jump to navigation

Program hamil, apa dan bagaimana tahapan nya?? March 17, 2009

Posted by Ayk in Trying to Conceive.
trackback

5 W + 1H tentang memulai program hamil

What??

Apa itu program hamil, ya tentunya program supaya bisa hamil dong. Bisa kita program sendiri ataupun ke dokter.

Tapi sebelum memutuskan mengikuti program hamil ke dokter, pastikan hubungan sudah dilakukan dengan orang yang tepat di waktu yang tepat. Maksudnya orang yang tepat ya sama suami kita sendiri (masa suami orang hehehe). Sedangkan waktu yang tepat adalah sesaat sebelum atau pada saat ovulasi agar memungkinkan sperma membuahi telur. Jadi kalo pengen cepat hamil, pastikan hubungan dilakukan saat masa subur.

Nah bisa juga kita melakukan program hamil dengan bantuan dokter, seperti dijelaskan di bawah ini:


Why??

Kenapa harus ke dokter?

Karena kita sudah berusaha secara alami, tapi ternyata kehamilan belum datang juga. Jadi kita datang ke dokter agar mendapat pemeriksaan & perawatan lebih lengkap.

Untuk menjadi hamil, syarat-syarat dibawah ini harus dipenuhi: (diambil dari http://biohealthworld.com)

1. Ovulasi harus terjadi.

2. Tuba falopi tidak boleh tersumbat.

3. Hubungan intim harus dilakukan sesaat sebelum atau pada saat ovulasi untuk memungkinkan sperma membuahi telur.

4. Sperma yang masuk haruslah sperma yang sehat dan normal.

5. lendir leher rahim (serviks) haruslah “ramah” dan tidak menolak sperma/alergi sperma.

6. Sel telur harus dibuahi sperma dan kemudian tertanam di dalam rahim – pada saat ini konsepsi telah terjadi.

Nah program hamil ke dokter bisa membantu kita memastikan bagaimana kondisi tubuh kita, apakah sudah bisa memenuhi syarat2 terjadinya kehamilan atau belum?

When??

Kapan harus ke dokter?

Biasanya sih kalo sudah menikah (dan berhubungan secara teratur tentunya) selama kurang lebih 1 tahun atau 6 bulan untuk yang umurnya lebih dari 35 thn. Jadi kalo ada yang menikah 1 thn lebih tapi berhubungan nya tidak teratur (mungkin karena terpisah jarak, si suami di kota A, si istri di kota B, ketemunya 3 bulan sekali, itupun pas lagi bukan masa subur, atau jangan2 malah pas mens, waduh…kok jadi curcol ya hehehe) itu tidak masuk hitungan ya, tapi kalo ke dokter sih selalu ditanya dulu udh nikah berapa lama.

Oh ya pertama kali dateng ke dokter, sebaiknya saat mens hari ke 1-3 biar program nya bisa langsung mulai tanpa buang2 waktu.

Tapi kalo boleh saran sih, kalo memang belum setahun, mending program alami/sendiri dulu, karena dateng ke dokter kadang malah bikin kita kepikiran & panik, padahal kalo mau cepat hamil sebaiknya harus rileks, tenang & ga parno.


Who??

Trus ke dokter siapa?

Waktu pertama kali berencana dateng ke dokter utk program hamil, terus terang saya buta hal2 tentang ke dokter siapa, ntar nanya apa aja ke dokter nya, dll. Alhirnya saya salah pilih dokter, karena untuk melakukan program hamil ini tidak bisa ke sembarang dokter SpoG, tapi harus ke dokter yang memang menangani masalah infertil. Di rumah sakit tertentu memang ada sih sub spesialis khusus infertil, tapi kalopun tidak ada, cari aja dokter yang gelar belakang nya Kfer, misal dr. bla bla SpoG, Kfer atau dr. bla bla SpoG (K).
KFER = Konsultan Fertilitilty & Endokrinologi Reproduksi atau biasa ditulis (K) saja.


Where??

Hampir semua rumah sakit pasti memiliki dokter spesialis infertil, tinggal cari yang sesuai selera aja, dari segi lokasi, jarak, fasilitas, dokter yang menangani, tarif, dll.


How??

Secara umum sih sependek pengetahuan saya, biasanya tahap awal program hamil seperti ini :

Untuk istri :

  1. Tes hormon : untuk mengetahui kerja hormon2 yang mempengaruhi sistem reproduksi & ovulasi kita.
  2. HSG atau mungkin langsung ditiup/hydro : untuk mengetahui kondisi saluran tuba

Langkah berikutnya ditentukan setelah hasil dari tes2 diatas diketahui. Tapi patokan diatas sih jangan terus jadi saklek banget harus selalu begitu ya, karena bagaimana pun tubuh masing2 dari kita itu diciptakan unik satu sama lain, mungkin bisa mirip tapi yang beda pun banyak. Sebaiknya sih tetep di diskusikan dulu sama dokter SpoG kita.

Untuk suami

Tes sperma yang berumur 3-5 hari. Maksudnya jangan dikeluarin dulu selama 3-5 hari ya (hahaha jadi vulgar nih bahasanya), kalo kurang dari 3 hari ada kemungkinan belum mateng, sedangkan kalo lebih dari 5 hari udh expired.

Note dari saya:

Sebaiknya sebelum memutuskan program hamil ke dokter kita udah siap fisik & mental, lahir & batin, dan juga finansial.

Fisik-mental, lahir-batin maksudnya kita udah bener2 niat ikut program hamil ini, jangan sampe karena takut disuntik, takut sakit, takut begini begitu cerita orang terus bikin kita jadi mundur.

Semangat & mood juga harus selalu dijaga, penting banget untuk punya temen sharing & komunitas yang sama2 lagi ikut program hamil supaya bisa saling kasi support. Pengalaman ku sih lebih enak curhat ama temen senasib daripada temen lain yang istilahnya ga tau bagaimana perjuangan jatuh bangun nya kita dapetin buah hati. Biasanya malah suka jadi keki kalo denger ada temen yg disenggol aja hamil (sirik juga sih, kok dia bisa gampang gitu seh), beda cerita kalo yang hamil adalah temen program kita-uihh jadi ikutan bahagia berasa kita sendiri aja yg hamil, dan makin memacu semangat pastinya.

Dukungan dari suami, teman, rekan kerja, keluarga juga penting untuk keberhasilan program hamil kita.

Trus finansial, nah ini ga kalah penting mengingat untuk program hamil ini butuh biaya yang tidak sedikit. Bersyukur banget kalo punya asuransi atau kantor yang mau mengcover. Tapi kembali lagi kepada rezeki udah ada yg ngatur, saya juga heran darimana bisa ada ajaaaa duit untuk tes ini itu yang harganya tidak murah. Segalanya rupa nya memang sudah ada yang Maha Mengatur, jadi jangan lupa untuk selalu berdoa, berdoa, dan berdoa. Tuhan punya rencana yang terbaik menurutNya untuk kita jalankan, dan yang pasti akan indah pada waktu nya.

Silakan ibu-ibu menambahkan kalo ada yang masih kurang ya!!

About these ads

Comments»

1. mmeela - March 17, 2009

Ayk,
Aq dah kirimin doa buat ibu hamil,kmu dah terima belum? Mudah-mudahan bisa mendukung kelancaran kehamilanmu sampe si dede lahir. Aamiin.
Kmu dah di jakarta lagi ya?


Mbak Ela, makasih ya udah aku terima doa2 nya.
Tapi maaf kelewatan belum bales imel mbak ela, senin pagi itu udh dateng di jkt, trus langsung ngantor, pulang kantor langsung ambruk tidoooor, trus selasa kemaren juga langsung istirahat gt aja, sampe lupa blm bales imel.

Eva Yuliyana - November 30, 2011

assalamualaikum
aku mau donk doanya
share ya :)
mkasih

Ayk - November 30, 2011

Eva, ini ya mbak aku taruh disini doa saat hamil, semoga 4JJI mengabulkan ya..

Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa
QS. Ali Imran 38

Artinya:
Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisiMu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa).

Rabbii hablii minash shoolihin

Artinya :
Ya Allah berikanlah kepadaku anak yang shalih.

Robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa.
QS. Ibrahim 40

Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.

DOa lain yang baik dibaca: surat Al furqon 74 :
Rabbana hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyaatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiina imaamaa.

Ya Tuhan kami! Berilah kami anugerah yang menyenangkan dari istri-istri dan keturunan kami,dan jadikanlah kami ikutan bagi orang-orang yang takwa.

DOa lain :
Robbi auzi’nii anasykuro ni’matakallatii an’amta alaiyya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shololihan tardhoh wa ashlihlii fii dzurriyyatii. innii tubtu ilaika wa inni minal muslimin

Ya Allah Tuhan kami berilah kami ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan kepada anak cucu kami. Sungguh kamu bertaubat kepada MU dan sungguh kami adalah termasuk golongan orang yang berserah diri.

Bacaan – bacaan lain yang baik dibaca pada saat hamil:
Surat dan Ayat dari Al-Quran :
• Al-Mu’minuun (Surat ke-23, ayat 12-14)
• Lukman (Surat ke-31, ayat 14)
• Yusuf (Surat ke 12, ayat 1-16)
• Maryam (Surat ke-19, ayat 1-15)baik juga jika semuanya dibaca..
• Ar Rahmaan (Surat ke-55, ayat 1-78)

Plus doa Ini:

Bismillahhirrahmaanir rahiim,
Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin,
Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad,
Thibbil quluubi wadawaaihaa, Wa’aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa, Wanuuril abshaari wa dhiyaa ihaa, Waquutil arwaahi wagidzaa ihaa, Wa’alaa aalihi washahbihi wabaarik wa sallim, Allaahummahfazh waladaha maa daama fii bathnihaa, Washfihii ma’a ummihi antasysyaafii laa syifaaa illaa syifaa uka syifaa an laa yugoodiru saqoman, Allaahumma shawwirhu fii bathnihaa shuurotanhasanatan , Watsabbit qolbahu iimaanan bika wabiraa suulika , Allaahumma akhrijhu min bathni ummihi waqta walaada tihaa sahlan wasaliiman, Allaahummaj ‘alhu shahiihan kaamilan wa’aaqilan haa dziqan wa’aaliman’aamilan, Allaahumma thawwil umrahu washahhih jasadahu wahassin khuluqohu wafashshih lisaa nahu , Wa ahsin shautahu li qiraa atil hadiitsi wal qur’aan, Wawasi’rijqahu , Wajalhu insaanan kaamilan saaliman fiddunya wal aakhirah , Bibirakati sayyidinaa Muhammaddin shallallaahu’alaihi wasallam wal hamdu lillahi rabbil’aalamiina
Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pengasih lagi Maha penyayang.
Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam
Ya Allah tambahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW
Sebagai pengobat dan penawar hatiku
Penyehat dan penyegar badanku
Sebagai sinar dan cahaya pandangan mata
Sebagai penguat dan santapan rohani
Dan kepada keluarganya dan para sahabatnya berikanlah keberkahan dan keselamatan
Ya Allah semoga Engkau lindungi bayi ini selama ada dalam kandungan ibunya
Dan semoga Engkau memberikan kepada bayi dan ibunya Allah yang memberi kesehatan. Tidak ada kesehatan selain kesehatan Allah, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain
Ya Allah semoga Engkau ciptakan bayi ini dalam kandungan ibunya dgn rupa yg bagus
Dan semoga Engkau tanamkan hatinya bayi ini iman kepadaMu ya Allah dan kepada Rosul Mu
Ya Allah semoga Engkau mengeluarkan bayi ini dari dalam kandungan ibunya pada waktu yg tlah ditetapkan dlm keadaan yg sehat dan selamat
Ya Allah semoga Engkau jadikan bayi ini sehat, sempurna, berakal cerdas dan mengerti dalam urusan agama
Ya Allah semoga Engkau memberikan kepada bayi ini umur yang panjang, sehat jasmani dan rohani, bagus budi perangainya, fasih lisannya
Serta bagus suaranya untuk membaca dan Al Quran
Dan tinggikanlah derajatnya
Dan luaskanlah rizkinya
Dan jadikanlah bagi manusia yg sempuran selamat di dunia dan akhirat. Dengan berkahnya Nabi besar Muhammad SAW dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam

Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin
Kabulkanlah doa kami, kabulkanlaah doa kami kabulkanlah doa kami, ya Allah seru sekalian alam.

Ade - September 17, 2012

thx u mba kumpulan doa nyua aku copas ya

2. mmeela - March 18, 2009

It’s ok. Kmu memang harus banyak istirahat. Yang penting kmu dah trima, doanya indah-indah kan. Subhanallah ya.

Sekali lagi, makasih banyak ya mbak ela sayang.

With Love,
Ayk+Sandy+calon dedek

3. aruna - March 20, 2009

hallo mba ayk,
ketemu lagi nih sama pembaca setiamu..mba,aq mau ty dikit nih,gejala fisik apa aja yg dirasakan mba ayk sebelum ketauan positif hamil ? mungkin tanda2nya bisa dilihat seminggu sebelumnya.. semoga kehamilannya berjalan lancar ya bu..
buat mba mela,
salam kenal dariku..sebelumnya aq aikut prihatin dg keguguran yg di alami mba mela,karna aq dl jg pernah mengalaminya,rasanya sediiih bgt y mba,tp itu akn jadi celengan kt d akherat nanti,tetap semangat ya bu,aq skrg jg mau program hamil lg & semoga mba mela cepet dikasi momongan lg,amin..saling mendoakan y..

Mbak Aruna, makasih udh jadi pembaca setia ya, mudah2an ga bosen hehehe….
Tanda2 fisik..apa ya…kayak nya keputihan itu deh mbak, soalnya sebelumnya aku sama sekali blm pernah keputihan.
Tanda2 lain…palingan perut rasanya ga enak, PD sedikit kenceng, jerawat bermunculan, tapi yg itu sih tiap bulan aku alamin sbg tanda2 mau mens.
Jangan lupa mampir juga say ke blog nya mbak ela (mmela) ini.

4. mmeela - March 20, 2009

Welcome Ayk, Sandy & calon dedek.

Salam kenal juga Mba Aruna,
Ya mudah2an calon baby qta yg ga pernah terlahir akan jadi tabungan masa depan ya Mba. Boleh mampir ke blogku di http://onedayon1303.blogspot.com . Mba Aruna punya blog juga ngga? Biar qta bisa sharing banyak2…

5. Ayk - March 20, 2009

nah tuh udh dapat undangan langsung kan dr si empunya blog, mbak ku-mbak ela. yuk mari meluncur kesana!

6. Aruna - March 20, 2009

Mb ayk,tenang aj aq tdk akn pernh bosen,krn ini blog favoritku,hehe..brti kebanyakan tanda2 mau hamil hampir sm kyk mau dtg mens ya..keputihan yg d alami mb ayk msh kategori normal kan mb?Kpn2 aq boleh sharing lwt sms kan mb ayk?Nnt aq smsn noku k mb ayk. Mb mela,sbnrnya aq sering mampir lo d blogny mb mela,syangnya aq gak punya blog mb,maklum cm ibu RT biasa,jd klo udh slsi msk kesibukanku hy sbg pembaca setia blog2 ibu hml aj,drpd kebyakan bengong drmh..Hehe..


Yup mbak aruna, keputihan nya masuk kategori normal krn ga bikin gatel. Dan setelah aku baca buku nya dr. Suririnah, ternyata itu adl peningkatan cairan vagina yg terjadi selama kehamilan akibat perubahan hormonal.
Oh ya, feel free to contact me mbak, sms boleh, telp boleh….malah seneng bisa nambah temen dan saudara :)

7. mmeela - March 21, 2009

Mba Aruna,
Boleh dong minta alamat e-mailnya. Pengen sharing ttg pengalaman keguguran.
Tks ya Ayk, nebeng message ke Mba Aruna.

8. Aruna - March 21, 2009

ok,aq tnggu ya mb..Aq jg seneng jd ada temen sharing juga.

9. Ayk - March 21, 2009

Silakan mbak ela-mbak aruna, gpp kok, dengan senang hati…..

