Akhir Yang Indah

Selasa, 31 Maret 2009

Tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba2 aja ada puting beliung, fiuhh…benar2 hari yang berat karena munculnya flek.

Rabu, 1 April 2009

Akhirnya flek udh ga keluar lagi, ahh lega…mudah2an semua akan benar baik2 saja

Kamis, 2 April 2009

Hari ini tepat 10 week usia si dedek. Sejak pagi sebenernya flek udh jarang banget keluar, tapi sore hari kok flek keluar lagi, makin malem makin banyak, duh perasaan kok jadi ga enak gini ya? Menjelang jam 12 malem, abis pipis (pipis di deket tempat tidur kok, disiapin ember gitu deh ama suami, bener2 bedrest kok di rmh), lah kok di tissue ada noda darah, warna nya merah darah, bukan flek coklat seperti sebelumnya. Jadilah sepanjang malem itu ga bisa tidur *dan memang aku ga pengen tidur*, feeling sih ini bakal jadi malem terakhir dedek bisa nemenin bunda, jadi bunda pengen menghabiskan malem sama2 dedek terus.

Jam 3 pagi mendadak pengen ke kamar mandi, bukan krn pengen pipis seih, tapi pengen aja…Dan bener, disitu keluar gumpalan darah, huwaaaaaa….. Dunia berhenti berputar, semua gelap…aku minta tolong ke suami krn badan rasanya langsung ringan, serasa mau pingsan, nah ternyata mas ku juga sama pusingnya, dia jg ngerasa hampir pingsan, nah loh….jadi mau minta bantuan siapa? Ya udh akhir nya saling berpegangan aja sambil meraba jalan menuju kamar, ga lucu kalo sama2 pingsan di kamar mandi.

Setelah itu perut rasanya melilit banget, kayak mau mens, tapi lebih sakiiiiit. Kepala pusing. Mata berat banget krn semaleman air mata ga berenti2 nya keluar. Lupa akhirnya aku bisa tidur atau ga, yg jelas rasa sakit nya melilit luar biasa, bukan cuma dr perut, tapi dari sekujur tubuh, terutama hati….sakiiiiit hati banget, hiks….

Jumaat, 3 April 2009

Jam 6 pagi, ke kamar mandi lagi, dan keluar lah itu gumpalan daging segenggam kepalan tangan, mungkin beratnya seperempat kilo. Aku panggil suami utk ngeliat tapi ternyata dia ga mau, aku juga ga berani maksa inget kejadian sebelumnya. Trus aku ga inget lagi, antara sadar dan tidak, aku buang gumpalan itu ke kloset, aku pandangiiii lamaaaa banget, sebelum akhirnya pamitan dan bilang “maafkan bunda ya sayang”, trus aku siram deh. Hiks…. Tapi setelah nya, perut jadi lega banget, kayak abis terlepas dari beban berat, enteng.

Setelah itu langsung berangkat ke RS Budhi Jaya. begitu ketemu Prof Iam, beliau bingung : “aduh kenapa bu? saya yakin sekali sebagai dokter kalo kemaren itu nggak kenapa2, semuanya bagus. ibu kecape’an ya?

“enggak dok”

“ibu stres?”

“enggak dok”

“ibu pasti mikir?”

“enggak dok”

eh mungkin dokter bener sih, terus terang tiap flek keluar saya langsung stres dan kepikiran kata dokter lain yg bilang “itu janin nya ga berkembang, nanti juga luruh sendiri, makanya flek” (tapi ini tentu cuma dalam hati, udh males ngungkit & ngebahas soal ini, biarlah semua udh jalan nya seperti ini)

Ya udh setelah diperiksa kalo jaringan nya udh hancur, sekalian aja langsung dibersihin, dikuret. Oke, apa aja deh dok, kami pasrah. Sampai sebelum kuret dilakukan, semua suster masih terheran2 kenapa kok bisa gugur. Sesaat sebelum efek bius ku mulai bekerja, Prof Iam juga masih aja menggumam, kira2 kenapa ya bisa begini? Entahlah, wallahualam, sementara ini jawaban yang ada adalah ini udh jadi suratan takdir dari Allah, jawaban medis nya baru minggu depan bisa kita ketahui.

