Laporan hasil tes ACA & Prolaktin

Sabtu tgl o2/05/09 akhirnya tes ACA & prolaktin di Makmal UI. Biaya nya lebih murah dibandingin beberapa tempat yg aku ceitain sebelumnya. Tes ACA 380rb, prolaktin 140rb. Uji kibriknya?? Di form pendaftarannya tdk tercantum uji kibrik, jadi aku tanya ke petugasnya, eh dia juga kurang tau tuh berapa biaya tes kibrik, kayaknya di lab makmal UI ga ada deh uji kibrik (dan ini tentu makin memantapkan niat ku utk tidak melakukan tes ini).

Kalo ada yg butuh no telp nya Makmal UI 021-3101733. Kalo mau kesana masuk aja lewat Fak. Kedokteran UI salemba, trus nanya satpam deh, gampang kok nyarinya.

Dan hasil tes nya adalah eng ing eng…

1. Tes ACA

Anticardiopilin IgG 17,11 GPL (positif bila > atau = 15, negatif bila < atau = 15)

Anticardiopilin IgM 12,37 MPL (positif bila > atau = 12,5, negatif bila < atau = 12,5)

Kesimpulan : ACA Negatif

2. Prolaktin 21,4 ng/ml (normal 1,39 – 24,20)

Dari hasil tes2 itu sebenernya aku udh punya gambaran sih, alhamdulillah sepertinya bagus…

Tapi krn secara kuantitatif IgM ku hampir mendekati nilai positif  jadi lebih baik laporan dulu aja ke Prof. Iam. Ternyata  Prof Iam juga masih bingung penyebab keguguran nya apa, krn baik ACA atau prolaktin ku harusnya dengan nilai segitu tidak akan menggangu. Mungkin ada sebab lain, yang tidak bisa dijelaskan (nalar manusia), tidak apa2, insyallah kami sudah ikhlas kok. Jadi skrg ga mikirin penyebab lagi, tapi fokus sama program hamil selanjutnya.

Alhamdulillah ketika di USG sel telurku bagus, ukuran nya normal sesuai hari ke 9 mens yaitu 18.7 (atau 13.7 ya, lupa, satuannya milimeter kayaknya-kalo senti mah kepanjangan🙂. Kata Prof Iam, kalo pun mau dibuahi skrg juga udah bisa jadi anak. Ah…senang sekali mendengarnya. Jadi tugas kami sekarang adalah berjuang dan tentu saja berdoa, karena dari segi medis kami udah lulus, tdk ada masalah apa2 lagi, insyallah.

Eits, masih ada sedikit treatment sih, buat nurunin nilai ACA di level lebih aman aku harus minum ascardia 1x sehari (obatnya ternyata murmer, cuma 12rb). Trus buat nurunin prolaktin sampe nilai yg diharapkan Prof Iam di kisaran 17 ng/ml aku lanjut minum parlodel 1/2 butir 2 hari sekali (selang seling sehari minum, sehari enggak).

Vitamin yg diresepin sebelumnya juga tetep lanjut: lanturol (vit E) sama asthin force (antioksidan).

Jadwal berhubungan nggak diatur ama si Prof, kayaknya beliau udah tau kalo aku bisa ngitung masa subur sendiri, lagian setelah berbulan2 “puasa”, masa bodo deh ama jadwal, yg penting hajar teruuuusssss, bebaaassss, kekekekeke…..😀

Pokoknya doakan kami ya teman2!!!!

20 thoughts on “Laporan hasil tes ACA & Prolaktin

  1. inten says:

    Wah Yik..harus test sebanyak itu ya, tapi syukur hasilnya bagus. Aku belum pernah test apa-apa tuh selain USG karena dokternya concernnya ke masalah sperma. Sepertinya harus coba tanya ke dokter lain juga ya. Mikir-mikir dulu. Sukses ya programnya..semoga cepet hamil.. Semangat!!!

    hehehe iya jeng, ga berasa juga ternyata udh melalui banyak tes ini itu….

  2. fabulousfemale says:

    alhamdulilah kalo hasil tesnya baik2 sajja..brarti aku gak usah kasi info ttg ACA dari pngalaman temenku,huehehehee..
    gak enak aja mbak,berasa punya utang,aku sendiri susah mau kontak temenku ituu,hehe..
    maapp,maap,dan maappp…

    sante sajalah buu..jgn lupa terus berdoa, He knows the best for U!!
    Semangaaaaaaaaaaaaatttttttt!!!!!!!!!


    loh beneran sampe segitunya ya soal kontak itu, waduh aku dadi ga enak juga loh rek, gpp…santai juga lah bu…utang dianggap LUNAS ya. suwun loh!

