Post DC Control – Setelah keguguran

Senin, 13 April 2009
Sudah 10 hari sejak kuret, aku udh mulai masuk kerja lagi, dan sudah saatnya kontrol & mengetahui hasil patologi jaringan. Pas giliran diperiksa Prof. Iam, tumben dia langsung hafal kasusku tanpa perlu melirik resume medik. Dibacakan hasil patologi jaringan, tidak ditemukan kelainan yg spesifik. Prof Iam yakin bukan karena janin tidak berkembang. Karena virus juga ga mungkin, karena di awal kehamilan aku udh tes torch dan hasilnya negatif. Masalah hormonal spt prolaktin juga kecil kemungkinan karena udh di terapi. Mungkin ada penolakan, tapi harusnya sih bukan karena itu. Jadi kenapa ya??

“Prof kalo dari makanan bisa nggak dok? Hari senin malam saya minum es campur, ada tape singkong nya sepotong, trus selasa pagi nya saya flek”
(lupa cerita juga kalo minggu siang nya abis makan rujak tumbuk yg kemungkinan besar ada nanas nya, kata ibu ku sih kalo hamil ga boleh makan nanas)
“Mungkin saja, karena ada orang yg sangat alergi sama alkohol meskipun dlm jml kecil (note : tape mengandung alkohol), tapi sepertinya makanan tidak bisa dijadikan penyebab.”

“kalo stress dok?”
“bisa aja, tapi se-stress stress nya orang hamil itu seberapa sih bu, orang hamil biasanya kan bahagia, senang…”
(dalam hati) : dokteeeeeeeer, anda benar kalo orang hamil itu bahagia, saya juga begitu, sebelum ketemu dr. IA, SpoG (baca bagaimana ngeselin nya itu dokter di 2 postingan sebelumnya, males ah ngomongin dia lagi). Saya ini orang nya pemikir & gampang stress dok, saya mengalami shock & stres tingkat tinggi gara2 omongan tuh dokter, sampe skrg saya juga masih trauma & dendam sama dokter itu. Tapi kata suami, yg namanya ihklas itu bukan cuma ikhlas merelakan kepergian si dedek, tapi juga mengikhlaskan semua hal2 terkait. Yakin deh, Allah pasti punya rencana yang lebih baik & lebih indah untuk kami, AMIN!

Berita bahagia nya, karena setelah lewat masa 40 hari setelah kuret udah boleh langsung hamil, ga perlu nunggu 3 bulan, menurut Prof Iam rahim ku kuat kok, yippiee….

Nah…tapi karena sebab musabab keguguran belum jelas, jadi ada beberapa tes yang harus kami jalani utk lebih memastikan. Tujuan nya sih, kalo udh tau sebab nya bisa dicegah biar tdk terulang lagi. Tes nya yaitu tes ACA, kibrik & re-check hormon prolaktin, biaya total sekitar 1.5jt an, huhuhuhuhu…..harus nabung lagi :((

Ntar dulu deh, lagian utk menjalani tes2 itu disarankan kondisi badan kita dalam keadaan fit & tidak stress, sekarang sih aku masih belum bisa totally ngilangin trauma itu, masih sering kepikir & nyesel “‘hiks…I should be 12 weeks pregnant now”, dll.

Dari sini pelajaran berharga adalah bagaimana melakukan manajemen stres yg baik, krn yg namanya ngurus anak suatu hari nanti pastinya akan membuat kita jadi lebih rentan stress. Juga banyak hikmah lain tentu sja. Mudah2an karena ini semua kami bisa jadi orang yang lebih baik lagi, AMIN.

## Oh ya, hari sabtu malem ibu ku udah pulang ke surabaya (hiks, rumah sepi lagi deh, ga ada yg masak’in hehe). Trus minggu pagi nya sisa jaringan yg dikasi suster setelah kuret, dikubur (sebelumnya di-adzan-i juga) oleh eyang kung nya di halaman belakang rumah surabaya, di deket ari2 ku dulu ditanam. Trus senin pagi nya di-slametin bubur merah putih, n malemnya diadain pengajian & kirim doa bersama (semua dilakukan di rumah Sby, di Jkt ga ada acara apa2).

Mungkin ada yg mengganggap nya terlalu berlebihan mengingat saat itu usia janin baru 10 minggu, sedangkan konon ruh baru ditiupkan saat berumur 4 bulan, namun ketika sperma bertemu sel telur, dari sana lah kehidupan berawal.

Dan Alhamdulillah karena makin banyak orang yang mendoakan, maka mudah2an kebaikan & keselamatan akan selalu menyertai kami semua. AMIN.

7 thoughts on “Post DC Control – Setelah keguguran

  1. mmeela says:

    Motivator yang terbaik adalah diri sendiri, selama qta punya harapan berarti harus juga siap suatu saat jika harapan itu tidak sesuai dengan kenyataan.
    Ayo Ayk semangaaaaaaaaatttttttttt …. !!!!!!!πŸ™‚

    Iya mbak semangat. Waktu Prof Iam bilang setelah 40 hari boleh langsung hamil lagi, udh senyum2 keGRan aja…berasa nya bakal bisa hamil langsung saat itu juga, lha sedangkan baru boleh ‘bikin’ aja setelah lewat 40 hari kok, setelah 3 minggu sebenernya udh boleh ‘kumpul’ sih, tapi harus pake k*nd*m (tapi kita pilih sabar aja sampe 40 hari) :p
    Ya pokoknya memberi afirmasi positif lah utk diri sendiri, kalo pasti bisa segera hamil lagi AMIN.

  2. Gracia says:

    Buat Ayk, terkadang apa yg kita alami tidak terjadi sesuai dgn yg kita ingini….emang sakit rasanya tapi yakin lah di balik hujan ada pelangi yang menanti :-)) tetap semangatt….Tuhan pasti akan kasih jawaban atas doa-doa kita indah pada waktu-Nya

    Dear Gracia, terima kasih ya dukungan nya. Mudah2an hujan segera reda, dan pelangi indah itu segera muncul. AMIN.

  3. th3sea says:

    iya yik… ga boleh makan nanas katanya.
    tapi kurang tau juga deh ya…

    kalo bisa sih yg ga jelas-ga jelas gitu dihindari aja des, atau kalo makan ya jgn banyak2 juga.

  4. Ricka says:

    Mb ayk, ak ud test torch lengkap + aca smua hsl negatif tp rubela igg & cmv1 igg positif tp utk 2 virus itu dokterku blg gk ush watir krn ud lampau & kondisi br telat 4hr tp sdh +hamil skr usia hamilku menurut dokter 8mgg tp menurut hsl usg 6mgg 4hr bliau curiga hasil aca-ku yg neg.krn pd hamil yg pertama janinku gk b’kmbg ak gk mw dkuret utk yg k 2X drujuk lg olh doktrku utk tes aca d makmal ui. Dktr yg ini support bgt ak mw test aca dmakmal doakan y mb ayk mdh2n janinku bs b’kmbang dgn baik

  5. Ayk says:

    Mbak Ricka, selamat ya buat kehamilan nya. Mudah2an lancar semua.
    Bener mbak, nilai IGG menunjukkan masa lampau, positif justru menunjukkan tubuh kita sudah punya antibodi terhadap virus tsb.
    Hasil ACA negatif kan malah bagus mbak? Berarti nggak ada pengentalan darah dong. Mudah2an hasil tes nya semua nya bagus ya mbak, dan janin nya juga berkembang dgn baik. AMIN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s