Abis dikuret, suster menunjukkan sisa jaringan di botol kaca, tinggal dikit, kayaknya lebih banyak yg keluar di rumah, hiks.. Juga memberikan sedikit jaringan yg sudah diwadahi plastik, biasanya di kubur di rumah kata suster. Tadi nya aku menolak krn itu pasti bikin aku sedih mengingat nya, tapi akhirnya kepikiran untuk menguburkan nya di halaman rumah surabaya, krn itu rumah dedek nya juga. Kalo di jkt, ayah-bunda nya belum punya rumah, dan kontrakan kami skrg semuanya full bangunan, tidak ada space halaman yg ada tanah nya, dan tidak mungkin kan dedeknya ditinggal di kntrakan seandainya suatu saat ayah-bunda pindah ke rumah baru. Tapi kalo di sby, sejauh2 nya kami berkelana, pasti akan pulang ke sana, dan dedek tidak akan mungkin ditinggalin atau dilupakan.

Sekarang, insyaallah kami sudah ikhlas. Terima kasih banyak ya Allah karena telah Engkau beri kami kepercayaan untuk menjaga amanah 10 minggu ini, insyallah berikutnya bila engkau memberi kami keprcayaan kembali, kami akan menjaganya lebih baik lagi, sampai seumur hidupnya. AMIN.

Buat dedek, makasih banyak ya udh mau nemenin bunda selama 10 minggu, maaf bunda belum bisa jadi bunda yang baik karena ga bisa ngejagain dedek dgn baik. Terima kasih banyak buat dedek dari ayah, bunda, dan semua, hadiah terakhir yang bisa kami berikan adalah nama buat dedek :

1. Kaylila

Seperti perjanjian ayah bunda, bahwa kalo kamu perempuan maka bunda yg bakal nyariin nama buat kamu. Dan seperti janji bunda juga, seandainya dedek adl perempuan nama dedek adalah Kaylila (panggilan lyla).

2. Canon

Ini nama dari ayah seandainya dedek adl laki2, mbacanya jangan kanon ya, tapi kenen *hehehe sok bule*

Ceritanya ayah mau bilang terima kasih ke dedek krn dedek udh ngasi ayah kamera Canon. Dari awal ayah emang pengen banget beli kamera DSLR, tapi bunda larang dgn pertimbangan waktu itu bunda pgn pake duitnya untuk HSG. Tapi ngeliat keinginan ayah yg begitu besar, akhirnya kita adakan perjanjian, seandainya bunda mens, bunda mohon pengertian ayah utk menyisihkan duit utk keperluan yg lebih penting, ya HSG tadi, maklum waktu itu habis hydro ke-2 dan katanya saluran tuba bunda masih non paten alias buntu dua-dua nya. Seandainya nggak mens, (artinya hamil?), ayah boleh pake duitnya buat beli kamera. Dan pertengahan februari, ternyata bunda telat beneran, bertepatan dgn pameran kamera di JCC, jadilah sesuai janji, ayah boleh beli kamera, krn hasil tespack & periksa dokter katanya bunda positif.

3. Slamet

Hehee nama yg sangat jawa sekali, baik laki2 atau perempuan, namanya Slamet, yg ngasi nama eyang nya alias ibu ku. Katanya sbg tanda terima kasih si dedek udh memberikan keselamatan buat aku.

Terima kasih juga buat semua tante2 disini, dan om2 nya juga kalo ada. Terima Kasih ya….

Bundanya Kaylila Canon Slamet

Dari RSIA Budhi Jaya, room 308

34 thoughts on “Akhir Yang Indah

  1. shella says:

    Ayik, aku temen wk kmu di thread ata, special aku datangin lagi blog kmu utk kasih support setelah membaca postinganmu di thread..
    tidak terasa air mata ini menetes, betapa sedih dan terharu membaca perjuangan Ayik, sabar, dan ikhlas menghadapi ujian ini, Allah yg Maha Mengetahui yg terbaik, semua akan indah pada waktunya, membayangkan perasaan Ayik sama persis kejadiannya sama aku waktu misscram pertama kali, teringat kesedihannya, tak terlukiskan, yg terangkum hanya sebuah kata.. ikhlas.. semoga Ayik dapat melalui hari dengan sabar dan ikhlas ya… mengutip kata dokter aku dulu, semua ini adalah ujian, untuk meningkatkan derajad ketakwaan kita, jika kita bisa sabar dan ikhlas menghadapinya. jika gagal lagi, sabar dan ikhlas, meningkat lagi derajad kita, coba lagi, gagal lagi, coba lagi, begitu seterusnya sampai Allah merasa kita sampai pada derajad yg Allah inginkan, yaitu derajad taqwa… semoga janin yg sudah syahid itu dapat meringankan perjalanan ayah bundanya kelak di hari akhir, dan kalian berkumpul kembali di sana, amiiin, ya robbal alamiiinn…

    shella, makasih banget ya bu buat dukungan nya. ga nyangka ternyata dirimu pernah juga ya? mudah2an kehamilan yang ini lancar car car sampe due date oktober nanti. AMIN.
    makasih banget ya buat doa nya!

