik.

Update si baby,  size nya 6.67cm (pada 13w), iihhh udah gede ya nak, sayang pas di USG kayaknya lagi bobok, posisi nya tengkurep spt USG minggu lalu, aku towel towel biar bangun mah tetep aja anteng, eh tapi kemudian hoaaaammm…mulutnya kebuka lebar, ihh nguap nggak ditutup dia, kayak emaknya aja, hehehe…

Alhamdulillah si baby sehat, jari-jarinya sudah terbentuk lengkap, mata, hidung dan organ lain juga normal, terus ukur jarak tengkuk kepala juga normal nggak ada kemungkinan DS, ya Allah mudah-mudahan dia selalu sehat terus ya Allah.

Obat-obatan yang diresepin kali ini adalah : duphaston, asam folat, ascardia, dan lactafar.

Minggu ke-13

Ceritanya sampe penghujung trimester pertama ini, aku belum pernah ngerasain ngidam, lempeng aja kehamilan nya berjalan nyaman, orang jawa nyebutnya hamil kebo, hehehe… Rasa pengen sesuatu sih pasti ada, lah wong nggak hamil aja kadang suka kepengen makanan tertentu, tapi ya lagi-lagi sugesti diri aja (jangan bosen ya, tapi trust me deh, sugesti ini ngefek untuk semua bidang kehidupan).

Eh tapi di akhir minggu ini sempet pengen banget lontong balap, udah muter muter nggak nemu juga (adakah yang tau dimana nyari nya di jakarta? plis), nggak muluk muluk sih cuman pengen lontong balap rajawali-lengkap dengan lento dan sate kerang *halaaahh ini sih muluk banget ya

Dan ya endingnya sampai hari ini juga belum kesampean lontong balapnya, jadi belum afdol kalo disebut ngidam, kan pengertian ngidam kepengen banget nget nget sampe harus keturutan apa yang dimau, lah aku belum berhasil keturutan eh udah terlanjur nggak pengen lagi, huhuhu…

Apapun yang terjadi di trimester pertama ini…yang penting kita sudah lakukan yang terbaik buat si dedek, dan akan selalu begitu, baik-baik ya nak.

Doakan kami juga ya bunda bunda semua yang baca curhatan ini.

“ Ya Allah jagalah anakku selama ada dalam kandunganku, sembuhkanlah dia (apabila ada penyakitnya), Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada obat (kesembuhan) kecuali obat (kesembuhan) yang datang dari-Mu, kesembuhan yang tidak akan membawa penyakit, Ya Allah jadikanlah anak-anak yang ada dalam kandunganku dengan bentuk yang bagus (tampan/cantik) dan tetapkanlah di dalam hatinya untuk senantiasa beriman kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah keluarkanlah anakku dari kandunganku pada waktu aku melahirkan mudah dan selamat. Ya Allah jadikanlah anakku menjadi anak-anak yang sehat, sempurna, berakal, cerdas, alim mau mngamalkan ilmunya. Ya Allah berilah anakku umur yang panjang, badan yang sehat, akhlak (budi pekerti) yang baik, lisan yang fasih serta suara yang bagus untuk membaca Al Qur’an dan Hadits dengan mendapat berkahnya Nabi Muhammad SAW, segala puji hanyalah untuk Allah yang menguasai seluruh alam”.

27 thoughts on “The First Trimester (part 2)

  1. evelyn says:

    mual muntah itu emang udh dari sononya&g bs dihilangkan dg sugesti positif,saya udh mencoba sugesti positif untuk tidak mual muntah tp tetep aja,jadi yaa jangan disebelin lah orang yang mual muntah gt dg cara judge2 g jelas.beruntung aja anda tidak merasakannya.

    • Ayk says:

      Mbak evelyn, saya bukan sebel sama KONDISI mual muntah nya, tapi sama CARANYA memperlakukan kondisi tersebut, caranya mengeluh itu loh….kok seolah dia jadi orang paling menderita sedunia karena hamil.
      Padahal masih banyak diluar sana orang orang yang berharap untuk hamil, rasanya kok ya nggak bersyukur, padahal mual muntah saat hamil rasanya PASTI jauh lebih nikmat dibandingkan mual+muntah+pusing+lain lain saat mengkonsumsi obat obatan hormon demi mendapatkan kehamilan.

