jump to navigation

Setelah hydro ke-2 : masih non patent January 31, 2009

Posted by Ayk in Trying to Conceive.
Tags: , , , ,
trackback

-menulis dgn tangan kanan masih kaku karena insiden kemaren-

Jadi sebelum proses hydro dimulai kan harus dibius dulu, nah itu ada insiden pas penyuntikan alat buat masukin bius nya. Dicoba di telapak tangan (bagian atas) di sebelah kanan, suster kasak kusuk bisik2 dgn nada kuatir, aq yang ga liat ke arah situ udah feeling so bad aja, dan bener…baru jarumnya dimasukin dikit katanya tangan ku langsun bengkak & biru, ga mungkin diterusin.  Diunyek-unyek terus ama suster nya biar ga makin bengkak, sambil aku crita kalo pas hydro pertama lancar2 aja di sebelah kiri, eh ternyata setelah dicek suster ga berani tusuk di kiri, katanya ada benjolan yg kemungkinan akibat bekas tusukan jarum pas hydro pertama. Mestinya udah ilang sih karena kan udh 2 bulan berlalu, jadi aku dituduh ga suka minum air putih shg pembuluh darah nya tipis. Ye enak aja….kurus2 gini tiap hari lebih lah 2 liter air putih yg kuminum. Jadi kemungkinan emang faktor bawaan, trus aku tunjukin bekas diambil darah buat tes kultur gal 2 minggu lalu yang sampe sekarang masih lebam gosong, kayak bekas KDRT kata suster nya hehehe….

Jadi mesti ulang nyari titik lain di sebelah kanan, kali ini suster lebih seksama milih titik nya sebelum nusukin jarum, ternyata sami mawon, jarum itu juga langsung diangkat lagi karena pembuluh ku pecah, dan langsung lebam biru. Trus suster nyerah deh, katanya udah ga berani lagi, nunggu dokter bius nya dateng aja. Wah makin deg-deg an deh aku.

Nggak lama, ada mas-mas ganteng masuk (mas-mas? iya soalnya dia ga pake jas dokter), aku sempet liat sekilas sih-iya bener ganteng, pantesan suster2 di r.tindakan itu langsung heboh nggodain si dokter (dr. Alfan kalo ga salah namanya, dokter bius). Salah satu suster coba menghibur ku yg justru makin ketakutan setelah dokter nya masuk : “aduh ibu, jangan takut deh, coba liat sini, dokter nya ganteng loh”

Hehehe maaf…aku tidak bergeming, tetep lebih pilih sisi kiri “ganteng sih ganteng, takut ya tetep aja”. Kecuali kalo yg dateng si Dean SN (Jensen Ackless), mungkin ga pake obat bius2an pun, aku langsung otomatis terbius pesona nya hahaha.

Dokter itu masih sempet jawab : “jangan takut dong bu sama saya”.

Lha kalo ketemunya dalam situasi lain ya bisa jadi ga takut, ini setelah 2x gagal di tusuk jarum suntik loh…mana kepikir yang laen-laen. Tapi akhirnya berkat kegantengan kepiawaian si dokter, langsung sukses ketemu titik & berhasil masukin jarum & alat2 apalah itu namanya buat masukin bius nya nanti. Setelah itu si dokter pamitan mau sholat (magrib) dulu, jadi suster nglanjutin masukin obat sedikit di lokasi yang disiapin dokter nya, ternyata setelah bisik2 ke rekan nya sesama suster, katanya titik itu tetap ngeluarin darah, jadi dia ga berani terusin, nunggu dokternya aja deh bu. Haduh proses ini aja berlangsung sekitar 1 jam-an sendiri loh, mulai jam 18.00-19.00, ribet deh pokoknya urusan ama jarum suntik menyuntik :((

Sekitar jam 7an malem, udah mulai ngumpul dokter Alfan, dokter Nandy, sama beberapa suster (5 orang mungkin), katanya tinggal nungguin Prof Iam nya dateng. Suster mulai siap2 pasang selang oksigen di hidung ku, trus penyangga leher, yang langsung kuprotes mentah2 hehehe “sust, kok pake gini2an sih, yg pertama kemaren kan enggak, saya makin takut nih sust”

Kata suster nya : “yeee…si ibu, yang dulu juga pake bu, ibu ga tau kan??”

Trus dokter (ga hafal suara dr Nandy ato dr Alfan) : “ya udah masang nya nanti aja sust”

Udah itu aja yang aku inget terakhir, sebelum kemudian aku mulai tidak sadarkan diri.

Begitu sadar, aku udah di r.pemulihan, udah ada suami ku nungguin, aku nanya ke suami ku gimana hasilnya dia juga belum tau. Jadi aku langsung panggil2 suster nanya hasilnya, katanya tuba ku tetep non patent & kemungkinan setelah ini akan di laparaskopi??? Hah, laparoskopi????? Tidaaaaaaaakkkkk………

Suster ngelarang aku yg mulai gerak grusak grusuk : “Ibu istirahat dulu aja, nanti kalo udah nggak pusing baru bangun”

Nggak lama suster lain  dateng ngasi tau apakah mau nanya2 ke Prof Iam tentang hasil hydro kali ini & laparaskopi, mumpung Prof Iam masih praktek di (lantai) bawah. Aku langsung mengiyakan, tapi kondisi ku ternyata masih sedikit pusing, jadi akhirnya suami ku aja deh yang nemuin Prof Iam. Aku ngelajutin tidur2an. Abis itu ngobrol sama mbak di bed sebelah yang ternyata besok paginya mau operasi Laparoskopi (hemm mbak susi, gimana ya hasilnya, ntar kita sms2an deh, skrg masa aktif pulsa ku abis).

Begitu mas ku balik dia cerita kalo dari sekitar 12cc-14cc cairan yg disemprotkan, cuma bisa masuk 10 cc. Artinya masih buntu kemungkinan di yang paling ujung jauh saluran falopi. Ada 2 solusi yang ditawarkan :

1. Operasi laparaskopi

Kalo mau cepet punya anak,  Prof Iam nyaranin langsung laparaskopi aja.  Tapi nggak harus laparoskopi secepatnya juga, karena kasus ku penyumbatan nya kemungkinan besar di sebabkan oleh infeksi bakteri, bukan endometriosis, kista dll. Jadi kalo nggak terburu2 bisa coba alternatif ke dua.

2. Diathermi 20x trus hydro ke-3

Kalo setelah 3x hydro masih tetep buntu, mau nggak mau harus Laparoskopi.

Ah tidaaaaak, aku sama sekali ga kepikir  2 option itu.

Aku pengen nya malah HSG dulu, biar keliatan jelas lokasi pasti penyumbatan nya. Ada yang punya pengalaman HSG, share donk, enaknya di RS mana dan biaya nya berapa. Kayaknya aku mau nyari 2nd opinion dulu deh, mau nyari dokter dimana tahapan dia adalah nyuruh HSG dulu baru setelah ketauan hasilnya ditiup/hydro.