10. aruna - March 24, 2009

mbak ayk,
aq minta alamat emailnya dong,tq.

mbak aruna, udah aku imel ya.

11. aruna - March 25, 2009

mba ayk,aq krim email udah diterima ap belum ya?

udah say.

12. th3sea - March 25, 2009

thx sudah di-sharing ya yik… moga2 aku segera nyusul…
aminnnnnn

AMIN, mudah2an segera menyusul secepatnya des.

13. ratih - March 29, 2009

doain aku juga ya biar bisa nyusul :)

yup selalu lah itu tih, otomatis tanpa diminta, pasti aku doain cepet nyusul, jadi ntar anak2 kita bisa jadi teman sepermainan, dijodohin juga boleh, wakakak :)

14. Dian - June 1, 2009

Mba Ayk, salam kenal.saya dian.sangat tertarik bngt baca blognya karena saya juga pengen ikut program hamil.boleh share gak mba?kemana konsultasinya?dokter dan rs nya?please share ya mba… Trims


Mbak Dian, kalo ngikutin blog ini dari awal, kayaknya lengkap deh mbak kisah kasih perjalanan ku, hehehe… Aku ikut program di Prof Ichram, RS Budhi Jaya. Kalo ada yg mau ditanya2in lagi, silakan ya, bisa tulis komen disini, bisa kirim imel, atau kalo pas lagi online bisa juga BUZZ saya di YM atau di Gtalk. Makasih.

15. drhikadewi - February 4, 2010

Mba’ Ayk, salam kenal sebelumnya….
Mungkin agak basi niy mba, baru ikutan nimbrung skrg cuz saya baru di wordpress…. :-D
Mba, saya jg pengen cepet hamil, saya udah 1 th 6 bln nikah blom pny momongan… pernah siy cek ke dokter kandungan tp baru sekali aja, wkt itu cm di USG & periksa darah & urin. Hasil USG normal, tp hasil tes darah & urin blom saya ambil smp skrg karna sibuk (udah sekitar 7 bln yg lalu) stlh itu saya blom ke dokter lg, lagian dokternya gak bagitu ngasih byk penjelasan saya jd males… (loh..kok jd curhat…?!) :-D
Mungkin mbak punya rekomendasi dokter kandungan yg terbaik dmn berdasarkan pengalam mbak Ayk? Maaf ya mbak komennya kepanjangan…. Maksih mbak :-)

Regard,
Dewi

16. kokom - February 12, 2010

hi mba?? salam kenal y…
mba,ada ngga’ program alami untuk segera hamil???
aku nikah hampir 9 bulan ni,tapi aku ingin bisa segera hamil,,,
gimana y mba?soalnya aku masih blm siap untuk k dokter…

17. Pipit pitriyani - March 17, 2010

Hai namaku pie2t salam knal,ak nikah dah mau 2 th, tp ak kosong 1 th blan april th 2009 ak hamil ak bhgia karna anakku kembar tp aku lahir waktu usia kandunganku 6 bln, kdua anakku prematur dan meninggal yg 1 meninggal dalam rahim yg 1 lg hdupnya cma 1 hri, kini sdah lwat 6 bln ak pgn hamil lg tp smp skrg blm hmil jga. Ak pgn ikt program hamil tp ak tkt, kalo boleh minta saran ak hrus gmana ya?

18. rina - March 30, 2010

Hi nmq rina q da nkh nie udh 1,5thn tpy blum hamil jg nie kmr uda sempat periksa blg dokter bgs2 ja tpy nda tau nie blm jd2 jg…q memang orgny g mau diem…”aktif”n suami q perokok berat n sering krj lembur…q da cba sran2 dr kaka q tpy blm da hasilny nie klo leh saranny y….

19. asrianti - April 19, 2010

halo salam kenal ya……mbak
Ass. aq asri sdh 1 thn 4 bln nikah tapi sekarang blm hamil jg, dulu sempat telat 2 bln pada waktu usia pernikahan 8 bulan tpi ga bertahan terjadi pendarahan, aq sdh ke dokter kandungan katanya semuanya baik2 saja setelah 4 bln aq ke dokter lgi ikut terapi selama 3 bulan tapi blm hamil jg. Skarang aq ga ke dokter lagi karena merasa ga ada hasil n jg mahaaal. Aq pasrah saja ma Allah kapan dikasi momongan n mau minta saran sama mbak klo aq mau program hamil yg secara alami saja.
Thanks

20. alua - April 29, 2010

assalamualaikum
mbak aku baru gabung ni…
mau tanya n cerita…..aku nikah sic baru 4 bulan.tapi rasa pengen punya anak kami sangat menggebu.nahh yang inin ku tanyakan setiap habis melakukan hub suami istri sperma suami yang telah masuk ke vagina saya selalu keluar walaupun saya sudah mencoba untuk tidak langsung bangun setelah berhubungan dan mengganjal dengan bantal..nah apa itu juga bisa menyebabkan kenapa sampai sekarang saya dan suami belum dikaruniai anak?
terima kasih mbak..

21. isma rosita - May 5, 2010

assalamualaikum
mbak aku baru gabung ni…
mau tanya n cerita…..aku nikah sic baru 4 bulan.tapi rasa pengen punya anak kami sangat menggebu.nahh yang inin ku tanyakan setiap habis melakukan hub suami istri sperma suami yang telah masuk ke vagina saya selalu keluar walaupun saya sudah mencoba untuk tidak langsung bangun setelah berhubungan dan mengganjal dengan bantal..nah apa itu juga bisa menyebabkan kenapa sampai sekarang saya dan suami belum dikaruniai anak?
terima kasih mbak..

22. isma rosita - May 5, 2010

assalamualaikum
mbak aku baru gabung ni…
mau tanya n cerita…..aku nikah baru 6 bulan.tapi rasa pengen punya anak yang inin ku tanyakan setiap habis melakukan hub suami istri sperma suami yang telah masuk ke vagina saya selalu keluar walaupun saya sudah mencoba untuk tidak langsung bangun setelah berhubungan dan mengganjal dengan bantal..dn saya juga sudah minum susu calon ibu hamil,yng jd pertanyaan saya kenapa sampe sekarang kami masih lum juga dapet ank.
terima kasih mbak..

23. ar_diasti - May 17, 2010

Salam kenal,,,,,
Aq ratna, ud mnkh 1 th 3bulan. Tahun pertama mnkh emg sngaja u/ ditunda tp smnjak awal taon ini uda mulai gencar2nya buat ank (ud 5 bulan ini).
Tp sampe skrg blm jg mbuahkan hasil. Kdg suka iri liat tmn2 yg begitu mudahnya mdapatkan kehamilan. Bahkan aq pernah putus asa knp Allah g adil? Tp stlh itu aq sadar, klo aq hopeless Allah g akan ksh ksmpatan. Skrg ini aq terus tumbuhkan pikiran positif kalo AQ PASTI HAMIL!!! Walopun kadang suka parno sndri jangan2 rahimku knp2 ato ada yg g beres ma tubuhku.
Smg lwt blog ini aq bs dapetin “recharge energy” spy pikiran positifku bisa menjadi kenyataan
Thanks….

24. naya - May 18, 2010

assallamuallaikum mba..
aq naya, aq baru menikah 7 bulan tp aq ingin cepet2 hamil seperti mba isma, tp jgn kan hamil, datang bulan aja aq ga teratur, padahal udah cek ke dokter tp ktnya baik2 saja, hanya hormon yg ga stabil, gimana yah mba baiknya??apa aq harus konsultasi ke dokter spesialis fertilisasi??seperti saran mba untuk program kehamilan??
baca komentar2 disini aq jd sedih sendiri, diluar sana banyak yg melakukan aborsi pdhl ternyata masih banyak yg sangat menginginkan kehadiran seorang anak. semoga doa qta semua didengar oleh -Nya, Amin.

25. shanty - May 20, 2010

salam kenal ya mbak.

mau sharing nih sm mbak2 yg sdh lebih pengalamanhe..he..

aku shanty baru nikah 6bln yang lalu.
tapi smp skrng blm jg di kasih kepercayaan untuk mendapatkan kehadiran seorang baby.padahal suamiku, mertuaku, papahku pengen cepet momong baby..aku jg khan kerja bkn ibu rmh tngga aja..tgl di BSD tmpt kerja di fatmawati..apa mungkin stress bisa berakibt blm pny turunan ya..palagi tiap kerja ku bawa kendaraan roda 2..

hualah..jadi curhat!!gmn ya mbak2 spy cpt n solusinya ya mbak2ku yg cantik…

thanks ya..