      • Ayk says:

        Contoh sugesti sederhana yg coba saya terapkan setiap bulan nya, ketika udh dari sononya ditetapkan saya harus mens, mau sebagaimana pun saya berharap dan memberi sugesti positif tetap sajs mens itu datang, ini KONDISI yang tidak bisa saya hindari.
        Tapi apakah kemudian saya harus sebegitu terpuruk nya, apakah sampe jd pengen bunuh diri (eh yg ini lebay sih tapi bukan berarti tidak pernah terpikir, huhuhu desperate bgt ya)?
        Jadi disinilah saya coba terapkan sugesti positif, saya harus menemukan CARA bagaimana menghadapi kondisi tsb, tidak mudah memang tapi juga tidak sulit kok, jadi hyuuuk mari kita tetap semangat🙂

  2. Umuhany says:

    Aku sdh 5 thn nikah,pernah 2x kguguran krn torch n aca,skrng lg program dg dr.marly susanti dihermina bekasi,mohon doa ny jg ya mb ayik.. Mksih

  3. Zoothera says:

    Amiiiinnnn ya Rab…
    Berikan selalu kesehatan pada sahabatku dan janinnya…
    Terus sugesti positif yaa jeung… Itu akan membawa dampak positif jg bagi si baby. *peyukkkhhh*

  4. korymarita says:

    selamat ya mbak tuk kehamilanya…kebetulan aku juga lge hamil n insyaAllah bulan januari nanti melahirkan..mohon doa nya ya mbak semoga segalanya berjalan lancar n di beri kemudahan…

  5. funkylove says:

    pas aku hamil, mual muntahku parah. pagi-sore ga bs ngapa2in, malemnya baru bs sehat. kerja jg ga bisa sama sekali. berdiri dr kasur aja uda langsung hoek sorrrrr gitu. makan dikit, hoek, langsung byorrr. tapi selera makan teteup, malah lahap. tapi ya emang ga tahan bgt sih ama mual muntahnya. dari minggu ke-7 sampe minggu ke-22, barulah setelah itu bener-bener bisa lega… ngeluh? jelas iya, di depan suami malah hehe… tp bukan ngeluhin menderitanya sih, cm ngeluih pengen muntah nih… duh ga bs kerja bantuin hubby, dll… overall, menikmati sih. morning sicknessnya dinikmati, toh bakal ilang2 sndiri hehe

  6. Niniez says:

    Mba Ayk..
    gmn Mba, msh pengen lontong balap?
    dah coba ke Bintaro 9 walk blm? kmrn siy aq nyoba tahu campurnya di sana lumayan enak, n kalo ga salah dia sedia jg menu2 suroboyoan laennya, mg2 ada jg lontong balapnya, soale dia sedia sate kerang jg tuh, hehe…

    Smoga kehamilannya sehat trs smpe si dede’ lahir ya Mba🙂

  7. okta says:

    Hallo mbak Ayk..
    saya Okta 23 th dr Surabaya jugak..
    seneng bgt deh baca2 semua postingannya mbak..
    saya jadi pengen ikutan inseminasi buatan jugak (krn biaya yg relatif lebih murah drpd bayi tabung,
    dan crita keberhasilan dr mbak..
    saya dan suami uda menikah hampir setengah tahun..
    dan saya belom hamil…
    tes darah, urin, dan usg saya bagus..
    tapi terakhir tes sperma suami ternyata jumlahnya sedikit dan itupun spermanya pada males gerak..
    kalau untuk bentuk spermanya sih normal seperti kecebong sempurna..
    Semoga kesuksesan mbak Ayk hamil, bisa menular ke saya dan ibu2 lain yg mendambakan momongan yah..
    Semoga kehamilannya lancar jaya mbak!!!
    Good Luck buat kehamilannya dan ntar proses lahirinnyah!!!
    Semangaaaaattt!!!

  8. Rakhmania says:

    Haloo mba ayk salam kenal..selamat ya atas kehamilannya smoga hamilnya lancar ibu dan adik bayi sehat sll..Mba ayk terima kasih byk mau berbagi apa yg dialaminya lewat blog..aq jd dpt byk ilmuu..Aq jg sdh menikah 5th januari kmrn dan smp saat ini blm dikaruniai keturunan.Wkt th ke 2 pernikahan aq pnh cek ke dokter dan usg smuanya bagus kata dokternya..trs stgh th kmdn aq ke dokter dikasih surat agar saya HSG dan suami tes sperma.Tapi saya g berani utk HSG dan suami entah kenapa tdk mau tes sperma. Jadi slama ini saya hanya pengobatan alternatif ( maunya suami ). Slama ini smua alternatif blg saya ada pelengketan/penyempitan rahim dan sperma suami encer.Dua bulan terakhir ini kami berobat rahimku bagus dan suami lg aku kasih suplemen atau makanan agar spermanya bagus. Terakhir aq ke alternatif katanya jk berhubungan hrs diganjel bantal biar tdk tumpah..tapi ya gt bikin PRnya jaraang..Rencananya dlm wkt dekat ini aq mau periksa ke Dr Satria Alam Pohan, aq pikir smoga suami tergerak hatinya krn melihat aku yg mau memeriksakan diri ke dokter..sekali lg terima kasih ya mba ayk..salam kenal buat temen” yg jg sedang berjuang agar hamil