Kalo Prof Iam kan dari awal langsung nyuruh hdro aja, tanpa tau kondisi saluran falopi melalui HSG. Gpp juga sebenernya biar ga bolak balik periksa, jadi kalo ada yang buntu bisa langsung diselesaikan dgn terapi hydro. Tapi dalam kasus ku yang udh 2x hydro masih buntu aja, aku jadi pengen tau letak masalah penyumbatan nya dimana.

Selain itu juga kepikir pengobatan alternatif, nih lagi browsing2 pengalaman berobat di alternatif buat saluran tuba yang tersumbat. Kalo ada yang tau info soal ini, share juga yaaaaa….

Makasih

Comments»

1. inten - January 31, 2009

halo mbak, aku sering lho mampir ke blog ini (hehhe..tanpa permisi ya). saya dan suami memang lagi program tapi baru bulan ini serius ke dokter. jadi baru tahap awal pemeriksaan aja jadinya. sepertinya justru saya yang harus banyak belajar nih dari mbak karena sepertinya programnya udah lebih lama dan udah melalui berbagai pemeriksaan dan test. semangat ya mbak, kita tidak sendirian kok hehhee..

2. Ayk - January 31, 2009

@ inten
iya sering2 mampir aja gpp kok, kita sharing2 & berusaha cari solusi terbaik. keep contact ya bu!!

3. Pilih-pilih dokter SpoG yuk… « Blog-nya Calon Bunda - January 31, 2009

[...] Pilih-pilih dokter SpoG yuk… January 31, 2009 Posted by Ayk in Trying to Conceive. Tags: program hamil, tuba non paten trackback Mulai cari-cari SpoG lain buat 2nd opinion setelah hydro ke 2 dgn Prof. Ichramsjah tapi masih tuba non paten. [...]

4. uline - January 31, 2009

Aloo..Ayk.. kayaknya mslh kt sama ni! aku jg dah 2x hydro, tp tetep non patent yg kiri. sblum hidro HCG dulu, hslnya non patent tuba kiri, di hydro sekali trs dilanjutin ma 10X diatermi, trs hydro ke2, hslnya tetep yg kiri non patent. drnya nyaranin laparoskopi, kemaren tgl 11 aku laparoskopi, hasilnya malah mengjutkan, dr blg tuba kanan kiri patent kok, ga ada yg tersumbat. nah lho jd bingung kan? cm ni kalo saran aku, mending laparoskopi aja drpd nyoba HCG coz, laparoskopi lbh detail drpd HCG, hcg sama persis kayak hidrotubasi, disemproti cairan berwarna jg, cm bedanya di foto. kalo laparoskopi, dimasukin alat yg di lengkapi kamera miikro lwt puser kita, jd lbh detail hasilnya..ni sekedar sharing aja lho ayk..pokoke keep fighting yagh! don’t give up!

5. uline - January 31, 2009

ups..sori salah tulis..bkn HCG but HSG..kepeleset..maaf ya non :)

6. Ayk - February 2, 2009

@ uline
terus terang aku belum siap kalo musti operasi laparoskopi itu, baik fisik, mental dan yang terpenting kantong hehehe…
kebetulan sempet browsing juga ternyata banyak yg kasusnya kayak uline, katanya non paten, eh begitu di LO ternyata paten & baik2 aja. buat kami (aku & suami ku), tidak ada maaf utk kesalahan diagnosa semacam itu, lah yang dipake “mainan” ini anggota tubuh loh, limited edition asli ciptaan Tuhan, ga ada spare parts nya.

makanya mau coba cari 2nd opinion dulu, krn ada beberapa hal yang bisa bikin diagnosa tidak tepat, misalnya kemampuan si dokter ataupun kemampuan alat (dari segi akurasi, reliability, distorsi dll). sayang nya baik aku & mas ku sama2 ga tau jelas nya bagaimana alat buat hydro itu, seandainya tau kan bisa coba menganalisa, maklum…tukang instrument, suka gatel pengen nginspeksi peralatan instrumentasi medis.

tapi say, berhubung dirimu abis di-LO, jadi..aku doain bulan ini jadi ya bu, mudah2an tokcer langsung hamil AMIN.

7. ika - February 5, 2009

dear ayk,
bukan mo ngomporin nih, tp kaya’y mending hsg dulu ajah. aku abis hidro 2x trus krn tekanan masi tinggi, diminta hsg lagi bwat evaluasi. ternyata saluran kiri yg harapannya tipis malah udah selancar jalan tol, cuma yg kanan masi hidrosalphix, maka’nya kmrn hidro masi tinggi aja, reportnya uda ada di blog. trus dari hsg juga bakal kelihatan apa” yg musti diatasi, selain kita tau perkembanagan kondisi daleman kita. temenku abis hsg baru ketauan ada cairan di rahim. coba aja cari 2nd opinion, tp gak bisa kasi rekomen dokter, maklum masi berkutat di semarang :)

8. ika - February 5, 2009

nambah dikit nih, aku nanya ma dsog’ku kog gak ditawarin diathermi? katanya sih gak perlu, efeknya juga gakbanyak. tapi masi katanya lo… biasalah, satu ilmu beda guru…

9. Ayk - February 6, 2009

@ ika
hehehe bu enggak papa kok ngomporin soalnya emang dasarnya udah “panas” kok dikomporin pa ga. tapi seperti aku bilang diatas, aku emang dari awal pengen HSG dulu kok, mudah2an hasilnya ternyata selancar jalan tol kayak kamu.
soal diathermi, bukannya ngomporin juga nih ya, tapi kayaknya aku kepengaruh juga nih ama pendapat doktermu hehehehe :p

10. DRA - February 12, 2009

Hi Ayk… salam kenal ya sesama mommy wanna be…
Aku malah dah 4 tahun nih merit dan belom pernah hamil. Masalah ku karena PCO dan saluran kiri tersumbat. Mendingan kamu HSG dulu aja…. Dulu malahan aku pernah hidro dan ktnya bagus krn semua cairan masuk dgn gampang. Trus aku pindah dokter, disuruh HSG baru ketauan kl saluran yg kiri non patent plus hidrosalping. Yg kanan alhamdulillah patent. Utk LO jg aku masih pertimbangin nih… tp mgkn bs jd alternatif jg krn lwt LO lbh detail pemeriksaannya.. Ayo kita saling berdoa, moga2 kita smua cepet hamdun yaa…:)

11. Ayk - February 13, 2009

@ DRA
Salam kenal juga ya bu. Wah makin bnyak referensi yg menguatkan nih kalo hasil hydro belum tentu bener, makasih bu, iya periode mens bulan ini insyallah aku mau pindah dokter dan minta HSG.
Kalo yang kanan paten kan bisa coba inseminasi bu, jadi sperm bisa diarahkan ke saluran yang ga buntu itu. Mudah2an kita semua berhasil ya bu. AMIN

12. mmeela - February 15, 2009

Mbak Ayik,
Tahun 2007 aq sempet didiagnosa perlengketan rahim/endometriosis dan dokter bilang harus laparoskopi,klo ga harapan buat hamil cuma 5%.Duh,waktu itu langsung ga smangat deh buat berjuang lagi.Tapi mungkin Allah baru tunjukin jodoh dokterku ama yang terakhir ini cuma dengan HSG (cuma 520rb),trus dikasih penyubur buat aq & suami alhamdulillaah tokcer.Aq konsulnya ke dr Tono Djuwantono,SpOG (KFer), tapi dia prakteknya di Bandung,siapa tau mau nyoba konsultasi sambil jalan-jalan ke Bandung.