  2. fatmah ulfah says:

    mba ayk yg tabah yah.. mungkin ini memang jalan yg terbaik yg harus di jalanin sm mba ayk n suami. yg tabah ya mba… tetep semangat jangan pantang menyerah..


    aloo mbak ulfa bumil *hehehe*, makasih ya mbak.
    mbak ulfa juga jangan mikir yg enggak2 ya, mudah2an kehamilan nya lancar. AMIN!

  3. Hazel says:

    Mba ayk, terus terang aku lg nangis waktu nulis comment ini. dan aku ga tau harus nulis apa. i just want u to know that i’m here and i’m praying for you..always

    hehee mbak hazel, jgn nangis ah, aku gpp kok mbak, insyallah udh ikhlas, dan lagi airmata ini udh abis jd skrg udh ga bisa nangis lagi. makasih ya mbak buat dukungan nya.

    aku terharu banget sama semua, lha wong padahal ketemu aja blm pernah sama semua yg disini tapi kok sebegitu besar dukungan nya, terima kasih banget ya!!!

  4. ratih says:

    sabar ya yik…. sabar….
    Insyaallah ini yang terbaik yik
    banyak hikmah yang bisa u n suami n kita2 ambil dari peristiwa u kali ini

    Thx dah sharing semuanya disini.
    Buat dedek : makasih ya dedek segalanya, dedek dah ngasih “arti” and “warna” buat tante2 disini walo dedek masih di perut bunda

    TETEP SEMANGAT!!!!

    makasih tante ratih🙂

  5. mmeela says:

    Ayk,
    Aq ngerti apa artinya kehilangan tapi andai dalam hidup ini qta yang punya kuasa, tentu hidup ini hanya berisi suka. Allah Maha Tahu yang terbaik bagi qta. Ayo Ayk, semangat, qta sama2 berjuang lagi ya, mudah2an nanti qta hamil sampai melahirkan baby yang sehat bareng2 lagi.
    Buat dedek: Jangan merasa sendirian ya…bunda,ayah,eyang,tante2 & om2 selalu doain, trus juga kan ada anaknya tante di sana, dedek temenin anaknya tante juga ya…

    Mbak Ela, makasih banyak ya mbak. Kayaknya dedek seneng disana bisa maen sama anaknya tante ela ama anak2nya tante aruna juga. Berhubung dedek2 nya seneng, jadi bunda2 nya pasti seneng juga disini. Yup, mari kita berjuang lagi, semangat!

  6. inten says:

    Ayk.. Gak tahu deh harus ngomong apa.. hanya Iklas dan berserah yang bisa dilakukan manusia seperti kita. Lanjutkan terus perjuangannya ya..eh bukan dengan mengangkat senjata lho..tapi dengan mengangkat dompet dan rileks hehehe… Semangat Ayk!!!!


    hehehe mengangkat dompet lagi ya😀
    yes, makasih inten, mari semangat semua!

  7. dinta says:

    sabar ya rik…dan ikhlas…itu semua ujian dari allah SWT, next pasti akan lebih baik dari sekarang, berdoa & berusaha terus yach….:)

    yup, suwun mbak. tetap berusaha terus, pastinya😉

  8. DRA says:

    Ayk… aku sedih banget baca postingan kamu…. yang sabar ya… Allah selalu memberikan yang terbaik buat kita… Pasti ada hikmah di balik semua ini.

    Semoga segera di beri kehamilan lagi ya…
    Amiinnn….

    Makasih ya mbak DRA, iya mudah2an segera dikasi pengganti nya yg pastinya akan lebih baik. AMIN

  9. Aruna says:

    Yang sabar ya say,dr mulai dgr kbr mb ayk ada fleg aq kepikiran trs mudh2 smanya baik2 aj,tiba2 mb ayk sms keguguran,kaki rasanya ikut lemes..tp ingatlah 1 hal bhw mb ayk sdh menjadi bunda yg terbaik bt de2k,krn sdh berusaha menjaganya slm 10 minggu,dan de2k tau akan hal it,dia yg akn sll setia mendoakan ayah bundanya smp kpnpun,merekalah yg nantinya akan menolong kt di sana..Walaupun Anak2 kt sdh tiada tp dia akn sllu hdp dihati kt,tetap smangat ya say,betul kata mb ela..kt hrs optimis s/ saat kt pst bs hamil dan melahirkan anak2 kt yg sht n lucu2..Terus berjuang y say..

    Mbak aruna makasih banyak ya.
    Maaf ya udh bikin lemes juga, aku lupa kalo mbak runa lagi nungguin bapak di jogja, mudah2an bapak skrg udh sehat ya mbak.
    Alhamdulillah aku skrg udh baik2 aja & siap berjuang lagi, semangat ya semua!

  10. Meymey says:

    Dear Ayk yang cantik dan selalu tabah,

    Aku Meymey sama seperti Shella di threadnya Ata di WK. Dear, aku disini gak mo bilang aku sedih or aku nangis. Tapi aku cuma mo ingetin bahwa Allah tidak akan menguji umat-Nya melebihi kemampuan umat itu sendiri. Insya Allah, Allah lagi merencanakan sesuatu yang lebih baik dan indah buat Ayk n suami, tinggal kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Satu hal lagi, apa yang sudah terjadi harus diikhlaskan ya sayang ya.

    We all love u n wish u all the best in your future.
    So keep semangat n smilling


    Meymey….makasih juga ya darling. baca update kalian semua jd ketularan semangat juga.

  11. ika says:

    dear ayk,
    baru sempet online nih… jangan patah semangat ya, tar klo udah fit diprogram lagi. insya allah semua ada hikmahnya..


    iya Ika, makaih banyak ya bu, terus berjuang sampai titik darah penghabisan hehe🙂

  12. uline says:

    hi ayk..
    aku sempet baca postingan blog ttg test pack, turut senang jg mengetahui ayk positif, jd nambah pede dan optimis abis baca postingan itu, trus lama absen ga buka blog, kemudian baca ttg flek2 (hari yg berat), abis baca itu aku cm doa aja moga semua aman dan sesuai yg diharapkan, coz tetangga sebelah rmh ku jg lg hamil krg lbh 7 bln pas bulan ke 3 dia sempet flek jg, di bilang dr kalo janinnya ga berkembang dan di suruh kuret, dia ampe shock dan nangis2, tp ma swaminya di ajakin utk second opinion di dr lain, dan dr lain itu bilang gpp normal aja, dia cm di suruh istirahat dan ga blh kecapean, alhmdulillah skrg dah 7 bln. aku berharap kasus ayk sama dgn tetangga ku itu…tp hari ini aku baca postingan ttg akhir yg indah, aku jd turut sedih, tp aku yakin dgn kejadian ini ayk pasti bakal lebih kuat, optimis terus yaaa…paling nggak ayk tau kalo ayk bs hamil..tul kan? sabar dan terus berjuang yaaa ayk…

    uline, sebenernya sih waktu itu kita berharap nya kejadian kayak tetangga uline (dan kebetulan juga byk cerita serupa dr temen2), tapi wallahualam….ternyata akhirnya begini, alhamdulillah udah dipercaya 10 minggu…
    sekarang…mari kita berjuang lagi…., insyaallah mudah2an kita segera diberi kepercayaan lagi.
    optimis terus ya bu, kasus kita sebelumnya mirip kan? tetep pede bu, pasti bisa kok!!!!

  13. isty says:

    ayk…..

    long time no blog walking…. dan wkt itu masih ikut haru dan seneng krn tau dirimu positif hamil… 2 hari ini aku lowong dan baru sempet blogwalking lg…. tp ternyata ada kbr kurang baik dari ayk…

    sabar yah bu…. mungkin belum rezeki dan waktunya blm tepat untuk si dedek hadir ke dunia ini… gpp, bekal tabungan surga kalian yk…

    semangat terus ayk… saling doa yah

    cheers🙂


    Istyyyyyyyyyyyy…kangen sama kamu bu, kapan hari nyapa di YM ya, tapi aku ga bisa bales bu, di kantor skrg jg ga pernah YMan lagi, abis pake YM malah bikin misunderstanding ama temen2 gara2 YM ku super aneh *lah kok jd curhat YM ya?*
    Eniwei, makasih banget ya buat dukungan nya. Saling mendoakan tentu saja, everytime, everywhere….Mudah2an doa kita semua dikabulkan AMIN

  14. Deasi says:

    Salam kenal ya Mba, aku ampe nangis baca postingannya. Yang sabar ya Mba.., tetap semangat dan berusaha. kurang lebih nasib kita juga sama. sama-sama mendambakan buah hati. Semoga Allah segera mempercayakan bidadari kecilnya ya buat kita semua.. amin

    Makasih mbak deasi. Iya mari kita saling mendoakan mbak, Allah pasti tau yang terbaik untuk kita semua. Salam kenal mbak, aku link boleh ya blognya???!!