26. dina - June 1, 2010

salam kenal….

mau curhat2 nich
aku wanita berumur 26 tahun udh menikah 1 tahun 2 bulan..tp sampe skrng belum dikarunia anak..udh 3 dokter aku datangi..tp blm hamil jg..aq dah di HSG alhamdlillah hasil nya tidak ada penyumbatan,tp pas suamiku di periksa sperma,ternyt gerak,maju,lambat tidak sampai 50% dan bnyk yg mati 65 %,terkadang aku suka nangis ngedengar orng yg hamil,dan kl ada org yg bertanya :udh hamil or belum” aku sedih sekali,ap lg sekarang kk ku 2 orng lg hamil jd tmbh sedih,stress bisa jg ga ya terhambatnya kehamilan?ap ganti2 obat itu membahayakan organ tubuh,secara obt itu kan terbuat dari bahan kimia?dan masalah spermanya,apa ngaruh kl kecapean dan naik motor membuat sperma jadi panas…dan memang kl berhubungan itu mesti sama2 saling keluar?

27. cili - June 28, 2010

dear mba slam kenal jg yach,,
aq bru nikah krang dr 5blan,,tetapi mpe skrg ko blm jg hamil y mba.pdhal blan kmren smpet telat 3 hari ttpi g jdi,dan diawal blan smpet tlat 4hari tp g jd..
aq bgung mba aq sdang program dr tp hy br melalui obat sja penambah vit.E apakah berpengaruh bsar y mba???memang si jd sensitif kl ad yg brtnya krna tmn2 yg br pd nikah sdh bs cpt hamil,,
aq jadi kasian jg sm mertua aq yg slalu berharap aq bs cpt isi,tp aq jg ud usha mba.aq dan suami sm2 bkrja dan plng naik mtr trus ap brpngaruh bsar tidak y?

28. Ayu yulistiana - July 7, 2010

Dear mba salam kenal.
Aku udah nikah selama 1,6 thn tapi sampai sekarang blm juga ada tanda-tanda kehamilan, 3 bulan aku pernah USG ke Rs. Fatmawati dan diperiksa oleh Dr.Agus, dia bilang baik-baik aja, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan itu datang. kadang aku merasa sedih karena teman-teman aku yang menikahnya baru 1 bulan saja sudah bisa hamil. aku iri sama mereka yang begitu mudah mendapatkan baby.
Aku disarankan untuk HSG tapi berdasarkan pengalaman teman yang sudah pernah ikut program HSG ktanya sakit jadi aku takut untuk mengikuti program itu..
Apa benar yah HSG itu sakit bgt?
(jadi Curhat nih!)

29. Ayk - July 7, 2010

drhikadewi, kokom, Pipit pitriyani, rina, asrianti, alua, isma rosita, ar_diasti, naya, shanty, dina, cili, Ayu yulistiana : maap ya, aku balesnya lamaaaaaa banget, udh basi belum ya kira? sekarang pada gmn kabarnya?

jawab dari belakang dulu, ayu yulistiana : aku belum pernah HSG say, yang pernah itu hydro, ga kerasa apa2 sih krn dibius hehehe… kalo emang mau HSG jangan dipikirin sakitnya deh, pikirin aja demi baby nya, apapun akan kita lakukan :)

30. Ayu yulistiana - July 12, 2010

kabar baik nih!
Kalau hydro itu diapain yah?
Maaf coz masih awam masalah ini.
xixixixi

31. kartika - July 12, 2010

iya bener jgn mikir macem2…gara2 kbanyakan baca yg nggak2 d internet malah jd parno
bbrp minggu lalu gw sempet HSG kok….baik2 aja
sakit sdikit ya wajarlah secara alat dmasukin k miss V, tapi udah kok gt aja ga usah terlalu tegang. udahnya jg jalan2 ke mall hehehe

32. Ayk - July 13, 2010

Ayu, kalo hydro bisa baca2 disini say : http://bundawannabe.wordpress.com/2008/12/10/hydro-pertama/

Kartika, yup bener…asal ga tegang aja ya, pasti ga sakit. aku yg hydro ke2 juga setelahnya bisa pulang naik motor & mampir wisata kuliner dulu hehehe…. pdhl waktu yg pertama tatuuut banget sampe nyiapin cuti dari kantor (gara2 browsing ada yg bilang sakit tuh jadinya parno duluan hehehe)

33. Ayu yulistiana - July 14, 2010

Mba Kartika, Cerita HSG ini berdasarkan pengalaman teman dekat aku jadi mau ga mau di percaya deh klo HSG itu sakit. Tapi demi mendapatkan baby aku akan berusaha tahan sakitnya. thx yah support nya and salam kenal!

Mba Ayk, Thx atas infonya jadi tambah pengetahuan nih!

34. Ny. Baskoro - July 15, 2010

dear mba…ikut share ya…
aku nikah hampir 2 thn tp blm hamil jg. aku udah kedokter cek HSG, tes hormon..hasilnya aku gpp, tp suami spermanya kualitasnya kurang bagus,geraknya lambat.skrng aku masih berobat ke dokter..tp dari mertua disaranin jgn ke dokter, aku dikasih info ke alternatif, jadi pusing aku mba..mau focus ke satu pengobatan dlu, tp gak enak nolak saran dari mertua, gmn ya pdhl aku jg lg berobat ke dokter.

oya mba ayk bisa hamil krna program dr dokter ya?dokter mana mba?udh brp bln mba? selamat ya..seneng dengernya..mudH2AN sya bisa nyusul hamil. amien

35. Ayk - July 16, 2010

Ny Baskoro, hehehe saya tau rasanya jadi seperti kamu bu, dicoba dulu aja alternatifnya seperti apa, make sense nggak, kalo terlalu aneh ya ditolak pelan2 aja.
trus iya, pas saya hamil itu lagi program di Dr Iam (sekitar 3 bulanan program), cuma abis itu keguguran. skrg belum isi lagi. doakan ya…

36. Diny - October 23, 2010

Mbak ikut share ya….
Aq ibu 32 thn 1 anak usia 8thn… Saat ini al program hamil anak ke 2… Sbelumnya aq akseptor kb suntik 1 bulanan slm 3,5thn, suntik terakhir tu 2 maret 2010 smpe skr blm hamil jg pdhl dah 7bln tnp kb. Berapa lama ya stelah stop kb suntik bs hamil lg?

37. dee - November 2, 2010

lam kenal ya..
lega dey pas googling nemu page ini.. bener sie, saat kita menemukan temen yg senasib, rasanya relieve ya.. jadi semangat, motivasi dan pengen huugs.. umur saya 28th, udah 10bl nikah, belum hamil, pdhl dah pengeeen banget, apalagi liat temen2 yg baru pada nikah, dah hamil duluan hiks.. pas baca ini kepikiran juga bwt baby program, ya spt saran mba, tgu 1th dulu ya.. ada dokter yg recommend ga? yang dah berhasil gitu? thanks yah.. ^ – ^

38. arif - December 1, 2010

saya dah 3th nikah blum juga nih,dah kesegala dokter

39. titin - December 14, 2010

lam kenal ya buat semua…
sy titin, udah nikah 1.5 tahunan dan selama itu kami memang pengen tunda hamil dengan beberapa pertimbangan. Nah skrg kami lg pengen program u hamil…
sy mw tanya biasanya klo sy haid tu sering pusing kyk kurang darah gt, kr2 ganggu program kehamilan ga ya? mhn dengan sangat untuk sarannya…
terima kasih ya…di tunggu sarannya

40. wari - January 8, 2011

wah..trnyata bukan aku saja yg pengen cpt pnya momongan tapi belum dikasih ama yg di atas..ada rencana sih ikut program…tp ntar..smntara usaha sendri dlu minum herbal pucuk kurma ‘n bela2in nitip kurma mentah k org yg mo umrah..moga doa kita cpt di ijabahNya..amien