13. Ayk - February 16, 2009

@ mmeela
horay…senang nya denger cerita mu bu, bener2 memberi harapan buat kita semua. Dokter memang bukan Tuhan sih, jadi apapun diagnosa dokter kalo udah ada campur tangan Allah : jadilah…ya jadi.
Hemm….jalan2 ke bandung?? Ini tawaran atau ajakan ya hihihi… Mau banget ke bandung, sekalian honeymoon, hem..kapan ya *menerawang*

14. fatmah ulfah - February 17, 2009

halo mba ayk salam kenal. kirain dokter kandungan di pekanbaru aja yg ga mo hsg. menurut temen2 dokterku di pku aneh. kok ak selama konsul (6 bulan) cuman di kasih obat obatan doang. emang waktu pertama aku ada infeksi tp sekarang dah bersih sama sekali kinclong. dari dokter ondrologi minta hasil hsg supaya kalo memang antibodi aku menolak sperma bisa di terapi. tapi aku dah mohon2 tetep aja tuh dokter ga mo hsg. kan sayang udah di terapi sm dokter andrologi ternyata ada masalh penyumbatan (aduhhh mudah mudahan jangan). malah gw di kritik masalh berat badan BT banget ga sih. katanya sih gw kegendutan pliissss dehhhhh…… bener kata mba ika satu ilmu beda guru. cape deh….

15. Ayk - February 17, 2009

@ fatmah ulfa
mbak jawaban nya kurang lebih kayak jawaban buat mbak fatmah ulfa disini ya : http://bundawannabe.wordpress.com/2009/01/31/pilih-pilih-dokter-spog-yuk/

mungkin dokter mbak fatmah ulfa punya pertimbangan lain soal perlu enggaknya di HSG.
keep sharing ya mbak!

16. mmeela - February 17, 2009

Iya tuh Mbak Ayk, ke Bandung deh, lagi sering ujan lhoo… tau kan di Bandung kalo ujan-ujan dingin banget, cocok tuh buat honeymoon. Siapa tau bisa jadi dedek kalo suasananya romentis gitu. Trus kalo mau tau ikhtiar terakhirku yang lengkap boleh kunjungi blog suami & aq di http://onedayon1303.blogspot.com/
Ditunggu di Bandung ya Mbak Ayk :-)

17. elninoe - February 18, 2009

Aslm.. Seruny crtnya,aqu udh mnikah 1th,tp udh was2 blm hmil jg. Usg,usg vginal udh.
Kmrn aqu br aja di hydrotubasi’perih bgt pgn pingsan,tp kt dr gak ad pyumbtan,tuba bgus(cairan bs msuk)
Tp rsny pgn pingsan,celeng. Binggung,mn bw motor ,tmn gak brni bw mtr di jln rya,rncana mtr mau d tnggl aj biar suani yg ambil,Tp 30 mnit kmudian udh bs bw mtr lg deh. Ttp teu2p msh brsa skt mules bgt,skrg udh enggak. Kt dr. Mdh2hn bln dpn udh hmil,klw msh blm haid 1 dtg lgi,terapi 5 bln(aduh binggung uang dr mn nih..) **hiks

18. ika - February 18, 2009

@ayk, fatmah ulfah
yang pada semangat di HSG… mo sharing dikit nih,
bulan ke-2 stlh program hamil gagal, aku daftar HSG ke radiologi TANPA surat pengantar dari dsog. waktu ditanya aku bilang aja disuruh langsung ama dokternya bwat hsg. info dr suster disitu biasanya klo program 1 gagal trus langsung hsg dulu, daripada musti bayar 150 rb cuma bwat konsul yang buntutnya cuma dapet surat pengantar hsg tanpa resep, aku iseng” langsung daftar dan ternyata boleh tuh (ngirit.com). yg penting daftar di tempat dsog kita praktek, jd klo dcek kta emang bener” pasien disitu. berdasar pengalaman juga, waktu proses hsg udah ketauan hasilnya, trus kelar hsg juga bisa dikonsul ke radiolog. dari gambar bisa keliatan kog tar dibandingin aja ama yang normal.
jadi kesimpulannya, klo mo nekat dikit langsung aja hsg, tar hasilnya baru dibawa ke dsog. apalagi ayk mau pindah dsog, kan skalian bwat bahan analisa.

19. Ayk - February 18, 2009

@ mmela
aku udah baca your journey to be positive bu, ah senangnya…nambah lagi referensi yang berhasil hamil. berarti memang 2nd opinion dokter perlu banget ya, dokter A nyuruh laparoskopi, dokter B bisa aja enggak.
selamat ya bu, mudah2an proses kehamilan dan persalinan nya nanti lancar semua. AMIN

@ elninoe
habis hydro & dibilang paten/ga ada penyumbatan? ah senangnya…ke dokter siapa bu? mudah2an bulan depan hamil ya bu. AMIN

20. Ayk - February 18, 2009

@ Ika
makasih sharing nya ya bu, barusan aku nelfon rumah sakit tempat aku biasa konsult n nanya ke bag radiologi nya, iya sih emang prosedur nya pake surat pengantar dari dokter,t rus aku ngikutin tips mu, boong dikit hehehe, bilangya disuruh dokter tapi lupa ga minta surat pengantar hehehe… tapi disitu mahal banget, biaya HSG nya aja 728rb (belum termasuk biaya pendaftaran atau obat2an jika ada), huwaaahhh…..

seandainya tips mu aku coba di RS lain gimana ya, yang harganya lebih bersahabat, bisa gak ya kira2 ga pake surat pengantar??
ntar deh mau nunggu jadwal mens dateng dulu, ntar sekalian mutusin pindah ke dokter siapa (skrg masih binun nih mau ke dokter siapa?)

21. Si Putih oh Si Putih « Blog-nya Calon Bunda - February 20, 2009

[...] atau bukan? Masalahnya baru kali ini lah aku ngalamin yang kayak gini. Dimulai dari flek setelah hydro ke-2 kmrn, aku pikir wajar deh, toh setelah hydro pertama juga gitu. Jadi akrab deh sama pantyliner [...]

22. Aruna - March 4, 2009

Slm kenal,aq mau iktn sharing dikit nih mb,juni 2006 aq melahirkan bayi scr normal tp meninggl ddlm krn terlilit tali pusat krn dia trllu bsr n aktf,2 th brlalu aq blm jg hml lg,doktr menyrnkn agr d hsg,tepatny feb 08 aq d hsg,n hslny tuba falopi kiri patent,kanan non patent,aq d anjurkn u hsg ulang,tp rs skt it msh blm bs aq lpkan kl hrs d ulng lg,n dr jg blg ibu tdk akn bs hml kl tdk hsg ulng,aq sdh mulai pesimis.Tdk henti2ny aq brdoa n solat tahajud,alhmdlh maret 08 stlh hsg aq trlmbt n postf hml,n dr ku sndri kyk g prcy,krn sblmny dia mnta ulng hsg tp blm trlaksn yg k2 aq sdh dnytakan hml,jd kt jgn prh menyrh,hy ridho Allah n dg kekuatn doa yg akn mmbntu kt.Ttp smgt y.

