Hydrotubasi VS HSG

Bedanya apa??
HSG atau HisteroSalpingoGrafi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan saluran telur (tuba falopi). Prosedur nya dilakukan dengan memasukkan cairan kontras melalui alat khusus (kateter) ke rongga rahim atau saluran telur, setelah itu difoto dengan rontgen utk melihat aliran dari zat kontras tadi, dari situ bisa ketauan apakah ada sumbatan atau tidak.

Sedangkan hydrotubasi atau biasa disingkat hydro lebih ke upaya utk perbaikan kalo ada penyumbatan saluran tuba . Proses nya kurang lebih sama dengan HSG, hanya saja kalo hydro cairan yang dimasukkan bukan zat kontras namun semacam antibiotik dan ga pake acara di foto rontgen.

Ideal nya sih dilakukan HSG dulu, baru kemudian kalo ada masalah dilakukan Hydro. Cuman dokter ku yang sebelumnya langsung menyarankkan hydro, ga pake HSG dulu. Ya…sebenernya tergantung pertimbangan & saran masing2 dokter sih, tapi kalo sekarang aku ditanya lebih baik yang mana dulu, sebaiknya HSG dulu.

Mengapa?
Sebagai orang yang kecanduan hydro (suami ku menyebut ku kecanduan hydro nih krn bolak balik hydro, apalagi pas di r.operasi mondar mandir kayak di rumah sendiri aja, naik ke ranjang sendiri, turun sendiri, naikin kaki sendiri, belum lagi bergosip ria sama suster & dokter yg nanganin, yg mana suara ketawa nya baru ilang begitu efek bius mulai merasuk hehehe), ternyata dapat aku simpulkan kalo sebenernya akurasi hydro ini minim sekali alias rawan false, karena kesimpulan tersumbat atau tidak nya dilihat dari pressure dan volume cairan yg masuk, nggak ada bukti foto atau apa yg bisa di analisa lebih dalam.

Flashback sedikit :
Desember 2008 hydro pertama, cerita lengkapnya ada di postingan yang ini. Hasilnya disebutkan saluran tuba ku 2-2 nya non paten alias tersumbat kiri dan kanan.
Kemudian diminta terapi diathermi 20x, cerita tentang diathermi ada disini.
Januari 2009 hydro lagi yang kedua, ceritanya ada disini. Tapi teteup aja loh katanya 2-2 nya tersumbat. Sebenernya kemudian diminta untuk Laparaskopi (LO) untuk menyelesaikan yg tersumbat itu karena konon katanya parah. Agak-agak parno sih waktu itu buat LO (disamping ga punya duit buat biaya LO), jadi berusaha nyari second opinion dulu. Akhirnya mendaftar lah untuk bulan berikut nya HSG. Eh ternyata bulan depan nya ga jadi HSG lantaran ternyata positif (errr….pembahasan kehamilan ini kayaknya ga perlu diungkit ya, fyi aku kemudian keguguran di usia 10w).
Setelah keguguran itu kami jeda lama tidak ke dokter, biasalah ya…sebagai ibu ibu yang usaha TTC emosi kita kan sering naik turun, dan ada kala nya kita jenuh banget ke dokter.
Januari 2011 akhirnya aku hydro lagi (yang ketiga ini berarti), dan tetep aja hasilnya adalah 2-2 nya tersumbat. Setelah itu kalo dateng ke dokter diskusi kita cuma berkutat di seputaran LO…LO…LO terus. Akhirnya mutung lagi, ga mau ke dokter lagi.
Juni 2011 akhirnya pindah ke dokter lain, dengan membawa record medis dari dokter sebelumnya akhirnya dokter yang baru ini menyarankan untuk dilakukan HSG saja biar jelas & tidak tebak tebak buah manggis terus. Surprise….hasil HSG ternyata saluran tuba ku bagus, 2-2 nya tidak ada penyumbatan. Memang posisi rahim kanan terlalu ketarik ke kanan, yang mana belum jelas apakah hal tsb disebabkan oleh perlengketan atau apa. Tapi sejauh ini kami lega, aku bahkan nggak berhenti senyum senyum sendiri sampe beberapa hari setelah HSG saking senangnya *ya iyalah 2 tahun lebih dibawah bayang2 masalah saluran tuba ini, dan tiba2 aja dapat good news se-bagus itu ya siapa yang nggak hepi*

Sebenarnya aku nggak menyesal dengan kondisi terlanjur 3x hydro dgn diagnosa tersumbat dan kemudian HSG ternyata saluran lancar, ya mungkin saja awalnya memang ada penyumbatan tapi setelah treatment hydro yang 3x itu jadinya lancar, who knows… Hanya saja kalo diminta memberi masukan, maka SEBAIKNYA HSG DULU SAJA.

56 thoughts on “Hydrotubasi VS HSG

    • astriasih says:

      Haloo shirley?
      Salam knal ya, ak pny pngalaman yg sm mnm profetil dan estero di hri ke3 haid smpe ke 7 stlh itu disarankan dktr hidro tp ak ga jlnin krn kaget n ga tau hidro itu gmn. Mau tny biaya hidro dulu brp?itu dimskin cairan dgn ditiup ya?ak msh mkir2 krn tkt ada efeknya ke ak.