41. RinaOkta - January 13, 2011

terimakasi ya mba infonya, mohon doa’nya pada semuanya, mudah2an saya dan suami secepatnya di kasih keturunan sama ALLAH SWT, tentunya keturunan yang soleh/solehah, baik secara fisiknya mentalnya juga akhlaknya..amin…

42. ulfadani - February 26, 2011

makasih infonya yach…..semoga saya dan suami secepatnya diberi kepercayaan untuk segera d beri momongan sama Allah,dan kebetulan saya dan suami juga hanya ketemu tiap 6 bulan sekali karna pekerjaan suami yg d luar pulau….mohon do’anya yach….assalamu alaikum

43. wilma - March 25, 2011

Salam kenal ya mba, aku wilma. Dah pengen punya baby nie.. Ijin bikin link blognya mba ya ke blogrollku. Makasih buat share nya

44. kikyhayat - May 13, 2011

halo…salam kenal mbak. senangnya punya banyak teman yang senasib. aq dah nikah 1 tahun 6 bulan. pernah di USG hasilnya normal trus dikasih obat dalfarol dan profertil tp sampe skrg blm hamil juga. rencananya aq mau program lg ke dokter kandungan yg khusus masalah infertil. mbak selama 3 bulan program hamil, tahapan apa aja yg mbak dah ikuti sampai mbak bisa hamil…semoga qt semua cepat2 diberi kehamilan ya mbak..

45. lily - May 17, 2011

mb makasih ya telah sharing ttg program hamilnya. saya li2 udah nkah 6 bln. udah ngebet punya anak. tapi ampe sekarang belum hami juga. ngerasain telat aja belum pernah. mens malah maju terus. setelah membaca pengalaman mb n komen temen2 semua jadi semangat lagi utk ke dokter. Insya Allah pas mens hari ke 3 (kamis) saya ke dokter. kira2 nanya apa aja ya mb? trus diapain aja ya? suka bingung seh ke dokter ngapain aja? kenapa pas mens hari 1-3 ya? salam kenal ya. tks.lily

46. FINA - May 26, 2011

ass..
maaf mb2..sy ikut bergabung ya..ingin bgt share..
aku uda 1thn 2 bln menikah tp blm punya anak..
mb ayik..bagi2 tips n resepnya ya??doa2 nya jg klu punya..
aku n suami uda pgn bgt hamil mb..
tipa kali aku mens suamiq sllau gmn gtu??spt sedih gtu..stlh cek k dokter aku kena PCO, suami uda lab sperma tp blm q kasi k dokter hasilx cz blm smpat..
nah bln ini q telat mb uda hampir 3mggu,suamiq d sng bgt,tp wktu d test negatif..suamiq lgsg sedih..n otomatis ak jg sedih bgt..aku uda program hamil mb..n hasilnya berat bdnq naek 5kg..hhhehehe..

tlg info n share nya ya mb2…
makasi
FINA

47. sylvi - July 30, 2011

hi,,salam kenal yah…
saya juga udah nikah 11 bulan,tapi belum ada tanda tanda hamil nih. malahan belakangan ini mens jadi gak teratur sering telat,tiap bulan selalu ada flek padahal baru aja mens dan nafsu makan juga berkurang. banyak yang bilang setelah nikah saya malah jadi kurus banget,mungkin karena stress kali yah…hehehe (koq jadi curhat). suami saya cuek banget,padahal saya butuh banget dukungan.. temen-temen smua ada tips ga yah biar saya cepet hamil……..

48. ria ratna ningrum - September 18, 2011

ass. salam kenal ya mb ….
saya Ria..
udah 10 bulan ini kami menikah , kemarin bulan ke 5 sebenarnya sudah dinyatakan positif , lalu selang 2bulan keguguran. sampai sekarang belum ada tanda – tanda kehamilan lagi …
Jadi dapet support baru dari teman – teman semua..
Saling mendoakan yang terbaik untuk kita semua …
amiiin ya Allah … semoga berkah and barokah ..

49. dyadiary - September 20, 2011

Salam kenal jeng
(panggilan bahasa jawa untuk wanita2 super)

Iseng tadi searching soal kehamilan (baca: pengen hamil), nemu ini deh.

Gmn Jeng,
kok lama gag nulis lagi
Aku jg punya mssalah yang hampir sama.
Kalo yang lain baru bhitungan bulan ato 1-2 tahun,
aku dah hampir 4 tahun menikah.

Suami masih jauh, jadi masih bingung kapan bisa mulai program.
Ya semoga Tuhan segera memberi kita kepercayaan dan amanah anak yang baik dan sholeh, sholehah. Amin

50. Ayk - September 20, 2011

-maaf ya komen nya yg terakhir-terakhir aja, kalo komen dari awal takutnya udh ga related dan basi-

Ria, semangat ya say, I know how you feel, aku sendiri sampai sekarang (sudah 2 tahun lebih) kayaknya masih belum bisa sembuh benar dari trauma pasca keguguran. mari saling mendoakan biar segera diberi kepercayaan lagi untuk hamil sampai melahirkan anak anak yang sholeh/sholihah.

Dyadiary, hai jeng…salam kenal juga ya. Nampaknya kita senasib, aku juga udh 4 tahun lebih menikah (hampir 5 thn malah), trus kemaren2 sempet LDR 2 tahunan jadi ga ikutan program apa2. Skrg baru mulai lagi program, mudah2an bisa mulai nulis dan sharing lagi disini, masih mengumpulkan semangat nih, huff…hufft…hufft….

51. Idia - September 26, 2011

siang semua….mau bertanya (sharing dong) aku berumur 28 tahun dan menikah sudah 2 tahun…sebelum program kehamilan aku periksa ke berapa dokter untuk mencari opsi….di dokter A aku di vonis kena kista dengan diameter 5cm….karna panik aku kedoketr B dengan membawa hasil usg dari dokter A…kata dokter B klo dilihat hasil usgnya dokter bilang sama aku kena kista….setelah diUSG oleh Dokter B ga ada kista atau apapun…semua bersih dan sehat…dan akhirnya aku kedokter C pada dokter C juga ada Kista yang sudah membesar 8 cm malahan…dokter C aku dikasih resep (maaf lupa nama obat) yg pasti buat ngatur masa menstruasi aja sie….sampai 2 bulan dan bulan selanjutnya langsung disuruh program kehamilan tahap pemeriksaan sudah kami jalankan semua dan bulan selanjutnya di kasih resep obat Fertin 10 tablet pemeriksaan di hari kedua menstruasi pun kami lakukan setelah komsusi resep tersebut ….alhasil dng dokter yang sama kami dikasih resep yang sama pula dengan quantity yang lebih banyak 15 tablet.pada saat saya komsusi yang tahap dua dengan jadwal berhubungan yang dokter sarankan…buah dada saya terasa membesar n sakit…muka saya berjerawat…yang saya mau tanyakan apakah memang itu efek dari komsusi obat tersebut???? ko efeknya pada tahap kedua tahap pertama saya komsusi tidak ada efek apa2 malahan ..seberapa besar kemungkinan bisa berhasilnya????

tetep semangat buat semuanya…
usaha apapun yang kita lakukan sudah ada perhitungannya oleh allah swt dan pasti ada rencana indah di balik semuanya….chayo sis…

regards

Idia

Ayk - September 28, 2011

Idia, jadi penasaran, itu 3 dokter bisa punya diagnosa yang berbeda dari hasil usg apa ya, usg perut atau usg TV (TransVagina)?
Soalnya aku pernah nih bandingin hasil usg (usg perut aja sih) di beberapa rumah sakit.
Di rumah sakit A pake USG merk Honda electrik apa gitu, trus di rumah sakit B pake merk GE, di rmh sakit C pake merk cina ga jelas. Dan memang hasil USG nya jauh lebih jelas yang Honda, yang GE lumayan, tapi yang merk china enggak banget deh, bureeeemmm…jadi kemungkinan salah memahami hasil USG juga lebih besar.

Trus obat buat ngatur mens itu termasuk obat-obatan hormon ya, biasanya obat hormon efek nya memang Afgan alias sadis.