23. Ayk - March 4, 2009

@ Aruna
betul mbak, kekuatan doa memang tiada duanya, saya bersyukur sekali disini punya temen2 yang saling menguatkan dan memberi semangat. alhamdulillah saya belum sempet hydro ke-3, laparoskopi, atau hsg (bahkan kewajiban kontrol setelah hydro pun belum saya lakukan), tapi alhamdulillah periode mens bln berikutnya ternyata telat & positif.

24. Aruna - March 4, 2009

Selamat y mb ayk,aq ikt seneng dgrnya,mudh2n khmlnny dbri kelncrn,kmudhn,sht,normal,slmt ibu n baby nya,yg penting jgn kcpean n jgn angkt yg brt2,krn bwaan bby beda2 bu.Stlh th lalu aq dnytkn positif hml yg k2,trnyt hy bs brthn 2 bln sj,krn fleg n pendrhn slm 4 hr tp sempt dperthnkn sm dr,tp akhry janin klr jg n hrs dcuret,dr observsi ktny rahimku stlh dsemprot msh lemah n blm siap u hml hrs nunggu 2/3bln br blh hml,tp aq sndri msh bingung dg obsrvsi dr. smp skrg aq blm hml lg,mhn doany y,brgx ada tmn2 yg py crt y sm m aq,shring dong..

mbak aruna, maksudnya hamil yang kedua itu yg maret 2008 ya, yang februari nya baru di HSG itu?? hampir mirip sama saya ya, januari saya hydro & katanya buntu, eh februari nya ternyata telat, doakan mudah2an baik2 saja ya. nanti kalo pas ke dokter saya juga mau tanyain korelasi antara abis hsg/hydro dgn kondisi rahim.
kita semua disini pasti juga akan selalu ngedoa’in mbak aruna & semuanya biar cepet dapet momongan.

25. Aruna - March 6, 2009

Maaf mb ayk br bs mampr nih,krn kmrn2 lg sbk..Amin tq doany mb,smg aq cpt menysl ky mb ayk,sblmny tq bgt mb,iy betul stlh d hsg feb08,maretny lgs hml,hy dsni kt bs sling brtkr pkrn,n saling menambh ilmu..Krn aq sndri krg puas dg jwbn doktr,apa krn kondsi rahimku pd saat it yg msh lemah hbs dhsg/aq nya yg kcpean pd saat it?Smp aq pndh k dr yg lain,tp jwbny jg msh blm memuaskn,apa mb ayk sdh menanykn k dr ttg korelasi antr hbs dhsg dg kondsi rahim?Udh 3 bln ini aq rutin k dr lg bt progrm hml,tp smp skrg blm ada hsl,kt dr aq n smi sht smanya,tp tmnku menyrkn lbh bk cb dr yg dpwto kbykn pd sukss.Mgkn bln dpn aq cb ksna.

26. Aruna - March 6, 2009

Maaf mb ayk br bs mampr nih,krn kmrn2 lg sbk..Amin tq doany mb,aq pst doain smg mb ayk n bby sht smany.N smg aq cpt menysl ky mb ayk,sblmny tq bgt mb,iy betul stlh d hsg feb08,maretny lgs hml,hy dsni kt bs sling brtkr pkrn,n saling menambh ilmu..Krn aq sndri krg puas dg jwbn doktr,apa krn kondsi rahimku pd saat it yg msh lemah hbs dhsg/aq nya yg kcpean pd saat it?Smp aq pndh k dr yg lain,tp jwbny jg msh blm memuaskn,apa mb ayk sdh menanykn k dr ttg korelasi antr hbs dhsg dg kondsi rahim?Udh 3 bln ini aq rutin k dr lg bt progrm hml,tp smp skrg blm ada hsl,kt dr aq n smi sht smanya,tp tmnku menyrkn lbh bk cb dr yg dpwt kbykn pd sukss.Insyaallah bln dpn aq cb ksna.

27. Aruna - March 6, 2009

Maaf mb ayk br bs mampr nih,krn kmrn2 lg sbk..Amin tq doany mb,aq pst doain smg mb ayk n bby sht smany.N smg aq cpt menysl ky mb ayk,sblmny tq bgt mb,iy betul stlh d HSG feb08,maretny lgs hml,hy dsni kt bs sling brtkr pkrn,n sling mnmbh ilmu..Krn aq sndri krg puas dg jwbn doktr,Smp aq pndh k dr yg lain,tp jwbny jg msh blm memuaskn,apa mb ayk sdh menanykn k dr ttg korelasi antr hbs dHSG dg kondsi rahim?Udh 3 bln ini aq rutin k dr lg bt progrm hml,tp smp skrg blm ada hsl,insyaallah bln dpn kl blm gol jg,aq m pertmbgkn lg u cb HSG lg bu..Brgx dg HSG yg k2 bs hml lg ky th lalu.Amin..

28. Ayk - March 7, 2009

@ Aruna
Aku belum ke dokter lagi mbak, masih minggu depan jadwalnya, ntar pasti aku tanyain. Trus knp mbak aruna maunya HSG lagi mbak? Bukannya HSG itu cuma buat ngetahuin tersumbat/ga saluran tuba nya, kalo pengobatan tuba non paten nya kan dengan di-hydro mbak?
Kalo menurutku sih di hydro lebih ga beresiko mbak. Kalo HSG kan dilakukan o/ ahli radiologi, semacam disinar kyk rontgen gitu ya mbak? Nah kalo hydro dilakukan dokter SpoG kita sendiri mbak, dan yang disemprotin itu cairan antibiotik, jadi sepertinya lebih safe.
Kita semua pasti doain mudah2an mbak aruna diberi yang terbaik. AMIN.

29. Aruna - March 9, 2009

Amin mksh mb ayk,aq tnggu jwbny y..Iy betul dHSG it hampir sm prosesny ky d hydro,dlakukn ahli radiologi.Cm bdny gak dbius jd sakitnya luar biasa bu,sebelum & sesudah dsemprot dfoto rontgen,Ok mksh bgt mb ayk ats infony,mgkn akn aq pertmbngkn lg u mencb hydro sj..Yg jd mslh tiap tgl 21 pst aq hrp2 cemas,mkrn trs kira2 bln ini haid g y?Pdhl dr menyrankn apapun keadny kt g boleh trllu mkrn it,rilex aj bu..Tp tetep aj sulit u menghilangknnya,mgkn ibu2 yg blm hml sm jg prsnya m aq y,aplgi skrg usia udh 29th,jd kyk kejar target nih bu..tp kl blm gol lg insyaallah bln dpn pgn gnt SpoG yg udh d referensi’in tmn2ku.Gmn kehamilan mb ayk ngalamin mual2 gak?Mudh2n khmlnnya dbri kelancrn,sht smany.AMIN

30. Aruna - March 9, 2009

Amin mksh mb ayk,aq tnggu jwbny y..Iy betul dHSG it hampir sm prosesny ky d hydro,dlakukn ahli radiologi.Cm bdny gak dbius jd sakitnya luar biasa bu,sebelum & sesudah dsemprot dfoto rontgen,Ok mksh bgt mb ayk ats infony,mgkn akn aq pertmbngkn lg u mencb hydro sj..Yg jd mslh tiap tgl 21 pst aq hrp2 cemas,mkrn trs kira2 bln ini haid g y?Pdhl dr menyrankn apapun keadny kt g boleh trllu mkrn it,rilex aj bu..Tp tetep aj sulit u menghilangknnya,mgkn ibu2 yg blm hml sm jg ky aq y,aplgi skrg usia udh 29th,jd kejar target nih bu..Gmn kehamilan mb ayk ngalamin mual2 gak?Mudh2n khmlnnya dbri kelancrn,sht smany.AMIN

31. Ayk - March 10, 2009

@ aruna
mbak aruna, kepikiran & harap2 cemas tiap mau mens memang wajar, saya sendiri juga selalu begitu meskipun nasehat klise dari semua orang adl “jangan terlalu dipikirin, ntar pasti tiba saat nya kok”, termasuk suami saya juga selalu bilang begitu, tapi waktu itu jawaban saya adl : “gimana nggak dipikir, yg namanya manusia hidup itu pasti punya pikiran, jadi mau-ga mau ya pasti kepikiran. kalo kepengen ga mikir ya ga usah hidup aja”.
Tapi ternyata nasehat klise tadi bener loh, saya justru positif saat bener2 ga mikirin pengen hamil, bukan karena udh ga punya pikiran (atau udh ga hidup spt alasan saya biasanya), tapi krn kepikiran hal lain seperti kerjaan & malah rencana program hamil dgn mencari dokter 2nd opinion, bener2 ga kepikiran kalo bulan itu saya akan bisa hamil.
Kalo saya sih ga mau sok nasehatin karena saya tau akan susah sekali diterapkan (saya pernah ngerasain juga kan), tapi silakan dicoba aja utk mengalihkan pikiran ke hal-hal lain mbak. mudah2an berhasil.

oh ya, hydro itu ada juga yg ga dibius kok mbak, dibius atau nggak tergantung kebijakan dokter & RS.

32. Konsult ke-1 : ganti tema « Blog-nya Calon Bunda - March 10, 2009

[...] aku kontrol lagi ke Prof Ichram (dan bakal jadi konsult ke-7) seminggu setelah hydro. Tapi karena males diceramahin soal tuba non paten ku & laparoskopi, aku mutusin untuk tidak [...]

33. Ayk - March 12, 2009

@ Aruna
Mbak, aq udh tanya ke dokter ku soal HSG & kondisi rahim, katanya emang ada kaitan nya, soalnya HSG itu kan pake disinar kayak rontgen gitu, nah pengaruh radiasi nya itu ga bagus buat rahim. Kalo bisa jangan sering2 HSG, makanya dia selalu menyarankan pasiennya utk langsung hydro (ga pake HSG dulu), karena hydro cenderung nggak ada efek samping ke tubuh kita.

34. Aruna - March 13, 2009

Maaf mb ayk br gabung lg,sblmnya aq n suami ngucpn mksh byk,ats bntuan n supportnya,aq bruntng bgt bs gabung dblog ini,krn aq dpt solusi & jd tmbh ngrti plus minusnya keseringan d HSG,mudh2n aq bs bljr dr pengalaman mb ayk yg akhrny bs sukss hml.Amin.Slm kenal kami u kelg y.

Mbak ARuna, sama-sama ya, makasih banyak juga mbak. Salam juga buat mbak aruna sekeluarga. Mudah2an cepet berhasil hamil, mbak! AMIN

35. Indah - August 24, 2009

Saya bingung kalw operasi biayanya blm ada umur dah 29 sya pasrah ma Tuhan,saat ini lg nbg

Mudah2an ada jalan yg terbaik ya mbak Indah….Tetap semangat!

36. Lia - November 5, 2009

Salam kenal semua, to mb ayk selamat ya, semoga kehamilannya lancar sp lahiran. Aku jg baru selesai hidro, ga dibius, n sakitttttnya… Ampuuuuunnn… Hasil hidro kedua tuba paten karna kata spog nya cairan masuk semua. Duuh… Semoga aku bisa cpt nyusul kalian yg dah hamil ya.. Oya, setelah hidro biasanya mens kita dtg brp hari lg ya? Aku lupa nih mensku bulan yll tgl berapanya. Thanks ya…

37. sabrina - December 14, 2009

Dear All Salam kenal smuanya, gw udh baca pengalamannya smua,senenknya bisa dapet ilmu.gw udh nikah 1 th,blum2 hamil nich,trus disaranin hsg,udh tanya2 3 RS sarat2nya apa aja. Oya siklus haid gw termasuk lebih dari normal alias 37 hr, yg normal 28-35. Skrg ini gw lg parno deh,kl stl hsg blum hamil juga,kira2 ngapain lg ya..trus gw kl haid sakiiit bgt,kdg2 kiranti aja ga mempan,baru panadol mempannya. Btw bole minum panadol dulu ga ya sblm tes,kan katanya sakit bgt tuh..

38. susi herliana - January 22, 2010

Saya susi umur 38 thn sudah dua kali Hidrotuba, operasi kista 2X ternyata saya harus kehilangan indung telur ku sebelah kanan ,Pernah hamil 2 bln keguguran kata dokter black ovum terus saya HSG hasilnya ada penyumbatan, sama dokter juga dah dikasih obat penyubur untuk saya dan suami ,saya mohon doa sama siapa saja yang membaca pesan aku , hanya dengan semangat dan pertolongan Allah yang bisa membuatku sangat berharap.

39. Stephanie - February 16, 2010

Dear mbak Aruna,
saya baca2 sekilas tulisan mbak Aruna.. dari HSG tanggal 8 Feb..terus jadi ketahuan hamil di tanggal 8 Maret…
jadi.. terjadi kehamilan setelah HSG dilakukan.
jadi sel telur tentunya menerima paparan sinar X..
yg jadi pertanyaan saya adalah..maaf ya mbak Aruna jika agak menyinggung.. bagaimana keadaan dari anaknya mbak Aruna ini.. selama kehamilan dan setelah kelahiran sampai besarnya ini.
Semoga sih sehat waalfiat ya mbak Aruna.. :D
bayangan saya.. setelah di HSG.. diusahakan tidak boleh hamil dulu krn sel telurnya (jika ada) akan terpapar oleh sinar X…
nahh..saya nih HSG tanggal 27 januari yg lalu.. harusnya saya selalu tepat waktu mensnya.. ini sdh telat.. jadi deg2an jg..apa hamil..

40. Theresia - March 24, 2010

Hallo semua, kebetulan saya punya problem yg sama. menikahnya sih baru 5 bln, tapi udah pengen punya momongan.
Masalahnya pertama krn saya heran kok ga hamil”, padahal ga pernah jaga dan haid teratur.
Sebelum terlambat saya cek ke DR pertama dia cuma kasih obat”an dan disuruh kembali lagi kalo dalam 3 bulan belum hamil, jd krn ga puas dengan penanganan nya saya pergi ke DR ke dua.
Nah baru deh penanganannya cepat. langkah pertama dia suruh saya tes darah dan HSg dulu supaya tau di sel telur ada penyumbatan atau tidak.
Langsung beberapa hari kemudian saya HSg. Kalo menurut saya sih hsg tidak sakit sama sekali, cuma ada rasa dijepit sesuatu didalam sana. hehe.. memang tempat hsg ini rekomendasi dari DR yg ke dua, dia bilang dokter yg nanganin hsg ini paling bagus krn ga sakit. Untungnya proses hsg berjalan lancar. hasilnya bukan penyumbatan sih, cuma katanya cairan yg dimasukin kedalam itu yg sampai ke sel telurnya cuma dikit sekali, jd kemungkinan krn faktor dinding” yg agak sempit jalannya.
Jadi setelah dianalisa saya baru disarankan untuk hydrotubasi supaya jalannya lebih lancar. Jadwalnya minggu depan nih, jd serem kalo denger sakit. hehe..
Tapi santai ajalah buat yg sedang berusaha punya anak. Namanya juga usaha, jd menurut saya memang penanganan dokter beda”, tapi kita juga harus tanya jelas” dan pikir pakai akal sehat proses itu perlu ga dilakukan berulang”.
Selebihnya jangan lupa terus berdoa, karena bagi Tuhan tidak ada yg tidak mungkin. Kita cuma manusia yg bisa berusaha.. Amin.
Good Luck everyone!!
thanks ya atas sharringnya.. Cheers!!

41. ayik - April 12, 2010

slm knl..aq ayik dr ntb,blh ikutn sharing jg ya..skrg aq lg druang pmulihn aq br slse di hydro..boring trs brwsing2 ktmu deh..
Aq dah 5th merit blom hamil2 jg, aq dah 2x ganti dkter.yg pertama cuma kasi obat, trus bsknya ditiup ktanya.aq yg g phm takut trs pndah doktr. Di dkter yg k2 aq di usg trs dikasi obt. Ktnya kandungan aq baik2 aja,gitu trus berbln2..smp aq mnta hsg. Aq hsg pertama gagal,coz mo pingsan.diulang lg.aduh skt…hslnya paten kiri kanan..tgl suami yg ditangani..tp hmpir 1th g da hsl.
Q pndh dokter lg. hsl usg lwt vagina ktanya beda ma hsl hsg.nah bingung deh..trus disaranin hydro..skrg lg nunggu hslx..mudahan bln depan positif, amiin.

42. nana - May 2, 2010

buat ayik, ntb nya d mataram bkn? programnya k dkr mana? soalnya ak d mataram n skr lg program jg krn dah 2th lum hamil..

43. Henny - May 13, 2010

hayy..salam kenal semua..
boleh ikutan sharring juga yaah..
september 2009 saya positif hamil dan sampai okteber baik” aja…tapi hari tanggal 11 november 09 mau berangkat kerja selesai mandi tiba” saya pendarahan dan segera ke dokter dan dokter langsung bilang kalo kehamilan saya tidak berkembang dan dia bilang utk segera di buang saja…dan saya heran si dr.tidak melakukan kuret dia kasih saya cuma obat saja dan itu saya merasakn mulas yg ga tau harus bagaimana ga bisa jalan selama 6 jam dan pas adzan maghrib tiba2 ada rasa seperti meletus dari bawah..( kemaluan ) dan saya rasa itu calon anak saya yah…sedih sebenarnya sudah 3thn saya menikah tapi gagal dan sampai 6bln ke depan saya juga belum hamil lagi…saking penasaran saya ganti dokter saya coba dokter di rs.evasari dng dokter kalimas begitu beliau USG dia nyatakan udah masuk 17 hari setelah menstruasi indung telur saya kanan dan kiri masih mengecil dan keliatan tidak berkembang…saya takut sekali pada saat itu…saya di kasih obat penyubur dan hitungan hari ke 6 masa menstruasi saya diminta utk check up ke dr tsb utk proses hydro…
yang saya ga tau jelas itu utk apa fungsinya…
temen – temen yg sudah lebih dulu melalui proses itu boleh bantu ga 1. seperti apa proses hydro itu..??
2. apa efek yg kita rasakan pada saat hydro dan setelah hydro tsb??
3. apakah biayanya mahal?
4. yang saya denger2 katanya proses hydro itu sakit yah??
mohon infonya yah karena akhir bulan ini saya mau periksa kembali ke dr.tsb…

makasih…

44. Sofie - May 25, 2010

Halo semuanya. Sngnya alhmdllh nemu blogny mb ayk.
@theresia : mb hsg dmn yg dktrny g bkn kt ngerasa skt? Biayany brp ya mb?

45. Nie - May 31, 2010

Hallo mba…….aq mo ikutan nih…..kali aza ada yang bisa bantu…
Begini hr ini rencana aq mo HSG sore nanti tp ko pagi2 aq ada flek skr hari ke 10 dari haid pertama….boleh ga ngelakuin HSG….? Aq jd takut nh coz ktnya HSG bisa ga berhasil klo masih ada sisa darah haid. Tapi aq jg blm tahu ini flek sisa haid apa bkn.

46. Ayk - July 7, 2010

@ all, makasih udh komen, saya bingung nih gmn jawabnya, udh lamaaaa banget ga ke dokter soalnya.
Lia, makasih bu…
Sabrina, skrg udh jadi HSG pasti ya, gmn hasilnya?
susi herliana, mari bu kita semua saling mendoakan. mudah2an diberikan yang terbaik
Stephanie, kalo nggak salah inget, mbak aruna keguguran. gmn kbr stephanie skrg?
Theresia, penasaran juga, theresia HSG dmn ya? share dong bu kalo ga keberatan
ayik & nana, sama2 di ntb ya? gmn kabar nya skrg?
henny, kebetulan aku hydronya di bius total, jadi ga berasa apa2. kalo henny akhirnya jadi hydro nggak ya?
sofie, terima kasih udh mampir disini. ditunggu sharing bareng2 nya juga
Nie, gmn skrg? mudah2an lancar semua ya…

47. dhina shinto - August 19, 2010

Thanks God ketemu sama komunitas yang sama2 lagi berjuang..kemarin saya baru saja cek HSG dan puji Tuhan semua normal meski 2 th menikah belum dikaruniai buah hati tapi yang mau saya share disini adalah kita boleh melakukan berbagai usaha tapi kita mesti ingat bahwa Tuhan yang mengaruniakan kehidupan atas buah hati kita nanti,jadi jangan takut pasti Tuhan beri yang terbaik sesuai rencanaNya bukankah hidup kita hanya anugerah saja dari Tuhan. demikian juga untuk buah hati kita nanti.Tetap semangat!..

48. Qori - November 1, 2010

All,,seneng deh ternyata saya ga sendiri, seneng deh bisa berbagi sm kalian denger pegalaman” kalian.. Saya n suami udh menikah 4 thn. Saya pernah hamil pertengahan thn 2008 tp keguguran, gawat nya ada kista yg harus secepatnya di angkat alhasil skg saya cuma punya satu ovarium.,sedih jg c tp mgkn itu yg terbaik dan smp skg sy blm hamil lg. Minggu kmrn sy baru HSG ternyata hasilnya lebih mengejutkan, tuba kanan membesar dan non paten.. Kira” ada yang tau pengobatan alternatif ga? Share donk, kl Dokter pasti lgs saranin bayi tabung. Sedih bgt deh dengernya. Kasih advice donk..

Makasih,,

49. Wina - November 6, 2010

Hai, salam kenal semuanya..
sy 6 tahun menikah belum pny anak. konsult dokter terhambatnya karena :
1. hormon tidak teratur
2. kesuburan kurang.
3. ke-2 tuba non paten (HSG saat thn ke-2 menikah)

dicoba hydro dan dikasih obat hormon atau kesuburan (sy lupa)+ vitamin. Belum berhasil juga, yang ada malah susah (banget) BAB 2 bulan. Dokter keukeuh nggak mau ganti obat lain. maksudku, kondisi orang kan beda2, minta diganti obat lain atau gimana lah. ke dokter2 lain, 99 % lgsg kasih obat. sampai sekarang jadi trauma kalau dikasih obat, ujung2nya trauma ke dokter.

Sempat nyoba alternatif di Jeng Ana pakai ramuan godok-an 4 bulan. alhamdulillah siklus haid jadi teratur. setelah b’henti mnm godo-an, lanjut minum jus wortel tiap hari. Ditambah ikut senam yoga.
Alhamdulillah +/- 1 tahun ini haid teratur, walaupun siklusnya 34 hari, bkn 28 hari. masa suburku jadinya ketahuan yaitu +/- hari ke 21, bukan hari ke-14.

Baru berani ke dokter lagi thn ini, sewaktu HSG dinyatakan tuba paten (senengnya..). Tapi baru ketahuan bentuk rahim abnormal (rahim bertanduk / uterus bicornis unicollis). disarankan Laparoskopi. belum terlaksana, krn msh byk pertimbangan. saat ini rasanya pgn coba ke Dr. Tono Djuwantono di bandung, infonya bisa cek bentuk rahim tanpa LO.

Banyak yang bilang ttg kelainan rahim itu bisa mempengaruhi kekuatan kehamilan :(. Tapi guru yogaku bilang tidak usah mikir kekurangannya. Kalau Tuhan mengizinkan, pasti kuat deh :). I love u teacher.

@Ayk : aku suka blog-nya.
@Qori : semoga membantu untuk alternatif-nya.

@all : Semoga tetap semangat dan tetap berdo’a diberi yang terbaik oleh-Nya.

Makasih,

50. ly - November 16, 2010

hey smw… aku mau ikutan jg yaaa, senasip nih! :(
aku dah 3 tahun menikah, dan blm pernah hamil. Di tahun pertama pernikahan, aku coba konsul ke dokter. Di USG transvaginal kata dokter ada smacam kista -/+ 3cm, tp dokter saat itu nyuruh aku tes darah untuk mengetahui itu kista jenis apa? trs juga dokter nyuruh HSG dan sperma analys buat suami. Aku langsung ikutin saran dokter itu, tes lab & HSG, smentara suami menunda sperma analys -nya (bahkan smp skrg). Tapi setelah tes lab & HSG itu, aku vakum dan berhenti ke dokter krn ada beberapa masalah dlm keluarga yg m’buat aku g kpikiran ke mslh itu, sampai skitar 2 tahunan hasil2 tes itu di’anggurin’ gitu aja. Sampai suatu ketika aku mendptkan masalah soal siklus haid yg brantakkan, 3 bulan aku g mens… di testpack sll negatif! akhirnya aku ke dokter di RS yg dulu pernah aku datangi. Awalnya dokter bilang hanya ketidakseimbangan hormon aja, lalu dikasih lutenyl utk memancing mensku biar kluar. Stelah 10 hr minum itu, ditunggu smp sminggu mens nya blm kunjung datang juga, akhirnya aku memutuskan kembali lg ke dokter itu. Dokter memberikan resep agar terapi hormonnya dikombinasi, tp sblum kluar dr ruang praktek dokter, aku bilang kok perut bawah/atas vagina saya rasanya sakit kaya org mens ya dok? akhirnya dokter menyuruh aku menunda utk menebus resep yg dia berikan smp 3 hari menunggu aku mens. Kalau dlm 3 hr itu mens ku kluar, aku dsuruh balik di hari ke2 mensku. Ternyata benar besoknya aku mens, dan besok lusanya aku kembali ke RS itu, sayangnya dokter yg slm ini menangani kasusku sdang tdk praktek saat itu. Oia, karna file statusku msh tersimpan rapi di RS itu, dokter itu menanyakan ttg program hamilku 2 tahun yg lalu…bliau menanyakan hasil2 tes yg pernah aku jalani. Aku janji akan membawa hasil2 tes itu jika aku kembali nanti.
Nah, ketika aku kembali periksa di hari ke 2 mens ku, aku tdk lg ditangani dokter yg sblmnya meminta hasil2 tesku, berhubung aku dah bawa hasil2nya, aku kasih ke dokter yg saat itu praktek,dan dibacalah hasil HSG dan tes lab ku.Dokter itu langsung menyuruh aku utk hydro di hari ke 9 mensku… smentara aku msh bingung itu kan hasil HSG 2 tahun yg lalu… menurut tmn2 apa aku bnr2 hrs menjalani hydro itu pd hari senin, 22 nov 2010 besok (H+9 mens)?? atau aku hrs HSG ulang yaa?? smntara utk hasil tes darahnya, alhamdulillah dokter bilang baguss dan tdk ada masalah!(itupun hasil 2 thn yg lalu). Kasih masukkan dooong… aku bnr2 msh anak bawang nih soal ini…please ya temans??
Thanks b4.

51. Rahhayu - January 20, 2011

hai… ikutan gabung ya
namaku ayu, dulu ayu juga pernah menjalani proses HSG di atas pengantar dokter kandungan dan dilakukan oleh spesialis radiologi. sakitnya luar biasa rasanya mau pingsan saja. proses penyomprotan cairannya ga’ lama, cuma pemasangan alatnya yang memakan waktu sedikit lama.. kalo kita stres dan tegang dokternya malah tidak bisa memasangkan alat sampai emosi kita stabil. so, buat teman2 yg mau HSG harap santai aja dan banyak berdoa mohon kemudahan..
hasil HSG ayu bagus, tidak ada penyumbatan di kedua saluran telur. cuma ada sedikit penyempitan di mulut rahim..
tapi, rasa sakit HSG itu sepertinya masih sangat membekas sampai hari ini. kalau disuruh HSG lagi ayu ga’ mau deh.. minta ampun. sakit sekali..