  15. Tyka Ndutyke says:

    Mbak, aku sampek terharu banget baca ceritanya. Doaku untuk segala yang terbaik bagimu, suami dan almarhumah Lyla…


    Makasih mbak tika, tapi kayaknya bukan almarhumah lyla deh, lebih cenderung ke almarhum canon. Sempet mimpi aja sih ada anak kecil cowok manggil saya bunda…

  16. Ricka says:

    Mba Ayk,

    aku baca thread mu sambil nangis juga lho..
    aku pernah merasakan apa yg kamu rasakan kl aku lgs divonis dokterku janin gak berkembang & harus dikuret, memang gak enak rasanya kehilangan sesuatu yg amat kita sayangi tp mgkn ini jln yg terbaik & kami sudah mengikhlaskan-nya. Mudah2an anak2 kita disana bangga punya bunda2 yg kuat. Tenang ya bu, Allah pasti akan ganti yg lebih baik lg…
    Alhamdulillah aku skrg udh dikasih kepercayaan lg sm Allah, mskpun dokterku blg usia kehamilanku tdk sesuai dgn hasil USG tapi aku tetap OPTIMIS kali ini janinku akan tumbuh & berkembang dengan baik.
    Tenang aja ya say, ALLAH pasti akan memberimu gantinya… SEMANGATTTT🙂

  17. Ayk says:

    Makasih ya mbak Ricka buat support nya. Mudah2an saya segera menyusul mbak Ricka dapet gantinya juga. AMIN
    BTw, perbedaan usia kehamilan yg 2 minggu memang wajar mbak, dokter biasanya menghitung dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), nah masa subur kita kan rata2 di hari ke 14 atau 2 minggu setelah mens, asumsi nya kalo “jadi” kan emang dihitung dari perkiraan masa subur.
    Biasanya HPHT utk memudahkan perhitungan aja, sedangkan USG memang kondisi aktual (jadi ada perbedaan 2 minggu dari perhitungan). Jadi jangan kuatir ya bunda

  18. mama Iklas says:

    Mba, sepertinya bareng dengan aku, Budhi Jaya, room 308 … aku mengalami hal yang sama mba .. bedanya umur janinku 23 minggu saat meninggalkan kami … Aku bolak balik pendarahan … dan akhirnya dede Ikhlas meninggalkan kami tanggal 11 Juni 2009 … saat yang benar2 berat … jadi aku tahu bagai mana perasaan mba …
    Tapi mba hebat yach masih bisa ke sana lagi untuk program hamil berikutnya .. kalo aku sampai saat ini masih trauma mba dengan RS masih inget soalnya .. mungkin suatu saat akan kembali kesana untuk mengambil rekam medis dede Ikhlas … dan memulai program lagi .
    Mba tetep semangat yach … InsyaAllah Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambanya … amien

  19. syahzana says:

    mba, spertinya mengalami hal yang sama dengan aku, aku diberi kepercayaan cuma 4 minggu sama Allah, aku tak habis2nya menyalahkan diriku karena kekurangannku…(padahal gak boleh ya??))). mbak aku berusaha sabar, ikhlas menghadapi semuanya, dan berusaha melihat kebawah bahwa ada yang lebih susah dari aku…aku paham itu,,
    tapi terkadang aku sedih sekali melihat suamiku, karena rasa sayang dan cintaku padanya,,,aku ingin memberikan apapun untuk dia,,
    kami sangat senang sekali setelah si cek aku telat 2 minggu,,,suamiku senang sekali,, 2 minggu kemudian keguguran, kami berdua sangat sedih, bagai langit runtuh…tapi kami berusaha ikhlas dan optimis,,aku sangat beruntung memiliki suami yang selalu setia ada disampingku,,,itulah kebahagiaan ku..