52. Idia - September 28, 2011

mba aku sie ga pernah mastikan merek mesin usg…cuma itu hasil dari usg perut n TV(transvagina) dari beberapa dokter n rumah sakit…

nah itu dia obat itu kayanya pengaruh ke hormon juga…sempat dikasih 2 kali…n sekarang menstruasinya normal, setelah itu dikasih fertin mba….sekarang mukaku hancur penuh dengan jerawat…tapi its ok….sie mba..muda2han ada hasil yang indah…amien allahuma amien…

Ayk - September 28, 2011

Idia, soal jerawat sih sama ya, muka ku juga pernah tuh full jerawat kecil kecil pas lagi program hamil, minum apa ya waktu itu lupa nama obat nya. Setelah stop program, akhirnya aku bersihin dgn facial ke dokter kulit.
Tapi kalo program yang sekarang sih alhamdulillah ga ada efek ke jerawat.

53. desi - November 21, 2011

salam kenal,blh kn sya ikut gabung.saya mau sering.saya suda hampir 7 thn berumah tangga,tpi blm di karuniai anak.saya igin tanya gimana tips biar hamil ya.

Ayk - November 22, 2011

Halo mbak desi…udah pernah periksa ke dokter kan? hasil periksa nya ada masalah nggak mbak? kalo hasil nya nggak ada masalah kayaknya tips cepat hamil nya sering sering bikin “PR” deh, terutama pas masa subur, biar peluang terjadinya kehamilan juga besar (dan yang penting berdoa pastinya ya).

54. Anto - November 26, 2011

Hati-hati pemegang Polis PruMed dari Prudential. Ini pengalaman saya dan Istri.

PT Prudential atas penolakan polis istri saya No. Polis: 35100196 di RS Hermina Jatinegara Jakarta Timur 23-25 Nopember 2011, tindakan medis yg dilakukan oleh pihak RS adalah Laparoscopy Operatif Hidrosalping dan pelengketan juga pembengkakan saluran ovum juga operasi adanya polip (tumor jinak) di rahim. Pihak Prudential menolak seluruh biaya operasi, perawatan, kamar, dokter bedang, dokter kunjungan, sewa ruangan OK dan alat2 OK, obat-obatan dengan total nilai lebih dari 30 juta rupiah dan Saya selaku suami dari pasien harus membayar dengan uang sendiri. Istri saya merupakan pengguna jasa Prudential sejak tahun 2009 hingga sekarang dengan membayar premi Rp. 500.000 per-bulan.

Klausa penolakan Prudential melalui Internasional SOS adalah: “Perawatan yang berhubungan dengan kehamilan/upaya untuk hamil, termasuk melahirkan, diagnosa dan perawatan ketidaksuburan, keguguran, aborsi, sterilisasi (vasektomi/MOP dan tubektomi/MOW) dan kontrasepsi, metode-metode pengaturan kelahiran, pengujian atau pengobatan impotensi, termasuk semua komplikasi yang terjadi karenanya, atau….”

Apa yg diderita oleh istri saya adalah:
1. Polip Rahim; yg disebabkan infekti atas rahim/jaringan yg mempunyai sifat tumbuh yg berlebihan. Secara pastinya Polip rahim itu akan berakibat nyeri diperut, pendarahan yang sangat luar biasa saat haid/berhubungan seksual, memberi ruang bakteri masuk kedalam rahim/salurannya, penyebab pastinya sampai sekarang belum diketahui dan berpotensi menyebab kematian.

2. Dari hasil pemeriksaan LAB HSG oleh RS Bunda Menteng Jakarta, Tuba Kanan Non Patent dan Tuba kiri Hidrosalping, pipus vagina ditemukan protozoa parasit Trichomonas vaginalis. Dan kemungkinkan menurut Dr. Rizka di RS Bunda, bakteri yg masuk menyebabkan pelengketan dan pembengkakan di Tuba kiri dan kanan. Untuk itu harus dilakukan operasi Laparoscopy Operatif. Akhirnya, istri meminta 2nd opinion di RS Hermina Jatinegara dengan Prof. Dr. ALi, hasil diagnosa HSG dan USG tetap sama dengan Dr. Rizka, harus dioperasi karena sudah kritis, bila pendarahan secara spontan dan terus-menerus akan mengakibatkan infeksi akut dan kematian.

Operasi dilakukan di RS Hermina Jatinegara 23 Nopember 2011 pukul 20.30 – 23.30 WIB, dan Polip Rahim berhasil diangkat juga pembengkakan pada Tuba kanan berhasil dibuat saluran baru serta cairan didalamnya berhasil dikeluarkan dan pelengketan berhasil dibersihkan.

25 Nopember 2011, Pihak Prudential melayangkan penolakan klaim istri saya ke RS Hermina dan saya membayar semua biaya RS dengan uang pribadi. Untuk meminimalisir biaya membengkak, akhirnya 25 Nopember 2011 pukul 16.30 saya merawat istri saya di rumah.

Anto
Depok Jawa Barat
+6281382569905

Ayk - November 28, 2011

Pak Anto, turut prihatin dengan yang menimpa keluarga bapak, dan terima kasih sharing-nya. Terus terang saya kurang tau soal prudential karena memang tdk menjadi peserta, namun dari asuransi yang saya miliki (dari 2 provider yang berbeda), yaitu dari kantor saya sendiri dan kantor suami, kedua asuransi tsb tidak meng-cover untuk program kehamilan dan yang berhubungan dengan infertilitas (termasuk tindakan Laparoskopi).
Salam untuk istri bapak, mudah-mudahan segera pulih kembali.

mrsaryanugraha - September 11, 2012

Untuk masalah Prudential setahu saya, kalau cari asuransi jangan digabung dengan investasi. FYI, Prudential Unit Link itu gabungan dari asuransi jiwa dan investasi. Jadi hasil yang di cover untuk kesehatannya, gak akan maksimal kemungkinan hanya dibayar per kamar.

Saran saya, di baca dengan maksimal polis yang dipunya, karena gak semua asuransi cover untuk kehamilan.

55. Synta - December 3, 2011

Ass Mba…brrti sperma laki2 yg qualitasnya Lg bgus itu Pd saat 3-5 hari ya?tp saya pernah baca bahwa apabila tdk berhubungan sex lbih Dr 3 hari akan merusak qualitas sperma.dan berhubungan sex stiap hari akan mnambah kualitas sperma…sblm nya trimksh!

Ayk - January 17, 2012

Mbak synta, kalo pengen tau kualitas nya sih sebaiknya memang test di lab, karena tiap orang bisa beda beda. Kalo saya selama TTC berusaha berhubungan reguler 2-3 hari sekali saat menjelang dan sesudah masa subur, serta 1-2 hari sekali pada masa subur.

56. ratisa - January 13, 2012

Jadi asuransi apa yg bisa mencover program kehamilan dan yang berhubungan dengan infertilitas (termasuk tindakan Laparoskopi) ?

trs yg dimaksud 3-5 hari dari waktu apa ?

mohon sharing nya…

Ayk - January 17, 2012

Mbak ratisa, waduh saya kurang tau ya soal asuransi, selama ini asuransi pake yg dikasi kantor aja, jadi nggak bisa milih benefitnya.

3-5 hari maksudnya umur sperma kah? sudah dijelaskan di postingan diatas kan, maksudnya sperma jangan dikeluarkan dulu selama minimum 3 hari, dan maksimum 5 hari.

57. sinta - January 17, 2012

ass…..
mb’ q jg pngen cpet dpat mmongan…nee…
wktu q smpat hamil 2bln hbis thu kgguran… dh 4 blan dri kggran thu q lum hamil..
mertua q sangat ingin menimang cucu dri kami…. y wlwpun umur saya msih muda tp..kcian swmi saya yg beda 10 thun dri saya….
doain saya y biar cpet hamil…. n
thx

58. nur ulima - February 16, 2012

sy dah 13 bln nikah usia sy 30 thn suami 50 thn. Tapi sy blm dikaruniai anak, udah alternatif kemana mana sejak 3 bln nikah tapi blm juga dapat keturunan. Saya bingung mesti gimana lagi… Mohon bantuannya ya..