  3. Hazel says:

    Pasti di doain, mba! :))

    btw, aku boleh nanya2 info dikit ngga? klo sekali kontrol ke dokter rata2 abis brp, mba? soalnya aku mo ngebandingin ama di klinik Teratai RS Gading Pluit. disana per kedatangan:jasa dokternya rp. 200rb, adm 25rb, usg 100rb. belom lagi obat. klo ama obat mungkin jadi 500rb kurang lebih. Tes hormon reproduksi 800rb-1juta. apa sama dengan yg mba ayk alami? soale mo ngatur budget sblm mulei program. thanks ya, mba! :)))

    Kalo di Budjay dgn Prof. Iam, jasa dokter 165rb, usg 165rb (tiap kali dateng pasti disuruh usg, hasil usg print nya mau kita minta atau nggak tetep aja bayar segitu), biaya adm ga ada, kalo obat tergantung hasil diagnosa sih.
    Eh ada juga loh RS yang ga nge-charge biaya USG asal ga minta print out nya, cth nya yg aku tau di hermina, jadi cuma bayar biaya dokternya aja. Kalo aku pernah tes hormon lkp di RS Hermina Jatinegara (awal 2008) kena 936rb.
    Coba nelfon Makmal UI juga mbak, siapa tau lebih murah.
    Kalo ada perlu nanya2 yg lain silakan ya bu!

  4. inten says:

    Wah Ayk..udah lama gak posting nih, kemana aja? lagi subuk ya?
    Melihat jawabannmu atas biaya dokter di JKT ngeri juga ya. soalnya kalau di denpasar tergolong murah. periksa dokter dengan USG hanya 60rb, sementara kalau USG tran V kena 80rb itu juga udah termasuk biaya dokter lho dan tiap USG pasti dikasih print outnya yang kemudian ditempel di buku periksa. Kalau obat mungkin harganya rata-rata ya, gak beda jauh. total tiap periksa sekital 250-300 kalau resep obatnya cuma buat aku, atau 400-500 kalau resep obatnya buat berdua.

    Inten, hehehe…sebenernya ga sibuk2 amat sih bu, cuma lagi stuck aja, ga ngapa2in dan ga ada perkembangan apa2, jadi bingung juga mau nulis apaan….
    Wah itu dokter di dps bedanya jauh amat ama di jkt ya, tapi meskipun mahal, kok ya praktek dokter di jkt ga pernah sepi peminat ya, selalu antriii….

  5. sinarlilin says:

    Hallo salam kenal …
    Untung ya nemun blog ini..jadi ngerasa ada temennya :p
    I’m newbie di dunia “bundawannabe” … tapi sudah 2 bulan ini aku juga lagi proses pemeriksaan di Klinik Sammarie ..
    Sama-sama berjuang ya…karena semua akan dijadikan Indah pada waktuNya … anggap aja Tuhan kasih waktu bulan madu yang panjang .. he he he ..
    Chayooo …

  6. fitri says:

    Hallo…salam kenal ya Mbak…
    Aku lagi browsing-browsing nyasar ke sini.
    Langsung berucap” Ya Allah, kok ada yang sama banget pengalamannya denganku…” jadi seneng karena ada temen.
    Aku juga baru dikuret, saat kehamilan 8 minggu Juni kemarin. Setelah 6 tahun menunggu, begitu hamil senengnya minta ampun. Tapi Allah menentukan lain, aku flek-bedrest di RS- tapi hari ke 4 di RS, janinku runtuh. Pas di USG sudah mengkerut kantung rahimnya dan janinnya sudah hancur. Sediiih…bangeet..
    Dokter belum menemukan sebab kenapa aku bisa keguguran gitu. Karena semuanya normal. Saat ini aku minum seloxy,folavit dan ascardia. Karena aku jg males olahraga. Belum tes ACA. Pingin tahu juga sih, supaya kalo hamil lagi bisa sukses sampai melahirkan. Mari kita saling mendoakan ya Mbak…

  7. Ayk says:

    Mbak Fitri, hiks…sebenernya aku sedih sih kalo ada temen yang senasib, berdoanya selalu “Ya Allah, kalo bisa aku adl orang terakhir yg musti mengalami sakit karena kehilangan”.
    Tapi mudah2an kita segera diberi pengganti nya yg lebih baik ya bu, hyuukk mari saling mendoakan…

  8. Bonnita says:

    Halo Ayk, salam kenal ya.. Thank you mau sharing di blog ini, sangat membantu.. Aku jg pernah ke Prof Iam, tp dulu masih belum mantap buat programnya, jadi tidak diteruskan dan ya itu kalo ke Prof Iam rasanya keburu2 dan kurang privacynya (karena disekat begitu). Eh ga taunya skrg udah 3 taun married.. , skrg rasanya pingin program jg. Selamat berjuang ya.. semoga di waktu dekat ada good news🙂

  9. Ayk says:

    Terima kasih mbak bonnita. Kadang ga berasa ya tau2 udh 3 thn married (saya juga hampir 3 thn married mbak). Sebel deh kalo mau lebaran gini, musti kumpul sama keluarga besar, dan pertanyaan nya pasti…..”kok belum punya momongan?”…aaargghh….

  10. Rivy says:

    Dear Teman teman…

    Aku jg skr lg program hamil,nikah sjk April 2009. Skdr berbagi info ada dokter yaitu Dr. Ichsan Ambiar praktek di Radin Inten Jaktim. Beliau sgt friendly, ramah dlm menangani pasiennya. Harga periksa dokter, USG ( tanpa print out ) + obat 2 macam harganya dibawah 250 ribu.
    Beliau jg praktek di Rumah Sakit Bunda Aliyah Pondok Bambu….🙂 .
    Smg kami cpt punya anak, amien yaa rabbal allamin.

  11. Ari Kurniasih says:

    Assalamualaikum, salam kenal ….
    aku, pengen minta tolong ke teman2.. kalau ada yang punya pengalaman dengan syndrom aca. gimana menjalani hidup dengan kelainan tersebut. berbagi pengalaman yuk! terimakasih sebelumnya untuk teman yang mau membagi pengalamannya.

  12. Ayk says:

    Rivy, makasih banyak infonya bu, pastinya bermanfaat buat kita semua…
    Ari Kurniasih, ditunggu sharing nya jeng ari (nama kita sama say) soal ACA

  13. Yufira says:

    hi moms, mo ikut share nih….
    Kemarin aku baru saja keguguran, sedih yaa. Tapi sebelumnya aku sdh mempersiapkan mental atas keguguran ini, karena seminggu sebelumnya dokter sdh bilang untuk stop semua obatnya karena janin tidak berkembang. karena kondisi dalamnya bagus, jadi akan keluar dengan sendirinya dan tidak perlu dikuret. setelah keluar, dikasih obat selama 3 hari, kemudian 1 minggu lagi usg, kalau sdh bersih blh langsung program hamil lagi. kalau belum ya dikuret. semoga sdh langsung bersih. Kemudian aku minta ke dokter untuk pemeriksaan ACA dan teman2nya, dan pas aku baca banyak bgt ya yg dicentang, ada Toxo, ACA, Rubella, CMV, Herpes, Klamidia, waaawww…. Tapi gpp aku ikutin semua petunjuk dokter. (sedih sedih sedih secara dah 3 taon merit, trus keguguran, hiks hiks hiks… Allah pasti punya rencana yang lebih baik ya moms).

    Yuk sama2 berdoa dan berusaha, semoga kita semua mendapatkan yang terbaik. Amin.

  14. Ely says:

    Hi moms..Slm kenal smw..Ak mo curhat nih,skrg ak sdg hamil jln 8 bln..Hasil usg menunjukan berat bayiku msh kecil skitar 1,5 kg,lalu dokter mnta test darah,hematologi, ACA,dan urin. Tlg info dunk kira2 biaya test yg rada miring dimana?Krn cek di rs mitra sekitar 1jt. Thnks y utk infonya.

  15. sri says:

    Dear friend….salam kenal semuanya. …
    Saya mau share pengalaman kehamilan saya, semoga bermanfaat. Saya sudah hamil 2 kali. pada kehamilan pertama anak saya meninggal di dalam kandungan saat usia kehamilan saya 7 bln. menurut dokter meninggalnya anak saya diakibatkan terbelitnya tali ari2. selang tiga bulan saya hamil lagi, karena trauma dengan kehamilan pertama sy pindah dokter berdasarkan rekomendasi teman. pada saat saya datang ke dokter yg kedua, sy diminta untuk tes lab . banyak sekali tes yg hrs dijalankan berdasarkan kegagalan kehamilan pertama saya. hasil lab menunjukkan ACA positif. dari hasil lab tsb sy d rujuk ke dokter sp hematology. selama 8 bulan sya minum obat pengencer darah dan suntik heparin. selama kehamilan tersebut sy di periksa oleh dokter sp kandungan & sp hematology. alhamdulilah anak saya lahir dengan selamat, bb 3,25 kg. dan saat ini anak saya berusia 4 tahun dengan kondisi sehat. mudah2an pengalaman sy dapat memberikan semangat pada ibu2 hamil yang memiliki ACA positif.

Leave a Reply