  1. Ayk says:

    Lilik, tapi dari yang sekali itu hasilnya oke kan bunda? Aku berkali kali hydro jg terpaksa krn hasilnya buntu…buntu…mulu. Untungnya karena dibius total jd ga kerasa apa-apa, palingan setelahnya nyeri kayak hari pertama mens aja.

    Desy, trus gmn say hasil hydro nya yg 2x itu?

  2. dyadiary says:

    Huhuuuu, …….
    Hidro….denger ajja dah serem Bunda.
    Gag lagi2 deh, setahun lalu sekali di poliklinik kantor, tnp dibius, sakitnya minta ampyun (pas prosesnya gag begitu sakit, setelahnya ampun deh kembung2 gag enak bgt), palagi ke polinya sendirian.

    Aku salut ma Bunda,
    usahanya Subhanallah, smg Allah meridhoi. Amin.
    Saat ini saya off dl program medisnya karna suami sekolah di kota lain.
    Pernah sich mencoba pengobatan shinse (Jl. H. Ten 41c-d Rawasari Jakarta Timur 021 4716509) sesuai saran temen, tapi blom berhasil jg (temen lain sih padha bnyk yg sukses, bhkan ada yg langsung kembar cowok cewek), cmn dipijit telapak kakinya n dikasih obat shinse (sapa tahu ada yg berminat n jodoh). Pas terakhir datang mang bpknya blng “kalian msh muda, terus usaha ya”, seolah tau kl gag bakal sukses, mungkin jg krn paha ayam yg harusnya dimasak ayam kampung (aku baca mang paha ayam bnyk proteinnya, jd bgs jg), sama tetangga komplek dibohongin, ayam arab bilangnya ayam kampung😦

    Bunda
    Kalo bisa, sharing jg soal masalah suami dong Bun, kebetulan cek sementara suami ada pengentalan sperma. Terima kasih.

    • Ayk says:

      Dyadiary, sebenernya yg namanya takut sakit itu aku juga ngalamin kok bunda, makanya ragu ragu terus mau HSG, karena (hampir) semua rumah sakit menyediakan HSG tanpa bius. Sedangkan aku takut kalo nggak dibius, soalnya udah terlanjur ‘nyaman’ akibat terbiasa hydro dengan bius.
      Tapi rasa sakit hati krn ga hamil-hamil itu kayaknya mengalahkan sakit sakit yang lain deh, jadinya habis itu lempeng aja deh ga berasa apa-apa, HSG ga berasa, USG TransV ga berasa, pokoknya segala usaha dijabanin deh.

      Oh ya makasih ya bunda info refleksi nya, aku udh pernah nyoba juga, tapi di deket rumah, sama proses nya dipijit di telapak kaki.

      Masalah sperma suami aku nggak tau banyak bunda, karena suami belum pernah tes sperma.
      Tapi kemarin pas inseminasi (nanti mau bikin postingan tersendiri ah soal insem ini), sperma suami kan diambil buat dicuci dan dipilih yang terbaik, alhamdulillah ya nggak ada masalah apa-apa (meskipun menurut dokter yang bagus jumlahnya kurang tapi masih bisa dianggap normal lah, kalo menurut suami karena faktor stress pas ngambil sampel sperma nya). Soalnya pas proses pengambilan sperma nya itu…aduuhh….sesuatu banget deh, ketawa terus kita sampe lama ga selesai selesai hehehe *sambil ngomong gaya syahrini

  3. adel says:

    gabunng ya kayanya di dunia ini masih bnyk tmn2 sependeritaan aku jg mau hsg nih tp hati bergeter karuan plus prolaktin 38 …………. doain yach tmn2

  4. Cha says:

    Bunda, salam kenal ya…

    sebelumnya saya terimakasih bgt dah bisa tau banyak info2 melalui blog ini. Malah saya lebih banyak dapat info dari blog ini dari pada dari SPog.

    saya dah nikah setahun yang lalu, sampai skrg blm pernah hamil. Usaha pertama, saya coba konsul ke bidan krn saat itu saya sedang haid dan merasakan sakit (Semasa gadis saya memang sering merasakan sakit saat haid, malah pernah sampai di bawa ke UGD saking sakitnya). tapi mama saya krg sreg saya pergi ke bidan, krn menurutnya SPog lbh mendalam ilmunya dr pada bidan.

    Akhirnya usaha kedua saya coba ke dr,kandungan, tp saya ingin yang wanita. dari Spog tsb, saya di usg transvaginal. menurutnya ada sejenis kista sebesar 3cm, tp dokter tsb tdk bisa memastikan apakah itu kista atau sel telur yg pecah, sehingga saya diminta dtg kembali pada saat haid krn ketika itu saya sedang tidak haid.

    dan setelah saya dengar cerita dari teman bahwa Spog tsb kurang bagus, akhirnya saya tdk kembali ke dokter tsb. dan saya cari Spog lain yg terkenal bagus kata teman saya. Lalu saya di usg, menurutnya rahim saya bagus dan tdk ada kista. lalu saya hanya diberi obat-obatan penyubur dsb. Namun, bulan depannya saya masih haid, tp siklusnya melebihi 28 hari dari biasanya, saya dan suami sudah sempat merasa was-was campur bahagia, namun akhirnya pd hari ke-31. Saya sedikit kecewa, dan saya kembali lagi konsul, nam,un lagi-lagi hanya obat, dan saya diberi surat pengantar utk tes FSH, LH dan utk suami analisis Sperma.

    namun hingga 2 bulan, surat pengantar tsb hanya tersimpan rapi di rumah, tdk saya bawa ke lab, dan saya tdk kembali lagi ke Spog yg katanya terkenal bagus dan mahal itu.

    lalu saya mencoba alternatif lain yaitu urut perut di tukang urut yg biasa menangani wanita yg tak kunjung hamil. pertama kali urut, luar biasa sakitnya. sebenarnya agak risi juga, tp saya hanya bisa pasrah dan bismillah. saya sudah 2x urut dalam 2 bulan. selain jalan alternatif tsb, saya juga tetap mengambil jalan medis. saya mencari Spog yang ke-3. menurut dokter yg ke-3 ini, ada penyumbatan di jalur menuju rahim. lalu saya langsung disarankan utk terapi “Tiup” atau Hidro kalo ga salah. rencana tgl 30 Desember ini jadwal hidronya. Nah saya minta masukan dong, bagaimana baiknya, krn setelah saya membaca2 artikel di internet, saya jd bingung mendengar istilah-istilah seperti HSG, Pertubasi (tiup), Hidro.

    saya masih sedikit pengetahauan, mohon sharenya ya ibu-ibu… terimakasih…

    • Ayk says:

      cha, urutan nya kalo program hamil ke dokter memang seperti itu, seperti yang aku tulis disini.

      hydro=hydrotubasi=ditiup kok. sedangkan beda nya hydro dan hsg apa, seperti di postingan diatas.

      Dokter tau nya ada penyumbatan di jalur rahim dari mana ya, kalo memang sudah jelas kasus nya ada penyumbatan ya silakan langsung terapi hydro.
      Tapi kalo nggak yakin apa tersumbat atau enggak, sebaiknya HSG dulu saja untuk memastikan.

    • gea says:

      Sy jga mengalami penyumbatan disebelah kanan,1minggu yg lalu sy bru aja HSG..lusa hasil HSG akan sy berikan ke Dr. Dan mengetahui hasilnya..apa sist mau HSG.

  5. anes says:

    Dear Mb ayk! Lam kenal!
    Mw tny saat mnjalani diatermi sbyk 20x, kselang haid dong? Sbaiknya antara diatermi n hsg, mana duluan yg hrs dilakukan… Ak sdh hsg 4th yll, skr mulai brobat lg n disuruh diatermi n hsg. Tp cm 4x, ktnya gk boleh putus. Ak bgg, boleh gk sih diantara hr2 diatermi qt hsg jg? ‧::‧♏αKαSi♓‧:: y sdh mw jwb!

    • Ayk says:

      Mbak anes, salam kenal juga,memang benar kalo diathermi sebaiknya nggak boleh putus, saya waktu itu keselang haid ya karena musti jalani diathermi nya 20x. Kalo 4x ya usahakan nggak terputus.

      Kalo ditanya mana yg duluan apakah HSG atau diatermi sebenernya sama dengan duluan mana telur atau ayam *halah* hehehe…
      Misalnya saluran tuba kondisi nya baik, tentu lebih baik HSG dulu karena kemudian tidak perlu diatermi lagi.
      Tapi kalo saluran tuba ada masalah, kalo pun HSG dulu kemudian diatermi, setelah itu mungkin juga diminta HSG ulang utk memastikan saluran tuba nya udh bagus atau belum.
      Masalahya adalah kita kan gak tau kondisi saluran tuba nya gimana kalo nggak HSG duluan? Eh tapi 4 thn lalu udah pernah HSG juga ya, hasilnya apa ya waktu itu? Mungkin bisa dipake patokan untuk yg HSG kali ini.

      Trus diantara hari hari diatermi mau diselingi HSG buat apa ya? Sayang ah, mendingan diselesein satu satu dulu aja, karena antara diatermi & HSG kan sebenernya spt hubungan sebab-akibat.

      • anes says:

        Oh gt, 4th yll hsl hsgnya tuba kanan nonpatent. Brarti diatermi sls, baru hsg y sambil bw rekam 4th yll? Btw, diblkg srt pngantar utk diatermi ada obat2 yg ditulis spog, wkt itu bodohnya gk byk tny saat konsul. Krn blm prnh diatermi, ak pikir itu obat sdh incld saat diatermi, tyt beda. Mgkn mb ayk prnh tau azithromycin n gentamicin inject. Diatermi n hsg yg murah dimana y? Ak konsul k dr bonti dibunda, tp tny diBIC diaterminya 145/dtg, sdgkan diharkit 40/dtg. Utk smntara ak pilih k harkit krn gk tau yg lbh murah lg… Kl hsg lbh murah dibunda 650rb atw 1jtan, gk tau bdanya dimana… Mb ayk mw dong qt ym-an ym:ernahsusilawati

        • anes says:

          Eia ak salah, tyt diatermi 7x jd tetep akn trpotong, soale baru bs mulai selasa bsk. Kt petugasnya gk masalah trpotong… Cuma brasa krg max. X y klo trpotong. سْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ aj lah… Ttp info rs yg diatermi n hsg mrh y ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ .. ​​​ŤћªпЌ(y)Ý°◦o◦°U🙂..