59. Ayk - February 21, 2012

sinta dan nur ulima, di doa in ya supaya pada cepet hamil, AMIN.

eh mbak nur ulima, sudah coba ke dokter juga kan? biasanya treatment dokter kan disesuaikan dengan kondisi pada suami + istri, usaha terakhir yang bisa dilakukan sih (kalo menurut saya nih ya) adalah inseminasi dan bayi tabung.

60. RieKka - February 21, 2012

Hallo Mba’ Slm Kenal Ya …
Aq Rika , Usia’Ku 23 Aq Udah Punya Anak Usia 5Th ..
Slma 5Th Aq ƍä Ikut KB Tp Heran Ko’ ƍä Hamil” Ya , Knp Ya “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮
Skrg Aq Rencana Pengen Hamil Lg …
Mohon Saran Ya Mba’ …

61. imelda - March 6, 2012

Hai semua salm kenal,,sory br gabung ni.
Say ak pengen tanya dund.Hr terakhir mens tgl 26.Terus ssetelah mens ak berhubungan,and sore harinya ak mual2 terus sampai sekarang.Diserrtai pusing jg.Ap in tanda2 hamil ya?Terus masa suburku tgl brp say?

62. momo - March 9, 2012

halo mb..aq momo salam kenal

63. momo - March 9, 2012

mb aq dah nikah 7 bln ni tp jg blm dpt momongan..klo makan sari kurma+vit.E bisa meningkatakan kesbran g mb?trs posisi yg tepat tk berhbngan apa biar bisa cepet hamil?trimakasih ^_^

64. sary - March 22, 2012

Bgaimna dngan yg sdh hampir 2 thun mnikah! Tpi blun di karunia anak!! N sya hampir ptah smangat untuk it

65. Risti - March 24, 2012

Aslmkm mbk ayk,,,slm knal ya,,setelah aku ikutn dsni aku merasa dapat kebahagian y terindah wl pun udh setahun menikah tetapi belum dikaruniai momongan…jd mohon nasehat dan masukanya.trims

Risti - March 24, 2012

Mbk ayk,,kirimim aq ya doa supaya bs hamil,selain berusaha jg..iihhiiii…;)

66. Wen - April 20, 2012

Sblum y SYA BRTrma ksiH bu ..JUJUR sya sdiH byak orng YG blng LW sya th MANdul PDHl sya bloM lma brumah TNgGA loM hmPiR stahun ,BU sya ngR5A LOm B5A bhagyn SUami sya pdhl dya pngn BGT pnYA KTRUnan .BHKan GK CMan DYA .drI ortU.saudarA .BHKN ibu MRTua..udah BNYak TIFS yg SYA IKUtin DRI cra brhbngn,.dri mKANan,,vi smua y GK MEMbuahkn hasIL BU .mlh YG ada KCEWa STIAP tlat smingGU ..sya dah NGr5a sneng VI stlah D tes HSil Y negatif ,TRU5 BSOk2 Y sung DTNG bulan .hru5 gmN lge yc ,

67. Kautsar Puji - July 7, 2012

Dear mba Ayik,,
aku baru menikah 4 bulan, tapi ingin cepat punya anak karna suami anak semata wayang. Apakah terlalu dini untuk mendatangi dokter dan memulai program? Kakak2ku menikah masuk bln ke 2 sudah hamil, mensku juga gak ada masalah. Terus terang agak parno nih karna suami termasuk over weight. Makacii…

68. NURJANAH JUGA SITI - July 13, 2012

hallo mbak…q udah 2,5 thun ne menikah tp blum dksih momongan…jd ngerasa gmn githu low ditanyain ma tetangga tentang anak…kira2 ap q harus periksa ke dokter…

69. Nofi Setyaningsih - August 8, 2012

Setelah 10bulan menikah saya belum juga hamil kalo secara alami jujur saya hampir tiap malam kecuali lagi mens,kalo untuk kedokter memang blm mencoba,,saya memiliki pertanyaan nih,suami saya perokok berat dan gaya hidup yg kurang sehat seperti malam dia slalu begadang dan tidur di siang hari apa itu juga mempengaruhi hasil kandungan sperma??

terimakasih untuk jawabannya,,,,

70. anggy - August 13, 2012

lam kenal muax,sya anggi,mbak aq dah 3blan nikah n aq ma suami progam gar c4 hmil,sya selalu berhbngan dsaat masa subur,bln juli kmren tgl 26 sya mens n dblan berikutx sya keluar flek pai bnyk,sya sama suami udah kbidan katax udah terjadi pembuahan,sya sama suami udah seneng bngt,tpi stelah dpet 2hari sya malah mens lgi,mhon solusix……..

71. Lilik - September 18, 2012

aslm, salam kenal mbak-mbak, mau ikutan gabung, lagi pengen ikut program juga, tp butuh teman2 buat sharing, biar tambah semangat hehe

72. devi evina - October 16, 2012

Salam kenal devi,minta doanya y aku besok mau di hsg semoga semua berjalan lancar dan cepet di beri baby آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

73. tips hamil cepat - November 11, 2012

Quality content is the key to attract the viewers to pay a visit the web site, that’s what this web site is providing.

74. Anik widayati - November 23, 2012

Alo jeng,
kut gbung y.
Q jg lg promil ni,tp d doktr ..SpoG ja,ga pake Kfer,ga thu c..
Uda abs HSG,hslny bgus,ga da sumbatan,cm rhmny kblik..,tp infony ga pa2,ga pngruh ma ksburan.
Sperma swa krng bagus.
Skrng mlh dsrh diatermi.
Jd bngung,kan ga ksumbat. Gmn y?
Kl dok. Yg spesialis ksburan cow. Apa y nmny?

75. mrs. endahriawan - November 27, 2012

@Anik widayati hallo mba anik salam kenal… slm kenal jg bwt mba ayk, mba mela n mba2 semua yg senasib sepenanggungan :)

bwt mba anik, sya pernh ke dktr spog n pas usg ktx rahim saya retro.. kepikiran donk pasti soalnya dklrga bsr saya ngga ad tuh yg pny rwyt gt. Dh gt mlai dr nenek,ibu,tnte n sppu2 klw biz merid pasti dh lngsung hamil (jd curhat dh hehe). Nah sya dah 5 bln nkh blm hamil jg. Hiks

Trus sya cba lg kdktr kndungan yg lain n hasilx rahim sya normal n ga terbalik. Aneh kn.. kalau saran saya mba anik cba dcek ke dktr kndungn yg lain krn kdng hsil diagnosa dktr beda2.

Mudah2n qta smua yg ad dblog ini segera dbri momongan yg soleh soleha.. amiiinnnnn

Mksh doa2nya y mba ank :*

76. arka - March 22, 2013

Blh rekomen dokter spog? Thank

Imut - March 26, 2013

78. Imut

Hai mba Ayk, aku juga baru menikah 1th 1bulan udh pengen cepet punya momongan, udh USG Tv katanya baik2 aja, tapi dr. tetap menyarankan utk HSG dan ternyata utk HSG biayanya cukup mahal yaaa, apalagi aku risih jiga dr HSG cwo.

Pertanyaan ku, apakah mesti HSG ya mba? padahalkan dgn USG Tv sudah kelihahan Alhamdulillah baik2 aja…apa tidak bisa pake obat2an saja ya mba?