52. donnasya - January 27, 2011

Hai semua…salam kenal ya..
Saya udh merid 6tahun pd tahun. Setahun setelah merid saya hamil 3 minggu.sayangnya saya keguguran.dan setelah itu sampai skg belum hamil lagi. Kemarin saya tes HSG. Dengan biaya 550rb di RS.Gunung Sawo, semarang.dan dokter bilang tuba kiri dan kananku non patent. Setelah HSG selama 2hari saya pendarahan ringan.kata dokter sih itu normal. Agak sakit sih tp ga seberapa.Dan bulan depan hari ke 9 ato ke 10 setelah mens pertama saya hydro atau tiup.biaya 500rb plus obat2 mungkin sekitar 700 atau 800ribuan kali ya.. Doakan saya ya agar cepet menyusul teman2 lain yg sdh hamil.sekedar info saya perokok aktif dan saat ini saya sedang berusaha mengurangi rokok. Sharing dong yang udh pada berhasil hamil setelah hydro….

53. Chiqa - March 15, 2011

Hi bunda, salam kenal…
Sy sudah menikah 28bulan. Dan blm lama ini memeriksakan diri ke dokster specialist fertilitas. Awalnya dokter cuma menanyakan siklus haid, stlhnya sy di USG dgn cara memasukkan alat ke Ms V sy. Hasilnya baik, tdk ada kista ataupun miom.

Stlh itu, dokter memberikan surat penghantar ke lab&radiologi utk sy&suami. Dan wktu sy check hrga lab&radiologi aduh lumayan, bunda…Lab 1jt, radiolog 800rb. Yg sy mau tnya (mkn ada bunda yg pnya pengalaman sama):
1. Apakah langkah dokter tdk terlalu cepat menganjurkan ke lab&radiolog? Knpa tidak memberikan vit/penyubur lbh dulu ya?
2. Apakah pemeriksaan ke lab utk (LH, FSH, Estradiol&Prolaktin) memang perlu?

Mohon infonya, bunda….tks

54. nai - May 24, 2011

Hello all,

Senangnya nemuin blog ini. Ikutan sharing ya..

Kami nikah baru 7 bulan, tapi dah lumayan seru. Sebulan nikah dibilang hamil, eh terus keguguran, eh tyt bukan keguguran tapi ektopik terganggu. Jadi lah tuba kiri saya diangkat karena sudah pecah dan pendarahan.

Nah akhirnya tadi hsg berdasar saran dokter. Soakitnya maakk!! Dan ternyata hasil hsg nya non-paten kedua tuba. Cornu tidak terlihat, tuba tidak terisi cairan

Berhub dr gw baru praktek kamis, akhirnya ke ypk ke dr andon. Dia cuma kasi 2 pilihan: laparoskopi untuk liat bener2 ada sumbatan, atau langsung ivf. Dia sempat komen aneh juga kalau ada sumbatan di pangkal kok kamu bisa hamil (meski luar kandungan).

hhhhhh ada alternatif ga ya dari dua itu? Ngebayangin laparoskopi (yang namanya sangat mirip laparotomi itu) dah males. Ivf kok yaaaa keknya desperado bener

Makasih ya inputnya

55. yessy - June 22, 2011

ikutan sharing yahh ..

aku baru nikah 11 bulan dan sekarang lagi program hamil. senin kmren tanggal 20 aku hiydro dengan dokter Nurwansyah di Rs Asih. aku di Hydro hari 10 sejak haid pertama. Awalnya ga ada rasa sakit cuma rada2 ngilu, udah terakhir2 baru deh terasa sakittt, nyeri dan mules. sampe teriak tapi akhirnya pasrah karna inget satu niat biar cepat hamil :) kata dokter udah lancar tapi ntar kamis mau kontrol lagi ngeliat folikel (karna hari 12 masa subur). mohon doa nya yahh biar bisa hamil setelah hydro ini… baca2 testi temen2 diatas jadi bersemangat ….

56. lina - September 15, 2011

ternyata qta sama2 ada di penantian yang panjang, aq juga udah 1thn lebih lum dipercayakan titipan NYA….. dan udah 2 dokter yang qu kunjungi, dokter pertama aq hanya disuruh minum vitamin aja, 2 bln gak ada perkembangan aq pindah dokter lagi nah di dokter ke-2 aq dusuruh unt HSG tapi aq lagi mikir2 takut dengan sakitnya iya juga n takut ada dampak negatifnya :( jadi bingung nih friend’s

57. ika - October 1, 2011

ass…..ternyata saya berjuang tidak sendiri ada saudara2ku jg yang sedang berjuang,saya sudah menikah 2th tai belum hamil baru kmren ke dktr dan d sarankan untuk hsg dan lab tapi biayanya lumayan harus nabung dulu,..saudara2ku kita saling mendoakannya semoga allah memberi kemudahan bt memperoleh keturunan…amieen

58. ika - October 1, 2011

ass…..ternyata saya berjuang tidak sendiri ada saudara2ku jg yang sedang berjuang,saya sudah menikah 2th tapi belum hamil baru kmren ke dktr dan d sarankan untuk hsg dan lab tapi biayanya lumayan harus nabung dulu,..saudara2ku kita saling mendoakannya semoga allah memberi kemudahan bt memperoleh keturunan…amieen

Ayk - October 1, 2011

Ika, semangat bu….tapi saran dokter sudah tepat kok, sebaiknya HSG dulu, ini ada postingan yang kubuat utk membandingan Hydro & HSG http://bundawannabe.wordpress.com/2011/09/23/hydrotubasi-vs-hsg/

59. Nolie - October 5, 2011

Ayk….salam kenal yaaa…
sepertinya ngga asing dengan namamu….ikutan milist mom to be n di forum TTC FD ya?? hehehe…*sotoy
salut dengan perjuanganmu..
ak jg sdg berjuang melawan PCO n hubby divonis AT :(
semoga ak bisa setegar Ayk.. ^_^

Ayk - October 5, 2011

Nolie, yup betul, ikutan FD dan mom to be, salam kenal juga.
Eh ini sebenernya tampak tegar diluarnya doang, dalam nya mah sama aja kali, sering banget mewek termehek-mehek, hehehe….
Cuman memang berasa dapat support luar biasa dari teman2 blog ataupun forum, baca sharing-an temen ataupung sharing pengalaman sendiri sangat meringankan beban loh, jadi ngerasa kalo kita nggak sendirian, banyak temen2 seperjuangan, yukk mari saling doa ya bu :)

60. Fenti nila - March 7, 2012

Ass.. Mau ikutan curhat ne… Alhamdulillah sy udah nikah hmpr 3 thn.. Sm skg blm jg dipercaya dapet momongan.. Sy udah cek 3 dokter.. Tp blm ada hasilnya.. 4 bln yg lalu baru sy diterapi…kata doktr nya hsl terapinya bagus. Udah terbuka semua.. Kalo memang blm ada hasilnya apa hrus diterapi lg..

61. Fenni - May 8, 2012

Hy…..aq fenni,lam kenal. Aq uda nikah 1th4bln. aq juga di hydro. Tpi gak dibius. Emank sakitnya minta ampun,Tpi pas hydro ke-2 uda gak sasakit yg pertama. Coba mbak cari dok laen aja.


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 155 other followers