  6. Ayk says:

    anes, azithromycin buat infeksi, klo gentamicin itu antibiotik, untuk pastinya kyk nya bisa nanya ke dokter atau apoteker.
    HSG di bunda yg 650rb ama sejuta itu beda di alat yg digunakan, cuma alat nya kyk gmn maaf aku ga bisa deskripsikan, wong liat aja aku ogah biar ga terbayang bayang, hehe… Tapi defaultnya pake alat yg 650rb itu, kalo susah krn saluran nya berkelok kelok baru pake yg sejuta, menurut dokter sih yg sejutaan bakal lebih sakit (dikit), tapi buat ku sama aja kok, sama sama ga sakit.
    Trus kalo yg lebih murah dimana, aku malah ga pernah compare, maklum anak rantau yg males ubek ubek jakarta, takut nyasar *halah

  7. agustina says:

    bunda aq dah HSG hasilnya saluran TUBA buntu di pangkalnya saluran apakah bs dgn cr hidrotubasi bs membuka sedikit saluran tubanya, atau sebaiknya diatermi aja,,,,, jd bingung,,, smpe2 dokternya kasian jd gapake byr deh,,,konsul yg terakhir ni,,,

    • novi ernawati says:

      bunda aq jg sama,dgn bunda2 merasakan sangat sedih…qm periksa d dokter mana?dan d rs mana…tuba falopi qu dua2 nya non patent dujung..katanya suruh laparoskopi n bayi tabung.tp mahal bnget…cb da cara lain dl ng ya…dan sel telur aq jg sedikit.

    • novi ernawati says:

      bunda agustine aq jg sama,dgn bunda2 merasakan sangat sedih…qm periksa d dokter mana?dan d rs mana…tuba falopi qu dua2 nya non patent dujung..katanya suruh laparoskopi n bayi tabung.tp mahal bnget…cb da cara lain dl ng ya…dan sel telur aq jg sedikit.

  8. anes says:

    dear mb ayk!
    Ak rncn mw hsg lg set slsai haie bln ini… Mw tnya wkt mb ayk hsg di rs bunda bukan? Kl rs bunda operator hsg dktr cewe ada gk? ​​​ŤћªпЌ(y)Ý°◦o◦°U🙂.. Jwbnya!

  9. shirley says:

    Hallo bunda.. Salam kenal🙂
    Sy sudah menikah 1,5 tahun tp smpai saat ini blm ada tnda2 kehamilan. Siklus haid sy dari wktu gadis mmg tidak teratur (amenorhea sekunder) dan klo trllu capek/ stress dikit pasti ga dpt haid. Lalu sy dpt recommend dr tmn utk ke salah satu RS di daerah Panglima Polim. Awalnya SpOG kasih Primolut utk pancing haidnya + dikasih vit.Danturol.. Hari ke 3 haid dilnjt obat Profertil smpe hari ke 7 stlh itu SpOG menyarankan utk di Hydrotubasi. Awalnya takut smpe keringat dingin cz mnrt tmn yg sdh prnh jalanin itu sakit bgt. Puji Tuhan trnyata walaupun tanpa obat bius wktu di Hydro ga terasa sakit apa2 cm berasa ky org mau haid dan hasilnya tuba paten. Rasa takut itu hilang krn SpOG,bidan dan suster disana komunikatif dan ramah2 jd ga tegang. Recommended deh utk SpOGnya.. Antibiotiknya aja yg mahal.
    Bunda mau tnya dong.. Pnya pengalaman utk cek sperma suami ga? Krn kami disuruh cek sperma juga tp kami blm pnya bayangan ky apa.. Tlg share ya bun.. Thx b4

    • risty says:

      Haloo shirley?
      Salam knal ya, ak pny pngalaman yg sm mnm profetil dan estero di hri ke3 haid smpe ke 7 stlh itu disarankan dktr hidro tp ak ga jlnin krn kaget n ga tau hidro itu gmn. Mau tny biaya hidro dulu brp?itu dimskin cairan dgn ditiup ya?ak msh mkir2 krn tkt ada efeknya ke ak.

  10. Heppy says:

    Mba Ayk, salam kenal…
    Saya senang sekali baca blog ini, paling tdk saya dpt info yg bisa menambah pengetahuan saya.

    Saya sdh menikah 7 thn, dan sampai skrg blm ada tanda2 hamil. Semasa gadis, siklus haid tdk teratur, jangka wktnya lama (7 hari) dan banyak. Pada thn 2004 saya pernah operasi kista di sby dan dinyatakan endometriosis cyst ovarii, dan saluran indung telur sebelah kiri dipotong. Jadi, saat ini saya hnya punya 1 saluran indung telur sblh kanan.