  9. dyna says:

    duh bacanya terharu… inget kejadian yg sama dg aku dl… keguguran ternyata acanya 12,4 pas 13 w flek di cek babynya g bergerak ku pikir tidur ternyata gak ada detak jantungnya… hiks… kuret akhirnya… wah aku bookmark nih pelajaran buat next kehamilan… terima kasih ya infonya….🙂

  10. nisadhan says:

    Hai mbak ayk.. Salam kenal.. aku baca doa mbak ayik mbrebes mili.. Udah berapa hari ini akupun sll berdoa yang sama, aku berharap ada mukjizat bagi kondisi saat ini. 4hari yang lalu aku usg pertama kali ϑì kehamilan pertama, berdasarkan hpht shrsnya usia kehamilan adalahah 6w4d, namun pd saat usg transvaginal DSOG mngatakan kantung janin ku colapse bentuknya ouval gak bulet spt shrsnya, kmungkinan bertahan 30%, apalagi trnyt penyebabnya akibat saya konsumsi obat ϑì minggu awal kehamilan, rasanya nyesel bgt bgt bgt knp wkt itu hrs mnm obat😦
    Berusaha utk realistis dng kmungkinan 30% tp sisi hatiku lain sangat berharap mukjizat, berharap wkt kontrrol 2minggu lagi janinku sehat,kuat,sempurna, makanya baca tulisan doa mbak ayk ini hampir sm persis ky doa2 ku akhir ini, dan aku langsung mbrebes mili pas baca. Terimakasih mbak ayk, smg mbak ayk ϑɑη adek kecilnya sehat sll.. Aamiin YRA

  11. rini lestari says:

    salam kenal ya mbk, saya rini, mau berbagi jg nih, sekarang lg hamil 7 minggu, hanya sedihnya kata dokter janinnya tidak berkembang, jd tanpa penjelsan yg panjang dan tanpa obat sy disuruh sj menunggu janin akan keluar dg sendirinya, ya Allah saya sedih padahal ini kehamilan yg sdh lm km tunggu setelah 10 thn menikah, hr ini adalah hr ke-2 setelah pernyataan dokter kandungan tersebut, sy hanya berdoa kpd Allah semoga pernyataan dokter itu keliru insyaallah rabu nanti akan ke dokter kandungan lain,smg beritanya baik doain ya bun

  12. Riri says:

    Bagus banget ya sharenya. Semoga bermanfaat buat semua dan khususnya aq yang juga sedang hamil anakku yang pertama. Senoga sukses dan lancar untuk Bunda.

  13. evie says:

    Salam kenal ya mba,aq evie aq udh 1thn 3 bln nikah smpe skrng blm hamil suka nangis klo liat update status temen ku yg lg hamil iri bgd rasanya 2 hari yg lalu dpt kbr adik iparku yg baru 2 bln menikah sdh hamil smbil berderai air mata kirim bbm ucapan selamat perih sekali mba rasanya….

  14. disa shasta says:

    Halo salam kenal yaa..
    Ada yg mau aku tanyain nih.. Dari yg aku baca kan hasil test lab (D-dimer, ACA, dll) nya semua negatif, tp ko msh diresepin ascardia ya sm dokternya? Emang gpp ya klo normal tp ttp minum Ascardia? Ga ada efeknya kah buat janin kita? Soalnya aku juga begitu, tp aga ketakutan nih minumnya. Alhasil aku minum paling 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Oya skr UK ku 13 Weeks.. Semoga sehat terus, krn aku jg pernah BO November 2012 lalu..

    • Ayk says:

      Kalo saya dulu nya punya riwayat ACA tinggi dan keguguran mbak, jadi ketika hamil lagi sejak awal udah di resepin ascardia meskipun saat itu hasil cek D-dimer dan ACA negatif.
      Kalo ragu ragu sebaiknya diskusikan dengan dokter nya, daripada mau minum takut efeknya – nggak minum takut nyesel, bagaimanapun kita harus menjalani kehamilan dengan tenang, riang dan senang kan🙂
      Sehat terus ya mbak ibu dan baby nya🙂

    • disa shasta says:

      Oohh gitu ya mbak.. Aku juga november 2012 BO pd UK 9 weeks.. Gtau penyebabnya.. Dan aku baru test darah ACA dan D-dimer minggu lalu pd UK 12 weeks hamil skr (telat bgt dirujuk dokternya).. Baru tau hasilnya ACA IgG dan IgM negatif (9,3 & 9,8) sm D-dimer normal 200, setelah 2 bulan ini konsumsi ascardia.. Semoga ga ada apa2 deh sm si dede meskipun normal tp minum ascardia.. Klo ada info ttg efek konsumsi ascardia pd kondisi normal sharing2 ya mbak.. Makasih🙂
      Oya aku minum ascardia ga tiap hr sih, 2 hari sekali..

Leave a Reply