  20. Ayk says:

    vikka, mama iklas, syahzana, makasih banget ya bu….dukungan kalian semua bener2 bikin aku semangat lagi berjuang (setelah hampir setahun males2an ga peduli), terima kasih…terima kasih…

    mama iklas, hem satu ruangan kita ya bu, meskipun beda waktu… ayo kita saling support berjuang lagi…

  21. Tyka says:

    *dan memang aku ga pengen tidur*, feeling sih ini bakal jadi malem terakhir dedek bisa nemenin bunda, jadi bunda pengen menghabiskan malem sama2 dedek terus.

    Halo mbak, it’s me again🙂
    Terakhir ninggalin komen, udah hampir 2 thn lalu ya…
    Aku mo cerita sesuatu. Februari thn lalu aku positif hamil tp garis ke-2 msh samar walo udah telat hampir 10 hari. Cek di Lab jg begitu hasilnya. Akhirnya ke dokter dan priksa dalem (pake tangan loh priksa-nya!) dan dokter bilang jg blm ada tanda apa2. Waktu itu ada 2 pilihan, mo nunggu aja atau dikasih obat spy mens. Ya aku pilih nunggu aja.

    Bbrp hari setelah dr dokter, malam2 pinggangku pegel2 banget kayak orang mau mens. Aku udah firasat gak enak. Apalagi sudah pernah berkunjung ke blog ini sebelumnya dan baca kutipan diatas.

    Akhirnya aku tidur, elus2 perut dan baca2 doa aja. Klo emang cm sampai disini, ya udah gpp.

    Besoknya aku flek2 gt sepagian. Trs akhirnya sakit perut, pusing sampe mo pingsan segala. Berangkat ke RS dan di-USG @ USG transvagina, udah ga ad sisa, udah bersih dan gak perlu kuret lg.

    Somehow i thank you for this post. Aku jd punya kesempatan untuk, well… Say goodbye sama dede & kehamilanku yg kata dokter (yg nangangin pas udah keguguran), diitung2 udah masuk 7 minggu.

    I named her Fadillah🙂 till we meet again, Fadillah…

    Anyway, mbak apa kabar?

    • Ayk says:

      hallo Tyka, alhamdulillah kabar baik. Maaf ya aku kelewatan reply comment, mudah2an segera diberi pengganti yang lebih baik dari Fadillah ya bu. AMIN.

  22. lolly says:

    dear mba ayik…
    setelah baca smua postingan mba ayk….postingan ini buat aq teringat bbrp bulan yg lalu wktu aq di nyatakan hamil dan akhir nya keguguran,di usia kandunganku 10w,cerita ini hampir sama dgn yg aq alami dan ga berasa mata ku mulai berkaca kaca membacanya,sedih,terharu..itu yg aq rasakan skrg….tp postingan lainnya mbuat aq bersemangat dan ingin trus berusaha,juga untuk cepat2 ke dkter dan memprogram kehamilanku…semoga semua berjalan lancar dan di beri jlan oleh ALLAH SWT,,,

  23. Ayu says:

    Kejadiannya sama persis ky aku Mba.. Aku uda 3 kali keguguran. Tiap kali hamil selalu ketakutan. Sampe takut bwt hamil.. Oktober kmrn keguguran yg ke 3. Minggu kmrn stlh mens, di cek hormon tyt Prolaktinku 42. Semoga aja penyebabnya mmg gr2 itu..

    • Ayk says:

      Mbak Ayu, sudah pernah dirujuk untuk melakukan tes ACA belum mbak? Salah satu penyebab keguguran berulang bisa karena pengentalan darah (ini yang dicurigai dalam kasus keguguran saya).
      Juga apakah sudah tes Torch?
      Sekali lagi semangat ya mbak.

      • Ayu says:

        Pernah tes ACA negatif, D dimer normal, Fibrinogen normal. TORCH jg aman. Kromosom jg normal.. Skrg sdg mengumpulkan kepercayaan diri bwt hamil lg.. Semangat!🙂

  24. mrs.p says:

    Mba,ak nangis baca ini..sebagai pasien retro,tokso n penyumbatan..mba berjuang terus,sdangkan saya divonis saat sy menikah 8bln sy msh blm terima kenap hal ini terjadi sm sy,knapa cobaan ini begitu berat..mba bener2 hebat bs melalui itu semua

  25. Dechi says:

    menyentuh sekali Mbak ceritanya… :’)
    tapi melihat mbak yg sekarang jadi yakin insyaallah setiap wanita dapat melahirkan dari rahimnya sendiri. :’)

Leave a Reply