    Thn 2010, saya dirujuk oleh SpOG saya utk laparoskopi (LO) di RSU dr. Soetomo Sby, dan hsil LO menyatakan bhw ada perlekatan hebat di saluran indung telur dan sdh dicoba oleh dokter tsb utk dibuka lwt LO tsb namun tdk ada hslnya. Selain itu ternyata ada miom yg sdh menyebar di rahim (stadium 4), shg mau tdk mau hrs sekalian mengangkat dgn rahimnya. Dokter pun menyatakan bhw 99% saya tdk bisa hamil, dikrnkan perlekatan tsb, dan disarankan utk memakai alat kb (spt kb spiral) yg membuat lama-kelamaan saya tdk akan haid, tujuannya utk mengurangi sakit wkt haid & mengurangi ukuran miom tsb.

    Kondisi saya saat ini, saya tdk pake alat kb apapun krn msh berhrp punya keturunan (siapa tau ada mukjizat), namun wkt terakhir haid, rasa2nya sdh gak kuat lgi utk menahan sakit tiap bulan, sbb duduk maupun berdiri rasa2nya sdh gak enak dan sakiit semua.

    Menurut mba, apakah msh ada peluang bagi saya utk dpt keturunan jika saya melakukan HSG/hydro/diatermi? Tq utk sharenya….

  11. FANI says:

    salam kenal Mb Ayk & calon2 bunda, seneng bgt ktmu blog ini… bnyak info brmanfaat bgt.
    aq HSH bagus/ga ada penyumbatan. tp dokterqu suruh hydro. Awalnya sih aq setuju2 aja, ga tau klo trnyta lbh akurat HSG. gmna tuh?

  12. mrs.p says:

    Mba,bs japri ke ak,nama dokter n rs mana yg trakhir itu??sy jg sm dokter iam dan takut skali di LO..mohon pencerahannya sebagai sesama pasien yg tersumbat,sy sedih bgt soale

  13. tanti bks says:

    Salam kenal calon-calon bunda semua…. saya hampir 4 thn belum juga dapet momongan, hasil HSG “kedua tuba patent dengan hydrosalphing bilateral” shock juga dan drop mendengarnya, tapi berusaha terus, ada 2 versi dokter, versi pertama di diatermi 10x tanpa putus, dan versi ke2 therapy obat dahulu. Saya ikuti langkah saran dokter yang kedua (obatnya mahal dan 3 resep, bagi dua dengan suami-suami juga ikut minum). jika obat belum berhasil maka saran dokter adalah hydrotubasi. yang menjadi pertanyaan saya apakah langkah diatermi itu efektif ? lebih efektif dari obat dan hidrotubasikah?…..bingung dan mencoba tetap semangat…..

    • whyne says:

      Salam kenal mbak,..saya baca postingan mbak sangat mirip dengan saya cmn saya sdh punya satu anak umur 11 th dan sejak 10 th ini saya menantikan kehamilan jg belum jga dtang.2th yg lalu saya jga melakukan serangkaian test hsg dngan hasil kedua tuba patent dengan hidrosalping bilateral.sjak saya mendengar hasil hsg itu kami berhenti ke dokter berharap sabar dan memohon ada mukjizat dari Allah Swt. Tapi smpai skrang jg blum dikaruniai.dan sekarang mau berusaha konsultsi kembali ke dokter mengharap saran dan tindakan yg tepat untuk masalah saya ini mbak.ooh ya mbak yg perlu saya tanyakan setelah mbak tanti disaranin therapy obat gmn skrang hsilnya?dan apakah dokter jg blang msh bisa hamil normal ?karna waktu itu saya diberitahu sama dokter saya untuk bisa hamil hanya dengan program bayi tabung.saya jg bingung mbak,smoga kita sama2 mendapatkan apa yang kita inginkan dan selalu berusaha tetap smngat ya mbak,…..

  14. lita says:

    Salam kenal mba, dl wkt thn 4thn yg lalu sy jg prnh berobat kedktr kandungan program hamil dn uda HSG jg dn akhirnya dokternya nyaranin ensim tp krn mslh biaya pengobatannya dihentikan, mau tanya klo berobat lg mau program kehamilan nanti dsrh HSG lg ga ya??? Medical record HSGnya sih msh ada dn Alhamdulilah baik2 saja… ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ info dn masukannya

  15. indri says:

    ass
    pernikahan saya yg pertama saya d karuniai 3 org putra dan putri,d pernikahan saya ke dua menikah sudah setahun lebih 5 bulan kami blm ada tanda2 hamil,padahal suami ku skrg juga sdh punya anak 2,,
    stlh kami periksa d prof jacob katanya ke dua tuba non patent…
    jujur saja aku shok bgd…sblm nya aku perna pake iud selama kurang lebih hampir 5tahun..
    yg ingin ku tanya kan apa bener ya hasil hsg nya ke 2 tuba non patent padahal jelas2 hasil foto nya kedua tuba ku nampak….dan aku tak mengalami tanda2 keputihan hebat,nyeri haid yg berlebih…dan aku d sarankan laparaskopi…
    ato bayi tabung,,,jujur aku gak mau yg pertama karna biaya,kedua prof mengatakan jalan satu2 nya kalo g bisa di potong,serem…nauduzubilamindzalik…
    mohon info nya ya temen2 saran nya bagaimana dan aku harus berobat di mana kalo ada doktet ato alternatif,trimakasih

  16. Indah says:

    Hi..salam kenal..Aku mau share nih,divonis saluran tuba 22 nya non paten,penyebab nya infeksi stlah mengalami keguguran,7 bulan yg lalu sdh di diatermi 30 x dan hydro 2 kali,dokter bilang sudah 50-60 % terbuka sumbatan nya,,tp smpai skrg belum ada tanda2 kehamilan juga,,hrus gmna lagi ya? Apakah harus HSG ulang atau hydro ulang,mohon dibantu ya…

  17. Yaph enji (@enji_angel) says:

    Hy bunda aq jg sm lg proses khamilan juga. Pas trkhir priksa jg d suruh hydro. Tp takut rsa nya, sakit kata dokter klw smua nya g mau ngjalani step nya mnding bikin bayi tabung. Terus gmana yh kakak setelah d hydro apa saluran tuba kakak bisa kebuka gak. Dan rasa ny nyeri g yah. Terus apa kakak dah dapat momongan setelah proses yg kakak jalani. Makasih yh kak , mohon saran nya

    • maya yuliawati says:

      hy enji lam kenal jg iy.. aq jg sama lg program hamil nie..
      km dah prnah HSG blom trus hasil’y gmna..? klo menurut aq sich mending km ikutin saran dokter ikuti step’y jgn lgsg ngambil kptsn bayi tabung.. soal’y biar tenang k kita’y trus bisa ngambil tindakan lain klo misal ktauan da ap”nya..gpp lah nahan sakit bntar mdah”an ada hasil’y memuaskan.. trus klo msalah hydro insyallh biasa’y klo dah di hydro bisa kbuka saluran tuba’y..
      klo aq udah prnah HSG 2x.. HSG yg prtma saluran tuba yg kanan non paten yg kiri infeksi trus di hydro 3x alhmdllah saluran tuba’y dah lancar.. 10 blan aq nunggu msh blom hamil ternyta pas d HSG yg k-2 hasil’y makin prah saluran tuba 2 2 nya non paten/ buntu.. kta dokter infeksi dr keputihan’y dah parah.. aq skrng dsaranin bwt diathermi 8x mdah”an bisa kbuka saluran’y gmna ntar hasil’y kta pasrahin aj sma yg di atas iy, yg pnting kta dah berusaha.. ttp semangat iy..

  18. dicivita says:

    Hallo.. Salam kenal semuanya..

    Aku bisa minta info tempat HSG di Jakarta yg bagus (hasilnya clear)?
    Krn ak pakai dokter di sg.. Jd dokternya ga tau tempat yg bgs dmn di jkt..

    Thank you🙂

  19. Femiola says:

    salam kenal mbak,
    mbak mau tanya penyebab erosio portionis itu apa? soalnya kemarin saya mau HSG tetapi di batalin sama dokternya karena ada eroiso portionis itu, katanya disembuhkan dulu baru di HSG,
    mohon petunjuknya ya

  20. Thaa' Narthaa' Rizal says:

    assalamualaikum
    salam kenal semuanya, saya kemarin HSG dan hasilnya hidrosalping bilateral sy speechless krn yg sy tau itu penyumbtan kedua saluran tuba , jd mnurut temen2 smua sy msh bisa hamil gk ya? apa satu2nya jalan adalah bayi tabung ? dibalas ya tmn2
    wassalamualaikum,,

    • mey.. says:

      walkmsalm.. lam kenal jg iy,,
      mo berbagi cerita aj aq jg sma udah 3x HSG hasil’a ttp sluran k2 tuba’a ad penyumbatan tow perlengketan.. aq nikah dah 3 thn lebih,,aq dah prnah nyoba di hydrotubasi (ditiup) ampe 3x tp ttp perlengketan’a udah paten jg susah kbuka’a.. trus nyoba diathermi 8x msh ttp jg.. iy akhr’a dokter nyaranin bayi tabung kta’a itu jalan satu”a bwt punya anak.. soal’a kta dkter yg nanganin aq klo operasi laparascopy ga bisa menjamin klo nanti udh operasi ga bakalan lengket lg..
      sabaaar iy bunda,,jgn pernah putus berdoa mdah”an ad jalan lain untuk kita punya kturunan..
      klo aq lg nyoba di pijit k paraji bun,. dkasih tau ttngga sich soal’a ttga aq 8 thn ga punya anak alhmdllah udh dpijit blan dpan’a lgsg hamil.. mdah”an aq jg dpet hasil yg memuaskan amien…

    • Mufidhthunnisa says:

      wa alaykumussalam wr.wb
      salam kenal dan sambung silaturrohmi dari kami keluarga dr kota malang,,,mbak nartha…sama dg keadaan saya sy dah menikah 9Th lebih blm punya momongan,,walau saya sempet hamil di awal penikahan kami tp memang blm rejeki kami, jadinya harus di kuret….(keguguran) dan sampai sekarang sudah3th promil tp juga blm positif,,,,kemarin hari jum’at tgl 19 setember saya di hsg dan hasilnya mengejutkan sekali krn saya bisa hamil kembali kalau saya mengikuti saran dokter katanta…!!!! hrs oprasi laporoskopi atau bayi tabung….mendengar kata kata dokter seperti itu jantungku teras copot dan serasa bumi ikut tergoncang,,,,,suami saya..saudara saya mencoba menenangkan saya dg berbagai solusi dan akhirnya saya sering lihat blog yg isinya byk bunda bunda yg lain yg mengalami nasib yg sama seperti saya…..yg sabar ya mbak…..tetap semangat dan berdo’a kpd Alloh selalu semoga do’a kita semua oleh Alloh di kabulkanya Aamiin Aamiin Ya Mujibaddu’a……keep fighting…..cayoo….cayoo….
      salam santu dari kami…
      wassalamu’alaykum wr.wb

  21. Yesi says:

    haloooo bunda2 cantikkkk…share yaa…kemarin saya iseng cek kedokter dimelaka kebetulan nemenin suami cekUp…saya kedokter invertilitynya di rs MMC melaka,trs saya HSG yg lumayan bkin saya trauma sakitnya..hasilnya saluran tuba sebelah kanan tersumbat.sedih juga dengarnya..dokter nyaranin operasi.apa setelah operasi bakalan punya anak lagi ga yaa..bulan depan rencananya saya mau operasi di melaka..ada saran ga ya bunda2 cantikk…oya saya menikah hampir 2 tahun dan pgen banget punya momongan…macciiieehhhhh.

    • mey.. says:

      asalamuaikum. yesi, slm knal iy nama q maya..
      npa dokter’a emang lgsg nyaranin operasi..? yg saya tau klo kesumbat cma sblah msh bisa kemungkinan hamil kan ms ad saluran 1 lg.. dkter prnah nyaranin hydrotubasi ga tow istlah’y di tiup..? biasa’a kan ad langkah”y.. klo ksumbat nyoba dlu di tiup,bnyak jg yg berhasil klo,trus klo msh blom biasa’a nyarin diathermi.. baru klo udh diathermi msh blom nyaranin operasi.
      coba tanya dokter’a klo operasi bisa menjamin ga klo nanti ga akan ksumbat lg..

  22. ny.ardiansyah says:

    haiii bunda 2….tlng dishare ya…penyumbatan tuba falopi bisa ketauan dari tes tranvaginal g?coz aq tes tranvaginal hasilnya bagus…ga ada masalah.dr bentuk mpe ukuran ga ada masalah.cuma ma dokter ga disaranin tes hsg.apa hrs rekom dr dokter kalo mau hsg?tengkyuuuuu>>>>>🙂

    • mey.. says:

      hai,.. klo yg saya tau sich klo mau tau ad penyumbatan tow ga di saluran tuba falopi harus melalui hsg dlu bu.. soal’a kan lebih jelas ktauan’a trus ad foto rongsen’a jg..

  23. Devi says:

    Salam kenal bunda,,
    Ak mw sharing nih..udh 2 thn menikah dan slama 1 Thn trakhir ikt program..trnyata slama itu ga da hasil apa2..slama itu aku cuma di USG,diberi vitamin,,dan suami uji lab sperma,,smua normal..sampai akhirnya ak d sarankan dokter A utk HSG..hasilnya kedua saluran tuba ku non paten karna ada sumbatan. Mengacu pd hasil HSG dokter A menyarankan ak utk Bayi Tabung. Sempat putus asa dengernya bun.. lalu suami ajak aku utk cari opsi ke 2.. bln berikutnya kmi pergi ke dokter B..dsna aku d USG vagina hasilnya terlihat ada benjolan d saluran tuba kanan..dokter menyarankan utk operasi.. perasaan smakin ga karuan karna dengar kata operasi itu.. bulan berikut sblm operasi aku cek up lg utk melihat keadaan benjolan td.. syukur pd Tuhan benjolan itu hilang padahal aku tidak ada minum obat apa2 dan tidak melakukan terapi apapun.. dokter bilang itu mungkin timbul krn faktor hormon.. kmudian dokter sarankan aku utk pertubasi bun.. dag dig dug ga tau deh gmn nanti rasa nya d pertubasi.. tp dokter udh pernah bilang kalo itu pake di bius juga..jg hati lumayan tenang.. bunda minta doanya ya krn mngkn minggu depan aku mau di pertubasi..semoga hasil nya baik dan berjalan lancar..amin…nanti ak janji kasih cerita lg ttg pengalaman ku d pertubasi.. makasih bundaa…

  24. Bundabugis says:

    Salam kenal bunda, mau bagi pengalaman nih, bulan depan pernikahanku dah 2 tahun tp sampe saat ini belum diberi kepercayaan untuk dikasi momongan, mungkin blum saatnya juga :positivethinking: kemaren semenjak pernikahanq meenginjak umur 5 bulan sy dah mulai usaha u punya momongan dgn mendatangi dokter2 yg katanya ahli di makassar, dr.1 melakukan transvaginal dan katanya hasilnya sel telurq masih kecil trus dikasi resep santa e ma folavit, sampe 5 kali kesana kok kesannya dr.nya ga ada opsi lain, tiap kesana ganti2 obat mulu, akhirnya memutuskan u pindah dokter, dokter ke 2 ini menyarankan suamiq u cek diprodia u tahu kondisi spermanya, tapi menurut dr.nya normal kecuali jumlah mm sperma yg sedikiiiittt dibawah standar, nah akhirnya pindah ke dr. Ketiga yg disarankan ma temanq, dr.ini obat dan prakteknya lumayan murah, trus pas konsul pertama langsung disarankan untuk hydrotubasi, nah tadi pagi akhirnya sy ke rs t4 beliau praktek, awalnya sih shock setengah mati liat pasien pertama kok ada darahnya, gimana ga shock untuk disuntik pun saya takut, minta didampingin ma suami pas proses, eh dokternya ga ngebolehin, untung dokter2 koas yg ngedampingin pada baik, emang sih rasanya sakiiittt pas penyemprotannya, mirip2 serangan pms yg pinggang mpe perut sakit, setelahnya dah agak berkurang, tp efeknya masih sy rasakan sampe sekarang entah sampai brapa lama, trus ada sedikit flek yg keluar. semoga cara ini menghasilkan sesuatu bunda2, doakan ya. Eh kok malah kepanjangan yah, ^_^

  25. rena says:

    salam kenal bunda, ternyata saya ndak sendiri…jd merasa senasib. sy di hydro udh 3 X, sebelum LO tuba kiri agak tersumbat, tuba kanan lancar tp stlh LO tuba kanan tersumbat dan tuba kiri tetetp ga lancar, jdnya sy malah stress sendiri. kmd disarankan buat diatermi 10 X, tp kmr msh aja belum lancar. nah ini disarankan diatermi lagi 10 X lagi kmd HSG. mungkin penanganan dokter beda2 ya bunda ada yg HSG dulu baru di hydro yg rasanyaaa ga bisa dibayangin dehh…..
    btw bunda boleh sy minta emailnya biar bs ngobrol di YM. Trimakasih *Mamarena*

    • Mufidhthunnisa says:

      sakam kenal jg mbak,,,nasib kita sam saya bahkan dah 9th bayangkan bagaimana gak sedih mbak,,,keponakan byk tinggal aku yg blm punya momongan,,,,blh kita tukaran ym …email saya di sagitaaltafunnisa@yahoo.co.uk, semoga ada jalan ya bagi kita smua Aamiin Aamiin Ya mujibassa’iliin….

  26. kia says:

    salam kenal bunda2 semua,,,,saya baca artikel ini senang sekali karna bisa saling berbagi.terus terang aja saya blom pernah melakukan tes HSG ataupun HYDRO..ada rencana buat hsg bulan depan karna udh ke dokter 2x cuma di kasih penyubur dan vitamin dan belum menghasilkan apa2.dokter sudah menyarankan untuk HSG,tapi saya ada rasa takut karna banyak yang bilang proses hsg itu akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.sepanjang prjalanan saya menikah 4th saya belum prnah merasakan yang namanya hamil.minta solusi nya bunda menghilangkan rasa takut?

  27. serra vaganza says:

    Salam kenal bunda2,aq sera.aq jg udh 6th belum punya anak,hasil hsg hidrosalping bilateral paten kedua tuba,sedih rasanya krn baca di google solusinya cm bayi tabung,udah menjelajah dokter2 di jogja,alternatif,smpe bosen,,,,belum lama ini aq baca http://www.klinik elif medika katanya bisa sembuhkan hidrosalping dg bidan lulu nurjanah,,,,ada yg pernah coba belum yaa.?bagi info yang udah pernah coba

    • devi fransiska says:

      Salam kenal bun.. hydrotubasi itu seperti apa ya bun.. saya ga terlalu ngeh soal istilah2 beginian.. saya juga baru menjalani proses penyemprotan kalau kata dokter nya nama nya HCT.. kalau proses HCT ini saya di bius total jadi tidak terasa sakit.. skrang saya di suruh untuk periksa HSG lagi untuk melihat apakah ada penebalan dinding rahim atau tidak..
      saya lagi stress ini bun.. was was kalau nanti nya harus bayi tabung =*(

  28. lentera hati says:

    Bunda yg tkut HSG ..gk usah tkut..nyeriny cm sbntar aja kok ..
    sharing dikit y bund.
    aku mnikah udah 12 th.. dan bru ktmu dg yg nmany hSG itu bln 9.2015..
    hsil ny kdua tuba ku non patent(buntu kiri kanan) dr cm mnyrnkn km tuk prgram byi tbung..hduh kmi tkut bngt krn fktr ekonomi yg tdk mndukung akhirny aku mmutuskn brhnti kmedis. Bln 11Aku ma suami prg ke kyai dr sna diksih air doa jg dsruh tirakat g HB slm 40hr. Jg dsuruh dzikir sgl mcem.. tp hny smp 21 hr ja..prthanan suamiku gagal..smp kdkun urut jg msih ja g da hsil ..trnyta eh trnyta bln tgl 8jan kmaren aku gk sdar trnyta hmil..di usg janin sdah msuk 6w .. tp drblng hrus blik 10hr untuk usg.tp bru 5hr aku pndrahan dan di usg janinya udah gk ada.. sedih bngt rasanya….😦 skrg aku msih mogok buat brobt dulu …

    Yg aku heran .. diagnosa buntu kdua tubaku ..mngkin trbuka dsaat dsmprot cairan konTRAS itu bunsay…
    mkany yg blom hSG sgeralah HSG siapa tahu dg bntuan HSG bund yg blom hmil bisa lngsg hamil…
    mf ya bund kpnjangan hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s