Terima kasih

Ayk - April 1, 2013

Imut, beda say HSG sama USG TV, coba buka buka blog ini yang cerita tentang HSG, dokter radiolog ku saat itu cewek loh

77. Erni - April 10, 2013

Haii salam kenal, aq dulu juga lumayan lama dapat anak, dan akhirnya ikutan program dgn dr. yakoeb-dir sam marie. memang program itu harus diimbangi dengan do’a dan financial juga. Sudah ikut smua cek lab/mikrokuretas/hsg dll terakhir aq divonis kena Antibodi Anti Sperma, sehingga harus imunisasi lekosit suami (ILS), 3x ikut ILS ga ada hasil n kebetulan dana sudahampir habis. akhirnya kami memutuskan u rehat sejenak dari program hamil n beralih ke obat herbal spt habatussauda, virgin oil n propolis juga bener2 makan sehat (ga ada junk food & makan minum yang berpengawet & soda). Alhamdulillah 2 bln kemudian sy hamil. yg sy ingat waktu itu adalah sebelum berhubungan dgn suami, kami b2 sama2 dalam keadaan rilex (kami b2 abis d pijat) dan cuti.
Jadi, klo menurut saya ga ada salahnya u coba persiapkan bulan madu k2 dgn suami dengan sebelumnya juga ikhtiar ke dokter, minum obat herbal juga dan pola makan sehat. insya Allah segera hamil :) Amien.
Oia kebetulan sekarang sy sdg hamil lagi yg k2 dan ga pake program2 segala.
Sukses ya buat para moms to be,, chayoo insya Allah segera hamil :D

Ayk - August 16, 2013

Setuju banget sama mbak Erni….banyak denger juga kisah “sukses” sepulang dari honeymoon kesekian…

78. primz - April 22, 2013

Hai… salam kenal mba ayk.. seneng nemu blog ini, bertemu dgn para moms wanna be.. Saya sudah 2,5 tahun menikah dan belum pernah hamil,,keduluan hamil sama adik saya dan adik suami yg belum sampe 1 tahun menikah. Rasanya gmn gtu keduluin 2 adik sekaligus, tapi turut senang dan exited dgn kehamilan mreka.

saya baru konsul ke 2 dokter kandungan, tapi ga ada yang berlanjut karena belum nemu dokter kandungan perempuan yang informatif. Skrg sedang mau memulai program hamil n mulai searching2 lagi dokter2 kandungan perempuan d bogor, jakarta, bandung. Ada rekomendasi?. Thank b4

Ayk - August 16, 2013

Wah mbak primz, mohon maaf saya belum pernah ke dokter kandungan perempuan, jadi nggak bisa ngasi rekomendasi. Kalo primz sudah ketemu dokter kandungan perempuan yg recommended, mau dong dishare disini juga.
Makasih

79. Dahlia - June 13, 2013

gie mana caranya supaya cepat hamil say. sy berumur 26 tahun alhmdullah sdh pny anak cwo berumur 4,5 tahun. dan sekarang ingin hamil lgi ank cwe . gimana carax ya mbak.
mohon bantuanx ………

Ayk - August 16, 2013

Mbak dahlia, kalo cara supaya cepat hamil di google sudah banyak tips nya. Tapi saya juga penasaran, perasaan sudah ngikutin semua tips kok masih aja ga hamil hamil ya (waktu itu), hehehe…
Kalo mau pemeriksaan detail ya ke dokter kandungan untuk ikut program hamil.
Mudah2an cepet hamil dan dapat anak cewek ya mbak

80. armila - July 9, 2013

slam kenal mba saya suka gaya tulisan nya,umur saya 21thn ,udh 9bln nikah tp belum hamil,kira2 mba tau gk dokter kandungan yang bagus ddaerah jakarta timur dan kira2 biaya nya berapa mba,makasih..

Ayk - August 16, 2013

Mbak armila, salam kenal juga, terima kasih pujian nya *jadi GeEr padahal nulis blog aja acak kadut tergantung mood gini.
Tapi maaf, saya udah ga update info info tentang dokter kandungan. Mudah2an temen-temen bisa bantu rekomendasinya…

81. Lia - August 15, 2013

Salam Kenal,teman2…,
Saya lia umur 26 th. sy telah menikah 8 bulan tp belum hamil..
sy dan suami berencana punya momongan segera.
Siklus mens saya sebelum menikah 35 hr. tp setelah menikah bisa mencapai 42 hari. Kenapa ya…???

saya dah berusaha mencoba ke dokter. dr. hanya ngasih vitamin, pengobatan herbal (rumput kebar dr papua, sarang semut )dan urut tiap bulan. tp belum ada hasil juga..
saya hopeless…
Suami saya juga perokok berat..

Saya Kerja di sebuah instansi dan dalam perkerjaan saya diharuskan aktif kesana-kemari, naik-turun tangga..
Akibatnya selama kerja dikantor sy slalu mengeluarkan bercak putih (pektai) di CD saya.. tp klo saya kerja dirumah, tidak pernah ada bercak putih kecuali mau mens. kenapa begitu ya mbak….????

Mohon bantuan Infonya mbak

82. Ayk - August 16, 2013

Lia, salam kenal juga. Biasanya kalo belum setahun menikah, dokter seringnya memang ngasih vitamin dan menyarankan untuk alami dulu aja. Dan sebaiknya memang enjoy dulu aja momen-momen berdua dengan suami, insyallah kalo kita rileks kehamilan lebih cepat datang. Seperti saran mbak Erni do comment no. 77 itu, coba honeymoon lagi….

83. winda rizkiani - September 2, 2013

Saya dah n!kah mau 2 tahun,blm jg pnyk momongan,,,saya mau tanyak,sudah 2 bln n! T!ap bln ha!d.”Misal’y gni dah haid 7 hari trs beres,nach baru selesai haid 5 hari trs darah haid’y ad lagi meskipun cuma dikit dikit jg ampek 3 hari,tuch tanda tanda ap ea?

84. yeni - September 26, 2013

mau nanya kalo mengenai costnya berapa tepatnya y?makasih

85. harend - October 3, 2013

Hai bund.. Selamat siang..
Saya menikah 6tahun setengah, blm punya momongan, gak berasa bund, skrg usia saya sudah 30tahun, saya tinggal di jakarta pusat, suami saya beda satu tahun dengan saya, selama ini, saya tes baru sekali di dokter kandungan cm di usg, katanya rahimnya normal. Sementara suami tidak d tes. Stlh itu saya disuruh ttiup hcg apa hsg lupa, tp saya gak mau, krn takut sakit, kemudian saya cari pengobatan alternatif, tp selama ini msh di tukang pijit yg bs gitu dech, sudah berapa kali 6kali, tp pendapatnya sama semua, katanya tempat bayi ada di samping kanan atas, jd gak bs dibuahi, subur sebenernya, kemudian dipijit yg katanya udah diturunin, tp belum jg hamil (sedih) skrg saya mau tanya bun, ada yg tau gak pengobatan di sekitar jakarta pusat, terimakasih bund sebelumnya…

Ayk - February 4, 2014

Bunda Harend,
Kalo saya kebetulan nggak pernah menggantung harapan ke pengobatan alternatif seperti pijat dll. Meskipun tentu saja yg namanya usaha ya saya pernah nyoba juga ke beberapa alternatif.
Tapi yang utama tetep lewat medis. Coba HSG dulu aja bunda. Memang sakit…tapi ga sakit-sakit banget juga kok, masih bisa lah ditahan sambil meringis hehehe… Dari HSG ketauan bentuk rahim kita dan salurannya lancar atau tersumbat.

86. dinayuliyanti - October 14, 2013

Hallo mba ayk salan kenal, saya dina bari merit 1 tahun dan belom pernah hamil..saat ini saya sedang program hamil dan sudah masuk tahap pemeriksaan lanjutan krn minum profertil 3 bln belom brhasil. Saya mau tanya mba jika hasil hsg mengatakan tersumbat, berarti bisa dicoba diathermy dulu ya?

Terima kasih mba

Ayk - February 4, 2014

Mbak Dina,
Kalo mau coba diatermi bisa-bisa aja mbak, coba diskusikan sama dokter spog nya.

87. maula - January 12, 2014

Ciri2 tuba falopi alergi sperma itu sperti ap???ap bisa kt tahu tanpa harus kdokter?

Ayk - February 4, 2014

Sepertinya nggak bisa mbak. Biar jelas memang harus ke dokter.

88. Kepanjangan Spog | Caramanfaat.net - March 5, 2014

[…] Program hamil, apa dan bagaimana tahapan nya?? | Blog-nya … […]

89. elly - April 10, 2014

Sis, kisaran biaya nya kira2 sampai brp ya?

90. Ayk - April 14, 2014

Bunda semua, yang mau ikutan sharing tentang program hamil yuk ikutan acara ini: http://bundawannabe.wordpress.com/2014/04/14/event-ngobrol-ngobrol-cantik-tentang-infertilitas-dan-program-hamil/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 151 other followers

%d bloggers like this: