jump to navigation

Konsult ke-2 : Tuba non patent, Retro??? December 15, 2008

Posted by Ayk in Trying to Conceive.
Tags: , , ,
trackback

Kunjungan ke-2 ke Prof Ichram, jumaat 12 desember 2008.

Sampe RS Budhi Jaya sekitar jam 5, tapi kata mbak bagian administrasi, Prof Ichram dateng nya jam 6 (harusnya praktek dari jam setengah 4 sampe setengah 6 sore). Ya sudahlah kita tunggu. Ternyata jam setengah 7 pun sang profesor belum dateng. Jadi kita tinggal sholat magrib dulu. Trus nyari makan (hehehe…aku laper banget waktu itu), dapet lah sepiring mie rebus di seberang rmh sakit, enyak enyak enyak…kalo di USG kayaknya bakal keliatan mie nya deh…


Jam setengah lapan lebih baru nama ku dipanggil. Selalu deh, tiap mau ketemu dokter selalu deg-degan, aii masa jatuh cinta sih?? Hehehe… deg-degan soalnya takut mendengar yg tidak-tidak, ahhh…

Oh ya, berhubung di Budhi Jaya ini ada 2 bed (2 pasien dipanggil barengan), jadi aku ga sengaja nguping percakapan dokter dgn pasien di sebelah *maap ya mbak, maap dok*, ternyata si mbak pasien nya program hamil juga, dan bulan ini gagal krn mens nya dateng. Hemm aku bisa ngerasain sih getir nya kekecewaan si mbak, tapi Prof Iam rupanya terus ngasi semangat ”Gpp bu, kita coba lagi” dan bla bla lain yg menentramkan hati **setidaknya itu menurut ku sebagai sang penguping**


”Haduuuhh, gimana bu….ternyata mampet 2-2 nya nih saluran nya”

Yee si dokter ngagetin aku aja, barusan ngomong sama mbak sebelah, eh ujug2 udh ada di sebelah ku…

”Ya gimana dong dok, bukan nya biasanya hydro bisa buka saluran yg mampet?”

”Iya, tapi punya ibu ini bandel banget. Jadi sekarang coba diathermi dulu 20x trus baru kita hydro sekali lagi ya”

Tau nggak sih, kalo gaya bicara dokter nya itu ringan banget, ga panik, ga emosional, pokoknya seperti aku ini enggak kenapa2 gitu, padahal aku udah takut setengah mati aja. Salut buat Prof Iam deh, menenangkan & menyenangkan sekali orang nya, hemm ga kayak SpoG ku sebelumnya, yang baru pertama dateng buat konsultasi udh maen semprot aja : ”Ibu ini dateng ke saya berarti harus ngikutin semua program yg udh saya buat ya. Kalo belum siap ya silakan keluar dulu, kapan2 aja balik kalo udah siap” Iiccch..bete nggak seh??

Balik ke percakapan dengan dokter Ichram :

“Sebabnya apa dok bisa tersumbat?”

“Ya macem2 bu, salah satunya bisa karena air yg dipake ceb*k kotor”

Hah? buset dah? kalo air yg dipake ceb*k memang kotor, berarti air yg aku pake mandi juga kotor dong? Atau jangan2 air kotor pas lagi di toilet umum? Ga tau deh, yg jelas be careful aja kalo pake air di toilet umum.

”Trus rahim saya retro nggak dok?”

“Retro? kata siapa?”

“Feeling aja dok”

Aku sih emang feeling ber-rahim retro, karena dari ciri2 rahim retro yg aku baca di wedding ku forum ie : tiap selesai berhubungan sper*a langsung tumpah, ga peduli udah nerapin tips yg suruh angkat kaki/ganjel bantal 5 menit kek, 15 menit, 1 jam, bahkan 2 jam juga pernah aku coba tetep aja tumpah, dapet pegel nya doang. Nah tapi kalo gaya DS, sper*a ga langsung tumpah, meskipun pada akhirnya tumpah juga setelah aku ambil posisi lain, capek lah 2 jam harus nungging terus hiks :(

”Ah enggak kok, enggak retro, cuman memang agak tertekuk sedikit ke belakang, sedikit tapi… Ga usah dikuatirin lah. Kan harusnya rahim normal begini, punya kamu agak begini” sambil mraktekin posisi yg dimaksud dgn tangan nya, trus kemudian menjelaskan dengan gambar hitam-putih dari layar USG (perut)

Nah ini yang aku heran, kok kali ini dari layar USG aja dia bisa nunjukin sih kalo rahim ku agak tertekuk sedikit, trus tuba ku tersumbat. Padahal sebelumnya, kalo cuma USG perut katanya ga bisa liat apa2??


Ya sudah, percakapan kemudian membahas diathermi ku, kalo bisa secepatnya mulai dilaksanakan. Setelah itu, bulan depan, hari ke-1 atau ke-2 mens, suruh dateng lagi ke dia.


Jadi setelah dari dokter Ichram, aku langsung mulai diathermi pertama ku. DI RS Budhi Jaya juga, di ruang fisiotherapi di basement. Hemm bener kata Viol & Desy, enak kok diathermi, anget, nyaman bisa sambil ketiduran deh hehehe…

Terapi nya 15 menit untuk yang kiri, dan 15 menit buat yang kanan, lebih bagus dilakukan berturut2 setiap hari. Sekali terapi biayanya 25 ribu (tapi pertama dateng dikenain 38 ribu, lebihnya untuk biaya kartu terapi katanya).

Mudah2an deh semua nya lancar, termasuk rezeki nya juga dilancarkan AMIN. Habisnya, untuk tes ini itu dsb nya ini lumayan, mana ga dicover asuransi, pokoknya segala hal yg berhubungan dgn infertilitas ga dicover, hiks hiks :((

Mohon doa nya ya!!!

Thx

# UPDATE : Foto alat buat diathermi

dsc00469a4

dsc00467

dsc00468

Alatnya agak jadul sih emang, masih analog semua, trus indikator output powernya juga rada ngaco, harusnya kan 45 watt, tapi kalo aku perhatiin kadang cuma 30 w atau malah sampe 60 w, hemm…reliability nya patut dipertanyakan nih *halah bahasaku*. Tapi gpp kok, mudah2an secara fungsi masih OK.

About these ads

Comments»

1. kuna - December 15, 2008

halo, lam kenal..
mo tanya nih, terapi diatermi itu apa ya? dan fungsinya untuk apa?
makasih..

2. Ayk - December 15, 2008

halo juga kuna
diathermi itu terapi penghangatan rahim, dgn cara penyinaran di perut bagian bawah, tujuan nya mengatasi infeksi, membunuh bakteri, memperlancar aliran darah. dalam kasusku, mudah2an bisa juga untuk membuka saluran tuba (yg tersumbat).

sebelumnya aku sudah melakukan hydrotubasi/ditiup (dimasukkan cairan/obat untuk membuka sumbatan yg ada di saluran tuba), tapi ternyata sumbatan nya masih ada, jadi untuk mengatasi nya aku disarankan terapi diathermi, bahasa awam ku kurang lebih mungkin agar sumbatan yg ada itu bisa sedikit “melunak”, jadi saat hydro kedua nanti semua sumbatan nya bisa luruh & saluran tuba ku lancar *sambil ngebayangin sumbatan di saluran air rumah*

kata mbak terapis nya, ada juga loh yg setelah menjalani diathermi tidak perlu lagi hydro kedua, mungkin karena dirasa saluran nya sudah ga mampet lagi, ya tergantung saran dokter yang nanganin deh.

mudah2an membantu ya kuna, doain juga mudah2an semua proses program hamil ku lancar. makasih.

3. nico - December 16, 2008

hi

4. th3sea - December 16, 2008

ayik… waduh… diathermy-nya murah amat? aku kena 45rb loh. cuma 15 menit sih karena alatnya uda menjangkau semua katanya.

5. Ayk - December 17, 2008

@ nico
hi juga

@th3sea
mungkin karena alat diathermi yg aku pake udah jadul banget des, jadi udah balik modal sama harga beli nya dulu, makanya murah hehehe….

6. Isty - December 18, 2008

aku jg pernah di diatermi kok..
enak, sampe ketiduran, pas lg nyenyak2nya…eh wktnya kelar.
hehehe.
aku sih dulu cm 10x..
nanti add aku aja yah biar enak ngbrlnya

btw, itu lah knp aku seneng dan cocok brobat di prof Iam..
orgnya positif skali…

eh, tmn kntrku sehabis di hydro & di diatermi lgsg HAMIL loh :D

mknya aku dpt rekomendasi kuat tu ya dari dia..

smoga sukses smua yah ayk… :)

7. Anggi - December 18, 2008

halo Ayyyk! salam kenal :)
gue Anggi & baru di Hydro juga Senin kemarin di BudJay sama Prof. Marsis. Gilaaa seneng banget gue nemu blog lo. Udah bbrp hari ini gue deg2an nunggu konsul dan USG TV karena kemarin susternya sempet nyebut2 LO :( Konsul dan USG TVnya ntar sore btw.. uhuhu. Ada YM?

8. Ayk - December 18, 2008

@ Isty
udah aku add ya YM nya, senengnya bakalan bisa cit-cet di YM *sayang hari ini inet agak lambreta di kantor*

@ Anggi
seneng nya ketemu anggi juga, langsung aja ya bu kalo mau YM

9. Erna - December 25, 2008

Salam kenal,
Dari hasil hydro, tuba ku paten tp retrofleksi. Trs aku cek hormon dan hasilnya prolaktin : 43, (normalnya 5 – 35). Prolaktin itu menyebabkan sel telur tdk ovulasi, jd walaupun berhubungan di masa subur, tidak akan hamil krn tdk terjadi pembuahan. Untuk temen2 yg dikasih obat penyubur mending cek hormon dulu (cuma saran berdasarkan pengalaman pribadi), krn kalau prolaktinnya tinggi, obat penyubur ga bekerja maksimal. Aku sebelum cek hormon, sudah mengkonsumsi penyubur profertil & provula selang seling selama 6bln, tp ga ada perubahan. Skrg setelah tahu penyebabnya, sedang terapi minum obat Parlodel untuk menurunkan prolaktinnya.

# Mbak Erna,
Alhamdulillah ya tuba nya paten. kalo rahim nya retro sih gpp mbak, itu cuma variasi bentuk aja, konon kebanyakan wanita Asia ber-rahim retro.
Oh ya, mbak erna mens nya teratur nggak, karena efek kelebihan prolaktin nya?? Kalo aku kebetulan selalu teratur siklus 28 hari, jadi setiap bulan nya sel telur tetap ovulasi mbak. Kata Prof Iam sih emang di setiap orang bakalan beda-beda efek nya.
Trus profertil & provula itu diresepin sama dokter ya?? Aku belum pernah diresepin obat penyubur mbak, jadi besok pas kontrol ke dokter bisa sekalian aku jadikan bahan pertanyaan nih ke si dokter.
Mudah2an terapi parlodel kita berhasil ya mengendalikan si prolaktin bandel itu ;)

10. fa - January 5, 2009

Salam kenal..
Seneng ni nemu blogny, paling ga jd tau ternyata byk jg temen2 yg berjuang demi dapetin baby. aku jg lg ikutan program hamil ni, tp krn suami pindah2 mulu, aku jd sering gonta-ganti dokter, rencana minggu dpn mo laparoskopi..cos dah hidro 2x tp kata dr nya mending LO aja biar ketahuan, kt dr tuba kiri tersumbat. Btw, buat ayik dan isty blh aku add ga YM nya, sapa tau jd bs sharing lebih dlm, cieela.. thanks a lot ya! mg2 apa yg kita impikan di kabulkan ma Yg Di Atas..amin..

halo…ini uline yang kita udh ngobrol di YM itu kan bu?? tetap semangat ya say!!!

11. oki maya agustina - February 5, 2009

Geu seneng banget dapetin Blog ini oh ya gue juga lagi program hamil anak Ke 2 Gue udah lepas KB 2 th anak gus yang pertama udah umur 5 tahun sampai sekarang belum hamil Juga akhirnya gue berobat Ke rumah sakit RSPAD Gue Pertama disuruh papsmer , Tes Darah dan suami gue tes Sperma Hasil nya oke oke saja Lalu gue di suruh HSG ini dia baru ketauan Kenepa gue hamil yang kedua ini susah banget ternyata ada penyumbatan di Rahim jadi Sel Telur tidak bisa ketemu dengan sel sperma , Lalu gue di suruh Hydro sekarang sudah Hydro yang kedua kali tapi obat nya tidak berhasil masuk karena masih tersumbat lengket , lalu gue sekarang di duruh Diathermi duch capek nya kenapa mau hamil yang kedua ini susah banget oh ya yang mau kasih info Email Ke aku aja Ya oki_maya@ yahoo.co.id

12. Ayk - February 6, 2009

@ mbak oki
ayo mbak tetep semangat ya, pasti bisa lah, apalagi udah pernah dapet yang pertama itu toh?? trus sekarang treatment nya apa mbak, abis diathermi disuruh hydro ketiga kah, atau gimana??

13. Dwi pras - February 16, 2009

Sorry mua. Kaya’nya cuma aku dech, cowok yg ikutan share di sini. Tp gk pa2 donk. Saluran tuba istriku juga tersumbat 2-2nya. Udah pernah hydro 3X, tp gk pake diathermi. Hydro ke2, pinggul kiri terasa nyeri, cuman gk lgsg, ke3, jg nyeri (langsung). Kata dokternya sih patent, cuman udah 6 bln kok tetep belom hamil, apa bukanya masih sedikit ya. Maunya sih tk suruh hydro lagi, tp dia ga’ mau, sakit katanya. Do’ain ya mua. Slm hangat dr kami,
pras, astutik
kediri_jatim

14. Ayk - February 17, 2009

@ Dwi pras
Gpp kok pak gabung disini, namanya juga sayang istri toh.
Kalo memang kata dokter paten (alias ga tersumbat), berarti ya udah ga perlu hydro lagi dong pak. Masalah belum hamil, mungkin tinggal nunggu giliran aja pak, akan tiba saatnya kebagian rezeki itu.
Tapi memang syarat terjadinya kehamilan itu kan :
1. Ada ovulasi (selama ini mens nya istri pak pras gimana, pasti udh tau kan cara menghitung perkiraan kapan terjadinya ovulasi)
2. Saluran tuba lancar & tidak tersumbat (udah paten kan kata dokter)
3. Waktu yang tepat (kemungkinan hamil akan lebih besar bila hubungan dilakukan saat masa subur)
Mudah2an cepet berhasil ya pak, salam buat istri :)

15. Windy - March 10, 2009

Halo mba! :) Duh setelah baca-baca beberapa posting disini jadi ga tahan juga buat ikutan nulis disini,hehe. salut banget ama semuanya yg lagi usaha. jadi ikutan semangat. aku baru nikah 7 bulan sih, tp lagi usaha juga dan cari ilmu yg banyak :) klo aku haid-nya ga teratur dan siklusnya kebanyakan diatas 30 hari, rata2 35 hari, dan paling lama pernah 39hari. oya, pernah juga ga dapet sama sekali *mungkin krn stress ngurusin persiapan nikah ketika itu*. pernah 2kali ke dokter Boy Abidin di Mitra Keluarga Kelapa Gading. cuma dikasih profertil. kayaknya dr boy belom terlalu antusias dengan program hamilku, krn katanya nunggu usia pernikahan setahun dulu aja. tp krn sebelum nikah aku sama sekali belum ngejalanin pre-marital check up, jadi rada2 parno gituh. :D
Sekarang aku belom ke dokter lagi, cuma konsumsi susu hamil, vitamin pro natal elevit,dan baru mau konsumsi femona spy haid lebih teratur. Smangaaaat!! :))

16. Ayk - March 10, 2009

@ Windy
hehehe belum 1 thn nikah toh, iya biasanya sih emang dicuekin gitu, suruh usaha alami dulu. kalo mau sih boong aja, bilang aja udh setahun. tapi sebenernya sih program hamil ke dokter itu bukan pilihan yg bagus2 amat, soalnya begitu ke dokter trus disuruh tes ini itu bla bla bla biasanya malah makin kepikiran, apalagi kalo ternyata kita ada kelainan apa gitu, duh bener2 makin cemas, padahal kunci keberhasilan hamil konon malah kalo ga terlalu dipikirin.
tapi kalo emang udh siap mental dan lahir-batin, gpp banget ke dokter, biar cepet ketauan masalahnya & cepet diatasi.
kalo urusan dikasih sih bener2 urusan Tuhan, kita memang harus usaha, dokter memang bisa membantu, tapi urusan nyawa benar2 rahasia Tuhan.
Moga2 cepet hamil ya windy, santai aja, jangan terlalu dipikir, baru 7 bulan kok :)

17. emma - July 18, 2009

Hi smua, lg hunting info ttg program hamil trus ketemu blog ini deh.
Sy udah hampir 2 thn nikah, tp sampe skrg blom hamil2 jg pdhl sdh bolak-balik konsul ke dokter obgyn.
Posisi rahim mmg retro, tp siklus haid normal 25-30 hari. Sy blom priksa saluran sih, akhir2 ini agak males ke dokter lg. Takut klo hasilx mengecewakan. Bbrp bln yg lalu sdh USG Trans, hasilx OK. Skrg sy rada2 putus asa gitu, jd males klo disuruh visit dokter lg.
Mdh2an tmn2 smua pd sukses programx, dan nanti nular padaku y….

18. Ayk - July 19, 2009

Halo Emma,
Kalo menurut ku sih sayang banget Emma udh bolak balik konsult ke dokter tapi belum periksa saluran telur (baik HSG/hydro). Atau memang tdk dijadwalkan ya sama dokter SpoG nya, kalo memang tdk dijadwal mungkin menurut dokter saluran mu baik2 aja?
Tapi menurutku sih tetep perlu make sure soal saluran telur, dasar banget soalnya bu.
Siklus mens ku juga selalu on time 28 hari (bener2 ontime, ga pernah kecepatan atau telat), kalo periksa ukuran telur juga normal2 aja, dari USG juga keliatan baik2 aja. Trnyata masalah utama nya justru di saluran itu tadi
.

19. emma - July 27, 2009

Halo mba ayk, baru baca postingan lg niy.
3 bln lalu sy sempet nanya sm dokterx, tp dia blg blom perlu. Yah, rencana bln depan mau visit dokter lg nih skalian dituntaskan pemeriksaanx. Wish me luck y tmn2 ;)

20. emma - July 27, 2009

Mba’ Ayk, wahh thank’s y…
Rncana bln dpn mau ke dokter lg minta priksa saluran biar lbh yakin mslhx dmana. Krn ukuran sel telur normal2 jg.
kmrn dokternya blg gak perlu priksa saluran, dia msh optimis aku bisa hamil. Klo gitu kita mesti punya inisiatif y? Takut ntar dokterx malah tersinggung klo minta duluan hehe

21. Ayk - July 28, 2009

Emma, kalo aku sih dasar utama ke dokter itu TRUST, jadi aku percaya semua saran2 mereka selama memang masih logis. Kalo memang menurut dokter ga perlu, yakin & positif thinking aja bu kalo memang ga ada masalah disitu.
Atau kalo emang ragu2, kayaknya gpp menyampaikan inisiatif kita, dokter yg baik pasti akan selalu mendukung demi kemajuan pasiennya kok.
SUkses ya say, kalopun jadi periksa mudah2an betul tidak ada masalah di saluran telur.

22. ekawati - August 6, 2009

hallo salam kenal. nama saya eka. saya juga sedang berobat sama Prof Iam. emang tuh prof ok buanget. udah nyoba berobat ke dokter lain. ternyata hanya dia yang paling cocok. saya ini sebelumnya ada myom adenomiosis dan sudah di operasi tapi ternyata blm hamil jg.beberapa hari yang lalu sy konsul lg ke budhi jaya, eh ternyata saya di suruh hidrotubasi tapi harus diatermi dl. cm waktunya dah mepet bgt. sedangkan fleknya blm selesai2. jd kl di diatermi cm bisa 2x. sedangkan minggu harus hidrotubasi. mba, kok bisa seh hidrotubasi 2x. wah lumayan juga donk biayanya. 2 jt lebih. berati kita harus bayar lagi donk?. doain ya mba biar daku berhasil.

Mbak eka, waktu hydro pertama katanya saya masih mampet (saluran 2-2 nya), setelah itu suruh diatermi dulu (diatermi bisa kapan aja kok asal udh bener2 bersih mens nya, kalo msh flek tapi diatermi dikuatirkan terjadi pendarahan mbak).
Trus abis diatermi waktu di saya usg, perkiraan Prof. Iam masih mampet juga, jadi harus di-hydro lagi yg ke-2. Eh setelah hydro ke-2 ini sebenernya masih mampet juga mbak.

indri - November 28, 2012

malam mb aku baca blog nya,bisa tanya gak mb rumah sakit budhi jaya ada di mana alamat lengkap nya di tanganin prof lam?
thanks ya atas info nyasemoga ky sukses mempunyai anak amiin…

23. idh - August 11, 2009

hallo salam kenal mbak ayykkk…. aduh seneng banget bisa dapetin blog ini. saya udah punya satu anak, umur 6 tahun… udah beberapa tahun ini program anak ke-2, ternyata alhasil seperti mbak ayk…. hasil HSG, saluran tuba kiriku mampet total.. pet… pet… yang kanan juga tersumbat parsial…. udah hydro 2 kali… hasilnya cairannya masih tumpah alias belum berhasil. habis hydro yang 1 agak mules dikit… dikit… katanya kalo berasa mules berarti agak berhasil.. tapi ini cuman mules dikit… dikit sekali. abis hydro ke-2 kaki kanan itu pegel banget kayak ada otot yang ketarik…kalo menurut DSOGku kalau hydro yang ke-3 nggak berhasil juga membuka sumbatan itu ya mau nggak mau harus BT…. setelah membaca Blog ini kok ada pencerahan dengan diatermi… ada nggak ya mbak kasus like me bisa hamil tanpa harus BT… makasih ya mbak…

24. Ayk - August 11, 2009

Mbak idh, kalo menurut saya sih bisa banget mbak, soalnya sejak divonis saluran tuba mampet 2-2 nya (bahkan setelah hydro 2x), tapi nyatanya bulan berikutnya saya sempet hamil, saya bener2 percaya “kalo nggak ada yg nggak mungkin”. kunci nya positif thinking aja mbak, toh udh pernah hamil kan, berarti tersumbat nya juga ga parah2 amat.
secara medis, saya setuju untuk mencoba berbagai cara yg lebih mudah (dan murah tentunya), seperti diatermi. mudah2an berhasil ya bu.

25. Hani - August 21, 2009

Temen cln bunda,seneng sekali bjumpa ma smua.aku hani dah merit mau 3 thn.lg nungu ktrunan.kata dktr aku jg trsumbt ke2 tuba..udah hsg tp lum hydro.bwt mb ayk thnx suportny.mdh2n ramdn ini saat diijabah doa2.luv all

Hani, makasih juga ya bu. Mudah2an ramadhan ini menjadi berkah buat kita semua yg menantikan buah hati tercinta. AMIN.

26. putri - August 26, 2009

Hallo mua,putri ne. Seneng ktmu bnyk tmn yg lg ush dpt baby. Q udh 2th merid. Td q k sp.og..tnp blng ap2 q lngsung srh diatermi

Putri, salam kenal juga ya. Mungkin SpoG nya ga sempet njelasin ini-itu, jadi memang pasien nya yg harus aktif nanya2. Kalo kita nanya, pasti SpoG nya juga akan menjelaskan kok.

27. cut - August 26, 2009

hii semua salam kenal aq mulai rutin kedkter spog sejak baru menikah n ada adenomiosis kt dktrnya trus aku coba second opinion ma dkter laen tp kt nya baik aja sampai ada dktr yg menyuruhku hsg n hasilnya kedua tuba non patent tp anehnya lima bln kemudian ak haml tp cuma bertahan empt mggu sedih bgt ak dah nikah tiga taon n dkter mnta ak laparascopi tp aq blm brani cause aq msh bingung kok sumbat tp bs hamil aq tkt ntar parut bekas laparascopy jd tambah sumbat please sharing dong ak udh putus asa bgt


Cut, kalo baca pengalaman ku dari awal, aku juga dibilang 2-2 nya tersumbat, tapi ketika akhirnya berhasil hamil (meskipun cuma 10 minggu), dokter langsung jamin kalo sudah tidak ada masalah di saluran tuba ku, jadi kemungkinan tidak tersumbat. Sharing lebih banyak bisa gabung ke milis calon_bunda@yahoogroups.com , insyallah akan lebih banyak lagi calon bunda yg bisa sharing bareng.

28. cut - August 27, 2009

Trims,,,,atas jawabannya yg membuat aku agk lebih semangat, ntar aku coba gabung ke milis nya, aq jg yakin kl tuba ku ga sumbat lg, cuma yg anehnya waktu aku tunjukin hasil tes pack dan hasil usg ku yg positif hamil malah dokter yg nanganin AQ sekarang itu blm tentu akurat ktnya…………………..duh……kasian bgt huby yg udah pengen cepat2 punya momongan sampe2 aq blg,,,,,,merit aja lagi,,,,,,,,walaupun dalm hati tdk ikhlas……………………

nova - August 28, 2012

cut……….invite mbak nova ya… bb nya habis di install. jd ilang semua.. 21DC226F

29. Ayk - August 27, 2009

Cut, kalo menurutku positif thinking aja, kalo ada kress dgn pendapat dokter, menurutku mending cari 2nd opini dokter lain. Soalnya aku tipe yg pasti akan pindah dokter kalo dokter yg nangani aku bikin aku ga nyaman, atau terlalu nakut2in yg enggak2. Nyatanya apa yg dibilang dokter A belum tentu sama dgn dokter B, dan saya (dan suami) cenderung mempercayai hal2 yg baik-baik nya saja.

30. Ayunda, 28 Sept 2009 - September 28, 2009

hi mb. Ayk. Slam kenal. senang ketemu blognya..
aq baru nyoba ke dokter Iam hari jumat kemaren..disuruh cek darah lengkap n dah di jadwalin hydro aja hari rabu tgl 30 Sept ini. Tp kata ibuku jgn hydro dulu tunggu sampe tes hasil darahnya keluar dulu. Takut deh di Hydro, uda tindakan dalem kan tuw..pengalaman mba ayk hydro di budjay gmn?

31. ernawati - October 3, 2009

Salam kenal semua, saya erna mau ikut gabung nih..saya baru di hsg, dan hasilnya kedua tuba non paten dokter ku bilanh cara. Penyelesaiannya hanya dengan operasi…saat membaca sharing ibu2. Disini saya baru tau tu tentang determi…mohon informasinya don bu…emang denhan determi bisa membuka saluran tuba yang non paten itu… Di tgg ya informasinya

32. fifi - November 7, 2009

hai ..salam kenal..mau ikutan share pengalaman juga boleh ya,,,

Setelah merit 2 tahun, br ketahuan 2 tuba non patent, dan akhirnya disarankan untuk laparoskopi( LO ). Tapi setelah LO ternyata hasilnya kurang menyenangkan krn ternyata perlengketannya ga bisa dibuka, karena kalau dipaksa dikhawatirkan terjadi pendarahan. Aku inget banget nangis ga brenti2 waktu tau hasil operasinya begitu ( mm..kykynya 2 minggu non stop deh..hehehe). Tapi ternyata 2 bulan setelah itu aku Alhamdulillah hamil…walaupun ternyata hanya bertahan 11 minggu krn blighted ovum.( hasil tokso n rubela juga tiggi bnaget IGG nya)
Setelah itu aku ngobatin toksonya,..dan ngecek HSG lagi..krn menurut dokter berarti sudah ada celah krn terbukti hamil. Tapi ternyata setelah HSG hasilnya juga mengecewakan..karena tetap aja 2 tuba non patent. Akhirnya dokter menyarankan untuk bayi tabung sebagai jalan keluar. Rasanya berat sekali denger itu dari dokternya..selain biayanya juga mahal..
akhirnya kt break dulu lah berobatnya, dan sambil niat nabung untuk program. Tapi Alhamdulillah…keajaiban terjadi lagi..aku ternyata hamil lagi. Rasanya ga percaya pas liat test pack..secara doktrnya juga bingung celahnya dimana..Alhamdulillah sekarang sudah 14 minggu..amaze banget liat perkembangannya pas di USG..
Mungkin buat yang saat ini lagi sedih karena hasil HSG nya mengecewakan..tetap semangat, positif thinking, berdoa dan terus berusaha..InsyaAllah keajaiban mungkin saja terjadi..karena itulah yang terjadi pada saya..

nova - May 21, 2012

Fifi…..seneng dengernya. Aku juga di vonis dokter tersumbat. tapi sebelumnya aku sempat hamil namun tdk berkembang. smoga aku akan seperti kamu. fi.. ini no hp ku 0852.698.68.344 PIN 21DC226F…

33. afrianti - December 15, 2009

lam kenal, setelah di hsg ketahuan dech ke 2 tuba nont patent, sekarang lg diatermi ngikutin saran dokter.. mudah2an berhasil do’akan ya… dan sebaiknya kalo temen2 lagi di diatermi jangan usil tangannya.. memang berasa gatel dikit karena reaksi panas dari alat plus keringet kita bercampur.. cos sy pny pengalaman kesengat elemen yang panas di jari tangan… gosog dikit tapi gpp uda baikan.. yg jls ini bagian dari skenario Allah buat kita.. diamil hikmahnya, terus berusaha, posithif thinking.. n yg pasti jgn lupa brdo’a…

34. kalisya - January 20, 2010

duh seneng banget ketemu blognya…liat temen2 jadi smangat lagi ni..ada yang punya pengalaman di hydro ga?…prosesnya gimana tuw?…sakit gag?…

35. mylifechibi - February 3, 2010

salam kenal semuanya,, aq mo bagi pengalaman hydro dgn dr. Wachyu di Bunda menteng,,aq di hydro 20 cc antibiotik alhamdullilah masuk semua cairannya,, dokter ambil kesimpulan patent,, rasanya di hydro sakit campur mulas,, tapi masiy bs tahan kok,,sekarang aq sedang ambil 2nd opinion di dr. Endi Moegni,, share info yaa,,

36. Yuli - February 21, 2010

Salma kenal mba ayk..seneng jg nemu blog ini.masalahku jg sama nieh.ke2 sal tubaku tersumbat.hu hu sedih,dah 2 thn blm hamil jg.aku jg dah hydrotubasi 3x.wkt hydro 1 dan ke 2,mash byk cairan yg keluar.wkt k 3,kt dr dah bgs.krn obat yg dimasukin byk yg msk.tp aku blm hsg lg tuk ngecek dah kebuka pa blm.gmn menurut mba?oya,saat ini mba dah hamil blm?aku sih,slalu berpositif thinking,kl suatu saat aku akan hamik.ada tmn2ku yg br hamil setelah 3 thn ato 8 thn nikah.aku jg pernah bc d weddingku,tersumbat 2’nya,ga pengobatan apa2,pasrah k Tuhan,alhamdulillah hamil.saling mendoakan ya,mba..btw,boleh aku add ym nya?

37. nury - February 27, 2010

hai..semua..ibu2 yang lagi berjuang & bpk yang lg memperjuangkan ibunya :D, aq jg lg program hamil..udah nglewatin HSG tyt tuba kanan non patent dan kiri ada indikasi hydrosalfing. Aq baru dgr kalo ada metode yg namanya diathermi…oya dokterQ Prof. syamsul Graha AMerta nyaranin bwt laparoskopi..sebenarnya aq ga bgt kwtr dgn prosedurnya dah sering liat di internet…tapi bgt prof bilang nanti klo yg kiri ga bs dikoreksi…sy minta ijin di awal klo kmungkinan tubanya sy potong yg hydrosalfing….lho prof kok dipotong!!!??? lha iya..bwt apa nyimpen barang yg g bs dipake..jwbnya dgn mencontohkannya pake mimik wajah yg lucu…meski dia bilang berkali-kali…”ini kalau..lo ya…ingat kalau hydrosalfing”…tp aq terlanjur keder duluan…alhasil aq nangis dua malam..ga bhenti…(untung pas libuR) dan takut bwt balik lg….klo ada yg py pengalaman serupa tolong share ya… thx…

aisyah - June 13, 2012

Apa kabar Nury? Ω̶̣̇ķΰ divonis hidrosalping dan kista di saluran tuba bagian kiri sebulan Чăπğ lalu. Nuri ada saran Ъќ>:/ buat aku?? Makasi ​Ɣª. ..

Endang - October 22, 2012

Mba nuri bisa minta no telpon dan alamat praktek Prof. Syamsul. Terima kasih

by Endang

38. Regina - March 7, 2010

hai semua.. rasanya seneng bgt deh nemu blog ini.
aq jg lagi program ingin cepet pny baby, dan ternyata setelah cek ke dr. Soedibyo di Hermina Jatinegara, kemaren aq di tiup, dan hasilnya 2 tuba nont patent. sedih bgt dan syok.
rasanya setelah di tiup kok masih nyeri ya seperti haid pertama dan masih ada darah yang keluar. help me share tent after di tiup
kemudian ak disuruh terapi diatermi 10 x. dan disuruh cek lagi utk tahap berikutnya..

39. fitri - March 24, 2010

hai..hai.. Masalahku hampir sama juga. Aku uda nikah 2 th, 9bln yg lalu aku divonis ada kista coklat di tuba kanan kiri. Trus injeksi tapros 6siklus,mahal bgt,sekali suntik 2jt an. Setiap suntik kan di usg ktnya uda mengecil sempet seneng bgt… Trus dksh obat mcm2.. Sampe kmren aku ditiup untuk lht ada penyumbatan apa gak,tnyta ada penyumbatan,yg bikin aku kaget tnyta ukuran kista gak berkurang sdktpun,tetep spt diagnosa awal. Lah yg bulan2 yg lalu kemana aja?ktnya ud mengecil,bahkan yg kanan ktnya malah uda ilang. Pusing kan,, trus aku disuruh by tabung sm laparoskopi. Jadi bingung!! mau hbs brp lg? Laparoskopi uda mahal,by tabung apa lagi?

40. melissa - April 19, 2010

haii.. salam kenal. masalahku sama bgt dgn ayk.
tapi begitu baca ini smua aku jd smangat lagi. dokter jg menyarankan u laparoskopi. ada yg tau ga sih biaya u laparoskopi itu ? aku da ga sempet nanya karna uda lgsg nanggis menjadi2 hehehehe….

ayk, bagaimana kabarnya skaarang?

41. lia - April 23, 2010

Hii…. Lam kenal, baru ini q jg lg program hamil setal q di hsg ternyata ke 2 tuba q non paten n tuba kanan hidroselphink sedih rasanya…. Dah 3 hari ini bawaanya drop n nangis mulu…saya mau tanya para calon mom yg pernah hydro apa waktu di hydro dibus apa engga ya? N sblum hydro ada tes darah dulu ga? Bagi infonya…

42. melissa - April 24, 2010

@ rIA : Apa sih hidroselphink ? gw sih di hydro kagak di bius dan ga ambil darah dulu. gmana ya semangatin loe? karena gw pun masih down dan butuh semangat. ehmm… tenang smua ada waktunya, Tuhan tetep Baik walaupun kondisi kita seperti skarang ::)

43. Ly - May 24, 2010

Hi all..salam kenal…sy jg tuba kiri non-patent, tp karena kanan nya patent jd dokter ga pernah saranin utk diathermia dll…kl utk itu apa perlu rekomend dr dokter…

44. yl - May 25, 2010

hai,slm kenal. senangnya ktmu am blog ini. Aku lg program nih,kmrn di hsg hslnya kedua tuba non paten. Trus di hidro,hslnya tetap sama,msh kesumbat. Skrg lg disrh diathermi,tp lg tunggu fleknya bersih. ada yg ksh tau, ktnya dgn akupuntur bs buka saluran yg tersumbat. Apakah ada yg pernah coba?dan berhasil?ditunggu sharingnya ya

45. kris - September 6, 2010

dear…
salam kenal sebelumnya,,,
aku kris usia 25 n suami 26,sdh setahun menikah tp blm di kasih momongan,
krn usia pernikahan sdh berjalan 1 tahun aku ngerasa sdh seharus nya aku periksa ke Dr n coba ikut baby program,
singkat cerita aku d HSG n hasil nya 2 tuba non patent. shock bgt n hopeless krn dokter ku bilang jln satu2 nya hanya bayi tabung,
yg ada dipikiran aku bayi tabung itu sangat mahal dan tingkat keberhasilannya pun hanya 35% saja. OMG,,,seakan dunia ku runtuh,,
buat temen2 yg punya kasus seperti aku,,mohon share nya donk,,
apa yg hrz aku perbuat krn aku ingin sekali punya baby,,
aku ingin ganti dokter krn jujur aja aku menilai dokter ku saat ini hanya ingin proses yg instant tanpa mau repot,sedangkan aku ingin berusaha dr step yg awal dulu krn keterbatasan dana.
tapi aku bingung mau cari dokter n rumah sakit mana yg bagus n bisa nolong aku krn aku trauma dpt dokter yg ga bs di ajak sharing,
RS mahal bkn jaminan utk kualitas yg bagus krn RS tempat aku periksa skrng cukup mahal tp aku kecewa. kalau boleh tahu RS Budhi Jaya dimana yach??
utk catatan,,aku sdh coba buka2 internet n baca2 artikel ttg kasus ku termasuk blog ini,,
alhamdulillah,,,ini sangat membantu dlm membangun spirit buat punya baby.
buat temen2 yg lain mohon bantuan,,info n share nya yach,,,plizz,,

regards
KRIS

46. sari - October 5, 2010

Salam kenal semuanya,,,
Kedua saluran telur saya malah sudah diambil.
Dan hanya tersisa 1 indung telur kiri.

Jd kesempatannya hanya bayi tabung, mohon bantu
info klinik bayi tabung paling tepat utk kasus
seperti saya,,

Trims,, kalo ada yg berkenan add saya
saripermanik@yahoo.com utk ym+fb. Biar
kita bisa bagi2 info ya.

Regard
Sari

47. endah - October 8, 2010

tulisan mbak,sama banget dengan yang menimpa sya, dari hasil HSG ke2 saluran telur tersumbat,dkter ksh saran Laparaskopi,ada yg blg Hydro aja,ada yang bilang Bayi Tabung…?? jdi bingung ma takut…!!

48. sari - October 8, 2010

Dear Mba Endah,
Kalo saluran udah hydro, aga susah juga katanya kalo dibikin ga buntu.
Kemarin pas operasi dr Adi tadinya mau HSG skalian,cek buntu atau ga
saluran telur yg kiri (yg kanan udah diambil saat operasi ke-1).
Tapi karena lengket+hydrosalping (melintir), jd meski dipertahankan
kalo hydro katanya mustahil bisa hamil, sakit iya, karena haid yg sakit
diantaranya krn pelengketan+hydro, akhirnya diambil krn pas dioperasi
sudah jelas hidrosalping.

Kalo dokter minta laparoskopy,mending laparoscopy dulu.
Soalnya kalo utk cek hidrosalping aga susah diatasinya. biaya 13-23jt biaya laparoskopy.
(Tergantung RSnya, disarjito yogya th kemarin 13jt).Tapi ada info di tempat
bisa nyampe 23 jt.

Kalo ternyata hasil laparoscopy bisa dibuat saluran telur normal (ga buntu lagi)
Bisa alami atau inseminasi dulu, kalo ternyata memang buntu ya mau ga mau bayi tabung.
Saya usia 32, suami 36, jd dg kondisi ya mau ga mau harus bayi tabung.

Info yg baru sy dapat Siloam surabaya ternyata khusus utk maternity,
Spesialisasi di bayi tabung, tapi selain dr Aucky Hinting (beliau androlog alias ahli
kesuburan pria, sedang suami saya sehat+sperma bagus, jd saya harus dpt dokter
Spesialis kesuburan wanita hehehe (lupa istlahnya).

Ayo mba Endah, masih ada kemungkinan saluran telur ga buntu, jd bisa hamil alami atau inseminasi.
Laparoskopy dulu aja, mdh2an ga perlu bayi tabung.

49. eka sofia - October 11, 2010

hii.. aq mw tanya nih.. ada yg udh pernah hydro bius total ga? biayanya yg murah dmn y? thx b4 yah..

50. eka sofia - October 11, 2010

dear kris. aq punya no.tlp rs budhi jaya nih 8311722
km periksa ke dktr mana emangny? kasus km sama kya aq tp dokter aq ga ksh saran ky gt, malah wktu suami bilang operasi az buat buka sumbatannya, dokterku bilang ga perlu. kmrn itu siy tahapan aq.. hsg, diatermi, n sekarang harus hydro buat buka sumbatannya, kmrn pas hydro ga sukses krn aq ga dibius n trnyta ga kuat nahan sakit bgt. jadi sekarang aq lg searching2 rs untuk hydro bius total yg murah.

51. Ike - October 12, 2010

Hai smua.aku jg lg bingung ney krna kasus kita sama.aku lg mw coba pengobatan alternatiff ney ktnya ada yg bagus di daerah jogja,,doa in saya y biar sukses.tq u

52. elvira - October 22, 2010

Saluran tubaku keduanya tersumbat, dokter menyarankan laparoscopy. Tapi aku pilih itu untuk pilihan terakhir aja. Krn jawaban dr dokter tentang hasilnya utk dilaparoscopy tidak memuaskan. Akhirnya aku mencoba pengobatan herbal china. Katanya banyak jg yg berhasil. Kenapa dokter g menjelaskan atau menyarankan dihydrotubasi atau diatermi, ya…? Mohon infonya…

53. melissa - October 22, 2010

@ elvira : kasus saya juga sama seperti kamu, namin saya memilih ke dokter lain untuk mencari second opinion plus baca2 di inet msh ada harapan selain operasi dan disaranka untuk diatermi dulu. Sebaiknya memang laparos pilihan terkahir ya.

Saran saya kamu cari second opinion dulu. saya skrg lagi diatermi 2 sesion = 20 x :)

54. kris - October 25, 2010

dear,,,

thax yach utk eka sofia n teman2 yg lain utk info share nya,,aku jd tambah semangat n positif thinking.
sebelumnya aku cek di rumah sakit family pluit,,
kalo boleh tau eka sofie cek kerumah sakit mana? dokter nya cewe or cowo??
kalo deket n rumah sakit nya bagus boleh jg aku cek kesana,,
boleh minta YM kmu gak?? biar mudah utk komunikasi nya,,,
atau kalo kmu baca posting ku ini add YM aku yach,,,criz1806@yahoo.co.id

Regards
KRIS

55. nk_noor - October 28, 2010

salam kenal semua, maaf nih ikutan,thx utk sharenya mbak ayk,aq jg disarankan sama temen utk diatermi, tp blm sempet nyobain,,,klo aq krn stlh kuret thn lalu aq ga mens sama sekali,,,hrs sipancing pake obat terus,,,aq udh konsul ke 3 dokter tp blm ada yg ngerujuk utk diatermi…..mknya aq mw coba dokter yg di rekomen ma temen, mudah2an ada hasil yg berbeda,,,,

56. Ira - December 31, 2010

Salam Kenal semua…
saya baru baca blog ini.
Kalau boleh tau biaya untuk Hidro itu berapa ya??
Saya tinggal di Jogja

57. erie - January 15, 2011

Salam kenal semua..senang skli membaca blog ini. Jd semangat n positif thinking. Sy merit sdh 2th, 7 bln. Belum dikaruniai keturunan. Sedang berusaha juga. Tgl 14/01/11 ke Dr. Azen Salim di USG n di rekomendasiin bwt HSG, untuk deteksi awal apakah ada penyumbatan di saluran indung telur.tgl 15/01/11 ke RS Bintaro untuk buat janji HSG. Jd insya allah tgl 21/01/11 akan di HSG.perkiraan biaya 920rb. Doakan ya…

Email/YM :retnawati.erie@yahoo.com

58. Any - January 23, 2011

Salam kenal smua…snang ada komunitas sharing..krn perlu tau apa tuh tuba non patent sy lgsg cari di google…br mlm ini setelah skian lama sy takut HSG ternyata mmg bener something wrong with mine. Untungnya dokternya fair, bahwa sy harus disuntik smacam antibiotik6x dilanjut fisioterapi (dia blg bgitu..6x juga tp sy pengen 2nd opinion jg ke Yasmin..jd baiknya bagaimana ya…oh iya skrang usia 39 jelang 40th jg suami…mohon sharing teman2 smua…

59. Lilik - January 25, 2011

ikutan gabung yach mba2 salam kenal…..aku udah nikah 1th 6 bulan tapi udah gak sabar mo punya momongan (aduch kapan yach…………)udah ikut program anak, di suruh minum obat penyubur, di hydrotubasi sekali setelah selesai di hydo 3 hari nya aku di suruh balik k dokter katanya masa suburku sulit di prediksi akhirnya dokter menyarankan kalau bulan depan masih haid juga harus di hydro lagi tidakkkkkkkkkkkk…..
ada yang tau gak program anak tanpa harus di hyro ? kalau ada tolong di infokan yach

email : lilik.hartini@gmail.com

60. ryany - February 8, 2011

salam kenal semua… aku telah 5 thn nikah dan baru tau skrg istilah klw tuba ku yang non paten. aku disarankan laparoscopy di jakarta/surabaya atw penang. aku ngk disarankan diartemi dan tiup tuba. sedangkan aku d aceh jauh sekali klw hrs kejakarta atw srby. klw k penang ongkos lebih murah. klw aku ke dokter d penang apa aku harus ngasih surat pengantar dari dokter sini untuk di laparoskopi. apa bisa kita minta alternatif lain disana.

mimi - February 18, 2012

Ikutan gabung ya aku harus laparaskopi kira kira dokter yang bagus untuk laparaskopi dijakarta siapa ya, soalnya aku diaceh nih, ryani, apa udah laparaskopi jadinya dimana

61. sriy - March 16, 2011

Salam kenal semuanya,,,
ternyata banyak jg yg mengalami kasus tersumbatnya saluran telur. sama halnya sepertiku yg udah nikah 4 thn pemeriksaan akhir ternyata satunya non patent dan satunya infeksi (nyaris tak berbeda). untuk saat ini aku stop ke dokter karena agak trauma denger vonis dokter. tapi satu sisi aku tetap mengupayakan pengobatan secara herbal. niih yang pernah aku denger kunir bs menyembuhkan infeksi jd aku minum jamu kunir utk saat ini. yach…mudah2an ada hasilnya, minta doanya yaa dari temen2 semua….

62. nining sarawati - May 15, 2011

salam kenal
saya tertarik dengan blog ini ,kebetulan saya mau di hirotubasi sekarang saya sedang menjalani fisioterapi selama sepulh kali .Rs mana ya yang hidrotubasi di bius total ?

63. ria ray - July 25, 2011

lam kenal mbak,,
kira2 3 tahun yang lalu saya pnh lkeguguran sehingga saya harus dikuret,,setelah dikuret sy haid secara teratur krg lbh 4 bulan,,tp setelah itu saya ga dtg bulan lg ampe sekarang,,,selam 3 thun ini sy rutin konsultasi ke dr,,kt Dr hormon sy ga normal shngg sy ga bs haid,,,sy pnh melakukan pap smear n hsilnya tidak ada kelainan,,trus 3 hari yg lalu sy memberanikan dri untuk HSG,,dan ternyata keduanya non paten alias tersumbat,,,sy sedih bgt,,
saya bingung mbak apa yg hrus sy lakukan sekarang,,,klu ada yg pnya cerita spt saya tlng infonya ya,,,terima kasih

64. nisa73 - July 26, 2011

lam kenal,
hampir 2 th yll sy melahirkan secara cesar dg moym 15×15 cm, seberat kurang lebih 4 kg, secara waktu itu myom berada di pintu lahir.. Alhamdulillah sy bisa hamil juga.,,
kira2 4 bulan yll sy HSG, hasilnya tuba kanan tersumbat, tuba kiri tidak tervisualisasi.,,dr sebuah forum ttg infertilitas, sy dpt alamat pengobatan alternatif di daerah Bogor,..dr forum tsb, sy dpt alamat bapak yg pernah mengobati salah satu ibu yg berhasil hamil meski divonis dokter tidak memiliki tuba. anak dr ibu tsb sekarang udah berumur 1,5 th.saat ini sy lagi mencoba ke bapak tsb…doakan ya..semoga bisa berhasil hamil lagi…amien..(kalo ada yg mau alamatnya bpk tsb, bisa ke email sy:nisa1973@yahoo.com)..trims

65. nieta - August 17, 2011

asslkm…salam kenal semua sahabat yg berjuang untuk mendapatkan sang buah hati..semoga,,, semua ihtiar, dan doa kita segera di kabulkan Allah SWT, amiin…, pernikahanku tahun ini mnginjak 2 thn 5 bulan, di tahun pertama sempat hamil namun keguguran, bulan berikutnya ak kontrol ke dokter di beri profertil, seingat aku 3 bulan siklus haid, belum berhasil :(, selanjutnya aku di rekomendasikan HSG, ternyata tuba sebelah kiriku non paten, sebelah kanan paten tp terlihat tipis, jdnya dokter menyimpulkan kedua tubaku non paten, selanjutnya aku menjalani hidrotubasi 5 X, bulan berikutnya diberi profertil lg, msh nihil, akhirnya dokter yg menanganiku angkat tangan, merujuk aku ke sardjito jogja, di sardjito aku di sarankan untuk laparoskopi, aku tunda dulu aku ingin mencoba alternatif lain, karena dokter di sardjito itu mengatakan, jika memungkinkan sumbatan bisa diatasi, jika tidak/membahayakan pasien harus diangkat, selanjutnya di anjurkan untuk insemninasi, dll, aku msh ingin hamil normal, mendengar kata2 diangkat saja sudah membuat aku down, timbul niatku ingin diatermi juga, kira2 gmn ya ??? soalnya dokterku ga menyarankan diatermi, n tentang diatermi pun aku br ngerti, setelah menjelajahi kasus tuba yang tersumbat di internet, sahabat aku mohon saran kalian semua,,, makasi,,,,wassalam

66. echa - October 1, 2011

seneng deh bisa temuin blok ini..saya nikahx udah setahun,kbetulan tdi di hidro,doain ya semoga berhasil

67. yuri - October 24, 2011

Salam kenal mba, sy yuri dr pekanbaru. Udah punya anak usia 3,5th, sempat kb spiral 1,5 tahun, tapi udah 2 tahun ini ikhtiarnya belum berhasil. Tadi pagi ikut tes hsg, hasinya yg kanan non paten (mgkn krn infeksi), yg kiri tersumbat (kl kata dokterku hydrosalfing).
Dokterku kasih solusi di laparoskopi. Tp aq lagi cari2 alternatif lain, baru denger jg tentang hydrotubasi dan diathermy. Mohon sharingnya bagi sahabat2 yg punya pengalaman yg sama. Email sy ukhti_yuri@yahoo.com
◦°◦♡·♥ τнäиκ чöü ♥·♡◦°◦

Ayk - October 25, 2011

yuri, setauku kalo ada hydrosalfing nggak boleh di-hydrotubasi loh, karena kan ada cairan (hydro) di saluran tuba nya, takutnya begitu hydrotubasi cairan itu malah ‘meletus’, coba googling deh mungkin ada yg punya pengalaman ttg hydrosalfing ini

68. pipit - December 7, 2011

assalamualaikum salam kenal y… fitri dr surabaya, q jg mempunyai keluhan yg sama dg temen2. Hampir 6 thn nikah blm ada tanda2 kehamilan pertama2 q ada kista 7cm berbagai macam alternatif sdh q lalui pernag hsg jg. diagnosa terakhir kista sdh hilang tp ada endometreosis, kedua tuba fallopi non patent n haid jg terganggu dah 3 bln lebih tidak mens. Dokter nyaranin sih laparoscopy dl trus BT selain biaya yg mahal tp tingkat berhasilnya tuh kecil. Butuh kesabaran tingkat tinggi menanti si buah hati. Kalo diarthemy kira2 bisa g y mengatasi keluhanku. Mohon saran dr temen2 yg pernah mengalaminya. So, hanya tunggu Karunia dari Alloh aja,.. Jika Alloh berkehendak g ada yg g mungkin,..
Ku tunggu y saran dr temen2 semua.. thanks Wassalam,,

69. agustina - February 10, 2012

yah,,, badnewsnya bru sy tw kenarin saran dokter sih bayi tabung tp stelah hydro udah sakit eh hasilnya jg nyakitin,,, tapinterapi ini sy jg bru tw thanks ya infonya

salam dedex bali

70. rani - February 20, 2012

hai salam kenal dari saya rani dari batam
saya menikah sudah 2 taon,krn blm hamil saya coba utk HSG
krn saya sudah program hamil sama salah satu dokter senior dikota ini
hasil hsg : erosi portio uteri, kavum uteri normal dan kedua tuba non paten, mendengarkan itu saya sedih sekali, dokter bilang kedua tuba non paten krn genetik, genetik saya dan suami subur2 aja dari 2 keluarga dan dokter bilang salah satu cara punya anak dgn bayi tabung (bayi tabung mahal sekali) bagikan mimpi,krn keuangan tidak mendukung.
lebih sedih dan terpukul, suami adalah anak pertama, saya tidak menjlankan hari ini,berharap mujizat pyn keturunan.
saya mau nanya teman2 yg tlh menjalankan terapi diathreami berhasil hamil yah
dibatam blm ada terapi itu
kata dokter seh terapi cm habis2kan duit dan sakit badan
aku semakin lemes saja dgr dokter berkata
itu kisah sedihku
doakan aku teman2
tks

71. Ayk - February 21, 2012

Dear pipit, agustina, rani,
Aku jawabnya borongan ya secara pertanyaan nya juga mirip. Soal diathermi kalo aku baca baca referensi katanya memang peluang untuk membuka sumbatan nya kecil, tapi ya wallahualam…waktu itu kita mutusin mencoba dulu apa yang bisa dicoba, namanya juga usaha. Soalnya kalo langsung laparoskopi atau bayi tabung, jujur di tahun tahun itu sama sekali belum kepikir. Dan lagi pertimbangan dokter waktu itu karena umur saya msh 25an dgn usia pernikahan 1thn jadi bisa dibilang “treatment nyantai dulu aja”, tapi ketika usia pernikahan hampir 5thn dan umur mendekati 30thn dan masih belum hamil, dokter nyuruh nya juga LO…LO…LO terus…

Tapi satu hal, I believe in miracles, kalo Tuhan berkehendak maka tidak ada yang mustahil. Tetep semangat ya ibu-ibu semua.

With love,
Ayk ~yang dulu pernah didiagnosa kedua tuba non patent, now 24 weeks pregnant~

pipit - June 17, 2013

infonya sangat menginspirasi aku utk lebih semangat… bg pin bb ya bund… thank you..

pipit - June 17, 2013

bunda Ayk.. thanks

72. nova anggraini - February 24, 2012

salam kenal teman seperjuangan…
saya Nova dari Lampung…
klo udh ngomongin sumbatan…saya jg tersumbat ke duanya.. rasanya sedih banget mbak.. gak tau lagi harus gm… kemaren saya baru selesai di terapi..tp kemudian tidak lgs ditiup.. harus terapi ulang stlh selang 3 bulan, begitu berikutnya.. setelah itu baru ditiup..
Ya Allah..cobaan kita berat banget… rasanya udh gak tau lagi mbak…

Muris - February 26, 2012

ikutan berbagi juga, hasil HSG ku thn 2009 juga menunjukkan tuba kiri tersumbat dengan hidrosalping, tuba kanan paten. November 2011 cek melalui USG hidrosalpingnya sdh menyerang yg kanan bahkan lebih besar/ bengkak.Trus disaranin diatermi plus suntik antibiotik 7x dab 2x hidro Alhamdulillah sudah terbuka atau kedua tuba paten hanya hidrosalpingnya masih ada sedikit/ bengkaknya sdh mengecil.Jadi semangat ya.

nova - February 28, 2012

muris…salam kenal…
aku nova dr lampung….
smoga keajaiban ada selalu untuk aku…seperti kamu yg kini sudah tidak tersumbat…..
keep contact ya….smoga dengan diberi semangat aku jadi semangat jalanin smuanya… mkasih

73. nia utami - March 8, 2012

salam kenal semuanya, bahagia banget bisa nemuin blog ini,
aku nia di Pontianak
aku baru aja cari tau tentang “ditiup’, dan aku dah 1,5 thn nikah belum dpt baby, setelah cek ke dokter katanya harus “di tiup”, doakan ya teman2 tgl 15 ini ku mo di tiup mudah2an ga sakit dan hasilnya memeuaskan…

74. ntyy - March 28, 2012

hi smuanya,salam kenal. aku uda merid 4th,blm hamil jg..kmaren aku baru selesai HSG,sumpah sangat membuat aku shock n sakit slama 2hri… tp ya sutrahlah,mu gmn lg krn pngn bngt pnya anak,usaha apapun di lakuin. hasil HSG aku…katanya aku HYDROSALPHINX KIRI… aku ngga tau tuh harus gmn???aku sih blm ke dktr lg krna msih menyiapkan mental dan doku nya dolo,,yah soalnya kn pasti klo ke dktr tuh ada aj obat yg di tebus… buat kalian yg pnya pengalaman sama,tlng kasi info dounk mslh hydrosalphinx ini,bakalan berguna n penting bngt buat aku… dan kita saling doain yah sista,,spya kita cpat2 pnya momongan… :)

75. eva - April 11, 2012

hi semua aku eva,aku dah nikah 6 tahunan dan pernah HSG,aku divonis tuba non patent kiri and kanan,udah pernah hydro 3 kali.hidro pertama 3 thun yg lalu tp gx berhasil dan dokter blng dilaparoscopy jg percuma dan dokter vonis hrs bayi tabung kalau mau hamil,kemudian 3 tahun aku coba alternatif tp blm berhasil juga,desember 2011 aku memutuskan kembli ke medis tp pindah dokter lain,dokter menyarankan hidro lg tp diathermi dulu,hidro pertama gx sakit dokter blg terbuka 20 % terus bln berikutnya terasa sakit bangeet sesudahnya dan dkter blg terbuka 40% dan kt dokter gx perlu di hdro lg smpai 3 bln kedepan,lalu aku penasarn aku minta HSG ulang tp hsilnya ttp non patent pdhl kt dokter tuba dah terbuka jd binguuungkn,,,,ada gx kasus seperti aku?share ya

76. nova - April 13, 2012

eva…Klo aku sedangdown terkadang aku berpikir.. kenapa ya Allah kasih kita masalah seperti ini..tapi aku selalu aku selalu berharap dan berharap dengan Allah SWT.. Smoga Allah dengar semua doa2 kita ya….dan langsung hamil… Amin…

77. juliet - May 19, 2012

salam kenal teman seperjuangan,aku yana ,uda menikah 5tahun, msalah yg kita hadapi sama semuanya ya, gak bs dibayangkan saat pertama x mendengar kalau kedua tuba non paten,sedihhhh bgt, saya juga sdh jalanin terapi 10x pemanasan perut gt( ga tau namanya apa tuh) tp ga juga berhasil hamil,trus dr nyaranin hidro(di tiup) n sy juga sdh jalanin 2/3 x tapi ttp jg ga ada hasinya,sbnrnya dr saranin hidro u bbrp x lagi,tapi sy nyerah deh,ga tahan,selain sakit juga ga ada kemajuannya,waktu itu sekali hidro sy kn 500rb,lumayan jg biayanya,blom termasuk obat’an n konsultasinya,saat ini saya hy mengkonsumsi ramuan’ obat tradisional aja,tp blom ada hasil juga,sedihhh bgt ya,ada jg yg nyaranin u program bayi tabung,tapi sy blom siap,teman teman apakah masalah yg seperti kita semua jalan satu” nya hy bayi tabung saja??? ada yg tau ga apakah pemeriksaan hsg boleh dilakukan berkali” gt ????

78. nova - May 21, 2012

to AYK…. minta no hp nya dong…. aku nova 0852.698.68.344 or PIN 21DC226F

79. Rita - May 30, 2012

hai … lam kenal semua ya … senengny bs nemuin blog yg punya case serupa …

aku udh merit hampir 6th ( juli ), taun lalu pernah di hydro dgn hasil gak ada sumbatan 22nya .. tp msh blm hamil jg akhirnya kita putuskan stop dlu dri pengobatan dan lanjut ke urut perut slama bbrp bln tp msh blm berhasil jg akhirnya kita bner2 stop dri dokter + urut ..

awal maret 2012 kita lanjutin lg pengobatan dokter tp dgn dokter yg beda, awal pemeriksaan di cek dlm dan ketauan ada servisitis & keputihan akhirnya di suruh papsmir & vagina toilet trs dksh obat vagistin yg dmasukin ke dlm ( smcm peluru ) bln berikutnya cek kdokter lg si servisitis ini sdh mulai mengecil tp tetep hrs waspada kata dokternya fokus dlu di servisitis tp kita gak mw akhirnya dokter USG transV dan ketauanlah ada perlengketan di tuba kanan kiri & endometriosis uk 14.5 mm di tuba kiri yg nempel kerahim trs ksh program :

1. suntik KB selama 2bln
2. diatermi 10x
3. hydro

tp point 1 gak dilaksanain ( mw hamil kok mlh dsuruh kb :D ) akhirnya kita diatermi deh … kamis nti mw check up ke dokter tp mdh2an gak dimarahin ya soalny point 1 gak diikutin :D

btw klo lg terapi diatermi itu boleh ML gak ya ?? trs pengaruh ke sperma gmn ya ??

mesin diaterminya smcm mouse pad yg ditempelin di perut & dibelakang jd sekaligus tp dialasin handuk gtu …

80. susi - August 30, 2012

Mksh ya tas infonya, q sangat takut tdnya akhirnya lega pas baca tulisan , rencana bln dpn stlh haid q mau diathermy

81. rose - September 3, 2012

haii….salam kenal teman2 smua,saya udah menikah 4 tahun tp belum jg pny momongan.ditahun 2010 uda pernah hamil tahun menginjak umur 10 mgg aku malah keguguran,dan sampai sekarang belum hamil lagi.bln februari aku dan suami konsultasi ke dokter dan disarankan untuk HSG.hasil HSGny ternyata ke 2 tubaku non paten tersumbat kanan kiri sama dokter disarankan untuk LO,waktu itu saya bingung karna belum siap dan akhirnya saya memutuskan untuk pengobatan herbal tapi belum hamil jg,untuk teman2 yang sudah berhasil sembuh khususnya di daerah bandung mohon bantuannya untuk saran dan arahan langkah selanjutnya yang lebih baik untuk cepat mendapatkan momongan.dan untuk teman2 semua yang berjuang bersama saya,semangat ya…jangan menyerah Tuhan gak tidur kok…thanks 4 all…

melissa - September 4, 2012

@ Rose and all : betul Tuhan tidak tidur kok :)
saya juga sudah 4 thn menikah tidak berhasil dapat anak karena kedua tuba saya yang non paten dan sperma suami kurang bagus. Tapi puji Tuhan sekarang saya sudah hamil 10 minggu walaupun dengan inseminasi (krn setelah tuba saya paten smua dan sperma suami sudah lbh baik kami tetap 1 thn blm berhasil jd insem deh).
Dulu saya juga di suruh LO (waktu itu baru1,5 thn nikah) tapi saya ga mau krn resiko nya besar juga, jd saya pindah dokter dan dokter terakhir yg memang dr awal saya yakin tangannya dingin yaitu Dr Karel (RS Bunda Menteng) dan di tiup ama dia, lgsg kedua saluran saya lancarrr, bebas sumbatan … :)

Oh ya saya juga ada ikut pantangan dan nasihat2 dari ast romo Logman di Bogor (balai pengobatan radiathesi), yang saya rasa cukup mengambil peranan dalam keberhasilan saya..

Jadi smua yg tubanya non paten jangan kuatir yah tetap berdoa dan berusaha.

gea - September 23, 2012

Dmna mba balai pengobatan radithesi nya

Melissa - April 9, 2013

Sori baru ngeh ini nanya ke saya.
Alamat nya ; klinik radiesthesi ibu liliana ( romo sudah meninggal thn lalu kalo ga salah) jd di teruskan oleh asisten2nya yg kbanyakkan dokter. Jl Sukajaya VI no 50 telp 0251-321954 deretan Tajur bogor. Cari di google aja kl binggung.

ernitio - April 9, 2013

Hai salam kenal mba melisa…saya sdh menikah hampir 3 thn tp belum hamil jg…setelah saya periksa ke dokter dan sdh hsg ternyata saluran tuba saya dua2nya dinyatakan mampet…saya disarankan utk diathermi selama 3 bln, setiap bln 20x terapi lalu dihidro, begitulah terus selama 3bln. Tp saya belum melaksanakannya, krn kuatir akan efek2 negatif dr semua tindakan tersebut. Haduh stres banget rasanya mengetahui kondisinya seperti ini, tp setelah membaca cerita2 diblog ini terlebih2 setelah membaca cerita dr mba melisa saya jd agak semangat. Ohya apakah bs dgn kondisi saluran tuba non patent msh bs hamil dgn cara inseminasi or bayi tabung? Saya pengen tahu lebih jelas mba ttg hal ini…maaf klu mba gak keberatan boleh gak saya minta nomor hp mba biar lbh enak ngobrolnya. Saya sdh harus bergerak cepat klu istilah saya krn saya umurnya sdh 40thn, sdh hrs hati2, dan gak bs santai2 lg2 dlm hal hal ini. Makasih sebelumnya utk informasinya dr mba melisa dan teman2 yg bs kasih informasi ttg ini ke saya.

Melissa - April 9, 2013

Hallo salam kenal.
Wah diatermi nya banyak sekali yah ampe 60x donk (20 x 3 bln). Saya sih cuma 15x ajah dan lgsg di tiup / hidro ama dokter saya lgsg plong kebuka dua2nya.

Setau saya kl kesumpat dua2nya tdk bisa inseminasi krn saluran itu dibutuhkan oleh sperma utk ke indung telur. Kl emang masih kesumbat dua2nya harus bayi tabung.
Saya ada ym : m_latief@yahoo.com / 08158804760. Ada pin bb ?

82. gea - September 23, 2012

Sy mau minta info nya dri anda..sy mengalami penyumbatan dsebelah kanan..tlong ksh saran apa yg hrs sy lakukan..tq

83. Melissa - September 23, 2012

@ gea : di bogor Jl raya tajur tepatnya no brp saya lupa. Yg pasti di takur ada toko javanoni nah ini pas di seberangnya masuk Komplek perumahan. Klinik radiesthesi Ibu liliana (Romo Loogman) . Bisa cari di google.

oO°ºo0o0оº°hhh:O ya saya sedih skali krn minggu lalu saya keguguran. Yah Tuhan yang memberi DIA jg yg berhak mengambil yah.

84. gilang fajarsyah (@gilangbro_) - November 20, 2012

permisi ibu2.. suami boleh gabung dan share kan? skaligus saya mau minta bantuan dan saran yg bagus dari semuanya..saya sudah menikah selama sekitar 17bulan. setelah melalui berbagai pemeriksaan, ternyata saya mempunyai sel sperm yg pergerakannya lambat, dan istri setelah HSG ternyata kedua tubanya non paten :'( adakah cara supaya hambatan pada tuba istri saya agar tidak terhambat? tahapan serta prosesnya seperti apa? dan adakah yg pernah ikut program bayi tabung? serta tahapan prosesnya seperti apa? berapa biayanya? tolong dijawab ya semoga berkenan..terimakasih…

Tommy - March 3, 2014

Hai gilang saya Tommy, saya suami dari nova anggraini – post comment on February 24, 2012. Alhamdulliah skrg kami sudah dikaruniai anak yang cantik (3 bln). Sel sperma kamu lebih baik dari saya, Selama menjalani pengobatan bersama isteri, saya telah menjalani test sperma selama 3 periode (2009, 2010, 2011) dan hasilnya abnormal, terakhir tes 2012 hasilnya lebih parah yaitu 98% abnormal. Tapi saya tetap optimis karena hanya 1 sel yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur. Untuk sumbatan hampir semua dokter obsygn yang kami kunjungi (Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta) merekomendasikan BT artinya tidak ada cara lain selain jalan tersebut. Cara lain yang mereka rekomendasikan yaitu terapi diatermi selama 3 tahap (1 tahap 10 x terapi/10 hari berturut-turut dengan I sesi selama 30 menit). Diatermi sudah pernah dilakukan isteri saya namun tidak ada hasil akhirnya kami memutuskan ikut program BT di klinik Morula BIC Menteng Jakpus. Kami mengikuti program BT karena isteri saya sudah melewati tahapan2 medis yang di sarankan dokter namun tidak berhasil (HSG, Laparoscopy, Diatermi). Program BT sekitar 1 bln dikarenakan isteri saya mengambil cuti dan stay di menteng (kost) sementara saya harus PP JKT-LPG. Program yang kami ikuti gagal, namun 2 bulan setelahnya isteri saya mendadak hamil secara alami. Saya tidak tahu faktor apa yang menyebabkan, namun selama dan sesudah proses BT tersebut saya mengkunsumsi propolis dan jus buah kiwi. Klo gilang mau ikut program BT harus siap mental akan kegagalan karena persentase keberhasilan hanya 30% sementara dana yang kita butuhkan tidak sedikit.

85. Anik widayati - November 22, 2012

Q jg br ja tes HSG,kt dok.ny tuba patent,ga da pnyumbatan, tp q dsrh terapi diatermi jg 15x.
1mgg 2-3x ja.
Ktny c biar mkn lbr slurany,jd sperma swa lbh gmpng msk. Krn emang sprmany kurang.

86. Dewy - December 3, 2012

salam semuanya, seneng banget dapet blog ini saya menikah sudah 5 tahun dan belum pernah HAMIL dari pengalaman teman2, saya masih optims tuhan itu mendengar kita jadi tetap semangat ya, Walaupun aku sedih banget hari ini setelah HSG di rs pertamina rujukan dari doc ku yang di kmc ke dua saluran ku NON PATENT duh sedih banget , terus saya ke kmc langsung menemui doc ku, dia bilang harus bayi tabungdan gak ada option lain walaupun harus operasi tiu beresiko dia bilang takut nanti terjadi lahir di luar kandungan dan biayanya besar sekali, tapi aku mau mencoba diatermi dan melakukan hsg lagi ,doc mana ya yg bagus untuk treatment diatermi terus berhasil , terimakasih teman2 untuk berbagi infomasinya no bbm aku 27608D1f YM balibeachgirl2000@yahoo.com terimaksih semuanya untuk sharingnya keep posting yaa

87. maya yuliawati - December 31, 2012

hai smua,,, aq mey.. aq seneng bgt dpet blog nie..
seneng bsa baca pnglaman tmn” smua krna membwt aq lebih semangat..
aq nikah dah 3 thn, januari 2012 aq di HSG ternyata saluran tuba sblah kanan buntu & sblah kiri lubang’y kecil bgt krna lengket & ad infeksi kta DR infeksi dr keputihan…
blan feb aq coba di hydro 3x hasil’y kta Dr udah mulai lancar ga prlu di hydro/di tiup lg.. aq nunggu smpe skrng msh blom hamil, Dr nyaranin aq di HSG lg,,kmren tgl 21 des aq di HSG lg ternyata hasilnya malah lebih parah kdua saluran tuba buntu…
aq kaget npa bsa kaya gtu,, Dr nyarani aq bwt di terapi tow diathermi 8x trus klo dah bres hrus di HSG lg.. kata Dr klo smua itu msh blom berhasil Dr nyaranin bwt bayi tabung.
insyallh bsok aq mulai di terapi doain iy mdah”an cara nie bsa berhasil amien…

bwt smua’y yg lg berjuang dpet baby ttp semangat iy,, percayalah semua akan indah pda wktu’y..

88. lutfi - April 6, 2013

Terapi diatermi biasanya dilakukan dimana ya? Dilaboratorium kah? Atau diklnik dokter.senang sekali dptin blog ini.
Semoga usaha kita sll diijabah ♈ªªñģ Maha Kuasa.‎​آمِيّنْ… آمِيّنْ…. آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

Ayk - April 8, 2013

Hi Lutfi, kalo aku dulu diatermi di bagian fisioterapi, di setiap rumah sakit ada kayaknya. Coba diskusikan dengan dokter SpoG nya

89. erma sulis - June 6, 2013

Salam kenal mbak ayk…saya erma,,,membaca blognya mbak ayk dan membaca pengalaman dari teman2 membuat sy terharu dan menangis…saya seneng banget nemu blog ini,karena ternyata banyak yang senasib dg saya.
Sy adlh seorang ibu dr seorang putra berusia 6th,sy sudah lama ingin memiliki anak lagi,tp kok sulit banget…dulu shbs melahirkan sy lgs KB suntik slm 1,5th dan tdk mendapatkan menstruasi sama sekali,setelah berhenti g KB pun sy tetap g mens,saya berpindah pindah dr dktr yang satu ke dokter yang lain,akhirnya bln januari kemarin sy bertemu dg dokter ahmad priyadi,beliau menganjurkan sy utk tes HSG,dan ternyata kedua tuba saya tersumbat,kata dokter kalo di hidro g bisa kebuka maka sy hrs BT,ya allahhhh….dunia rasanya mau runtuh bagiku,menangis sejadi2nya sudah pasti,lalu sblm hidro ak sholat tahajud dan dhuha yang tanpa putis,dan akhirnya dua kali hidro saluranku uda terbuka dua2nya…tapi sampai saat ini sy belum berhasil hamil,,,bulan ini sudah terlambat 12 hari tapi ternyata masi negatif…buat teman2 semua semangat yhaAaaa….dan marilah kita saling mendoakan agar tuhan segera memberi kita kepercayaan menimang si buah hati ˚˚°◦A♏inN◦°˚˚ …..semanggggaaatttttttt!!!!

90. pipit - June 17, 2013

melissa : jadi pengen coba jejaknya melissa.. oh ya di tiup itu biaya berapa ya sist, trus inseminasi biaya nya berapa juga.. bg info ya, coz bisa siap 2 gitu… thanks

91. Anita - August 27, 2013

assalamualaikum bun,slm knal smua…padahal hydro sakit bgt c bun kok km mau c diulang berx2…

Ayk - August 28, 2013

Salam kenal juga mbak Anita. Yaaa namanya demi baby mbak, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian *lagian nggak sakit banget kok, masih bisa ditolerir rasa sakitnya :)

92. Mariani - September 20, 2013

Bunda sekalian, tanya donk, saya sudah menikah hampir 3tahun, dan kemarin baru HSG, dan kedua tubanya kesumbat, bahkan terjadi peradangan di dekat salurannya. Saya sudah cek ke dokter juga, hasilnya langsung disuruh program bayi tabung. sedih d dengar hasilnya, sperma suami juga astenozoospermia…selain itu rahim saya juga miring ke kiri, Mohon bantuannya Bunda untuk sharing ke saya, apa yang harus kami lakukan, sudah putus asa juga sih….

93. inas - September 24, 2013

makasih ya mb blognya inspiratif bgt buat kita2 yg blm punya baby.. aq sendiri nikah sdh hampir 5th pernah cek hasilnya hydrosalpinx + endometriosis 8cm. anehnya pas cek di dokter lain ukurannya jd 4cm (bedanya yg pertama pas mens) :( disarankan utk operasi, herannya kq ga pernah disarankan diatermi ya (melihat komen2 di atas). so sad blm bs ambil tindakan lain :'( doakan ya bunda semua…

Mariani - September 25, 2013

Dear Mba Inas, saya barusan juga punya teman yang didiagnosa endometriosis, dan disarankan untuk diatermi selama 10 hari berturut-turut tanpa terputus, dicoba dulu saja…

94. Khiriha Joevallen - October 1, 2013

halo salam kenal, saya mau konsultasi mengenai rahim dong. Nama Saya khanan saya punya pacar namanya Olien, pacar saya si Olien itu baru kali ini menceritakan tentang kelainannya. katanya sih “Rahim kanan aku ketutup, jadi…….. darah haid yang keluar gak bisa diproses sempurna….. Bukan darah cair tapi ngegumpal kyak puding” kalau aku cowoknya kan nggak ngerti tentang masalah seperti ini, Tolong kasih info agar Pacarku Olien tersayang bisa sembuh ya dok?

95. eka - October 11, 2013

dear mba Ayk,

salam kenal ya mba…sy udah 4th menikah tp blum jg dikasih keturunan…sy ada program hamil ke dokter…kemarin terapi obat selama 2 bln stlh itu diusuruh HSG dan hasilnya tuba kiri non patent dan kanan penyempitan….saran dokter harus Laparoscopy….trus sy nemu dech blog ni yg sblm LO bisa terapi diatermi….yg sy mau tanyakan ke mba ayk, terapi diatermi itu harus pake surat dari dokter atau kita bisa langsung ke rs bagian fisioterapi?mksh sebelumnya mba…

96. Ike Rahayu - November 8, 2013

Hallo slm kenal semua
Kmrn aky jg hbs konsul ke prof.iam di Rs.Budhi Jaya.katanya aky kena kista endometris dan kedua tuba non paten.prof.iam menyuruh untuk larascopy tapi aku takut banget dgr kata operasi.apalagi biaya nya jg lumayan.ada yg tau info gak sih,info larascopy yg biayanya agak murah.invite pin bb aku ya kl mau share or info di 270ec62c.mdh2an ada yg bisa bantu aku.tq

97. mia - November 8, 2013

hallo semua salam kenal yia

yuk kita buat Comity yuk…..untuk sering aq juga mengalami salah yg sama …tapi jujur panyakit kita ini emng rumit dari yg lain …blom lagi kga bisa bertaya pd sembarang org ..entr matax membelalak bikin tambah pusing kelapa kita yiakan??

98. mia - November 8, 2013

aq pernah keguguran perna juga hamil anggur akhirx …diangkat tuba yg satu tapi anehx..haid aq lancar….dan kemarin periksa lagi …hasilx kok tuba kiri aq ternyata ada….tapu kurang baik dan tuba kanan agak bengkak..tg 25 /11/2013 ini akan periksa lagi….yg lebih rinchi bantu doa yia all moga tk ada yg tersumbat …

oh iya dgr2 di surabaya Bayi tabung udh 20jtan yia? klo ada yg tauh biaya bayi tabung yg murah mohon infox..ini fb aq Huamia randuh. mohon calon bunda yg memiliki problem yg sama ADD mkasih

99. ck - November 19, 2013

Saya dh nikah lbh dr 3,5th… seneng bgt wkt lbh krg 1 bln yg lalu klo sy hamil.. mn pas lg ultah suami rasanya seneng bgt ngasih hadiah spesial itu utk suami. ktika kmi priksa k dokter di usgpun hasilnya baik2 saja..ada janin yg sdg btkembang drahimku. tp trnyata kbhagiaan kmi hny sbntr krn sminggu kmudian dinyatakan kguguran krn flek2 yg aq alami. tp cobaanku bkn hny smp disitu.. krn seminggu kmudian perutku sakit dan ktika dpriksa lg k dokter aq hmil dluar kndungan dan byk pendarahan ddlm perutku dan hny ada 1 jln yaitu aq hrs dioperasi laparoskopi hari itu jg (10/11/2013) pas hr pahlawan hiks…:'(
Dan aq smpt drwat slama 1minggu drs krn leukositku tinggi bgt wkt itu smp 27000. Nah yg bkin aq syok lg sm dokter aq dsuruh kb slama 1th krn tuba kananku lengket, sdgkn tuba kiriku udh diambil wkt operasi krn hamil anggurnya disitu hiks..2x
wah, dunia rasanya kiamat rasanya..
dokter nyuruh aq kb slama 1th sih ktnya utk benerin tubaku yg kanan dlu.. spy g hamil anggur lg.. tp adakah caranya yg lain.. brarti harapan kami utk memiliki ank msh lama..
tolong bantu doa ya kawan2..

100. erma sulis - March 7, 2014

Hallo mbak ayk… ĸƠ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ќ̴̴̴̴̴͡” ƍäª muncul2 lagi nih postingannya?aku kangen baca postingan2 mbak ayk Ɣªήğ bisa membuatku mrebes mili..°° ☺•••Ήii☺Ήii☺Ήii••• …

Buat mbak rya ray:mbak kasusmu sama denganku…biar bisa share lebih lengkap silakan add FBku yhaaaa….

Makasihhhhhhhhhh

101. ussy - March 10, 2014

Salam kenal semua.
Sy nikah sudah 7 thun dl sy penah hamil tp keguguran,sampai sekarang sy g bisa hamil lg,dokter saranin sy utuk HSG tp hasil nya kedua tuba palofi sy tersumbat nd non paten,kata dokter yg periksa sy kata nya sy g bisa mempunyai keturunan lg sy sampai sedih nd troma mendengar dokter memponis sy seperti itu, kira” sy bisa hamil lg g ya mohon info nya gimana cara mengobati nya sy pengen banget punya keturunan

erma sulis - March 10, 2014

Dear mbak ussy:apakah mbak ussy udah coba cari second oppinion dari dktr lain? Ini mbak klasifikasinya:
1.Perlekatan ringan,bisa dibuka dg hidrotubasi
2.Jika perlekatan atau sumbatan Ɣªήğ parah,katanya harus di operasi

Pasti Ă‎​ϑǟ jalan mbak ussy…tetep S̤̥̈̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥♍ªªªηGªª†̥†̥̥. Dan berusaha,berdoa itu Ɣªήğ utama mbak…

Tubaku juga tersumbat dua2nya,dan sudah di hidro 3kali,kata dokter hasilnya positif,semua cairan bisa masuk dg lancar,utk hasil pastinya sy di suruh cek HSG lagi,†̥̥åþĭ saya masi blm siapp jika nanti hasilnya mengecewakan…
Ini adalah proses sy utk mendapatkan momongan Ɣªήğ kedua,anak pertama sy sudah berusia 6th mbak…

Oh iyaa mbak,,,selama ini mbak ussy mendapatkan menstruasi dg lancar tidak yhua?

usymoelyadi@yahoo.co.id - March 11, 2014

Dear mbak erma sulis:
Selama ini datang bulan qu lancar” aja mbak
Powered by Telkomsel BlackBerry®

erma sulis - March 12, 2014

Dear mbak ussy: ;)°•°Sĩĩĩ~(y)°•°;) deh…semoga ini menjadi jalan yha mbak…utk segera punya debay…
Oiya mbak…salah satu pasien Ɣªήğ berhasil BT di RSB gladiool itu Ă‎​ϑǟ Ɣªήğ dr jakarta juga mbak,,,,
Mbak ussy Ă‎​ϑǟ WA atau pin bb kan?

ussy - March 12, 2014

Dear mbak erma sulis:
Ada mbak aq kasih nya lewat mana ni.?
Lewat email aja y,embak email ke aq no pin nya
Apa aq yg kirim ke mbak erma,
Biar kita sering” chat heheheheeee
Ini alamat email aq usymoelyadi@yahoo.co.id

102. ussy - March 10, 2014

Dear mbak erma sulis:
terimakasih mba atas info nya,sy sie blm pernah coba apa yg mbak bilang,sy udah pernah coba ganti dokter lain di saranin sy hrs HSG lg,sy masih trauma sy masih takut masih ingat banget di pikiran sy dokter bilang sy itu tidak akan pernah bisa mempunyai leturunan lg kata nya tunggu mukzijat aja,klo boleh tau hidrotubasi itu diapain ya mbak..?
Sy baru punya rencana bln depan ini mau cari dokter lain lg buat program tp sy bingung masih cari” takut salah pilih dokter lg,nd klo sekiranya program nya g berhasil jg thun depan mau di oprasi aja klo sekiranya.?
Klo boleh sy tau dimana ya kira” mbak berobat biar sy coba ikutin saran emba erma..
Terimakasih banyak mbak atas info nya..

Salam kenal ya mbak erna…

erma sulis - March 11, 2014

Dear mbak ussy: ​​°♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ اَللّهُ… ĸƠ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ќ̴̴̴̴̴͡” dokternya bilang gt sihhh???jadi ikut sedih…ƘąƪƠ saya paling udah ngacir mbak digituin…
Di hidro itu bahasa awamnya di tiup mbak..yha hampir sama dg di HSG,tp ƘąƪƠ aku di hidronya di bius mbak…jadi ƍäª kerasa apa2,biaya sktr 600an mbak…
Lalu ƘąƪƠ ad perlengketan Ɣªήğ parah biasanya di laparoskopi mbak,,,
Saya saranin ganti dokter aja mbak,cari senyaman mgk dokternya…lalu ƘąƪƠ mbak mau minat Bayi Tabung coba di RSB gladiool magelang jateng mbak…biayanya 12jt…coba deh googling di sana…

†̥̥åþĭ sblm kesitu coba aja dulu cek up ke dokter lain mbak…tetep S̤̥̈̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥♍ªªªηGªª†̥†̥̥. Yha mbak dan jangan menyerah….

ussy - March 11, 2014

Dear mbak erma sulis:
♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ bener mbak sy aja sampe g kuat tahan air mata sy biar g nangis di depan dokter itu,sampe” sy kapok banget ke Rs,masa sie mbak bayi tabung 12jt bener ga tuh mbak..?
♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ rencana sie pengeng oprasi lapaloskofi mbak klo ga bayi tabung,tp yg selama ini sy cari info harga nya ada di atas 50jt paling kecil..
Coba nti aq omongin aaah ke suami saran dr mbak erma,
Terimakasih banyak ya mbak atas semua info nya ({})…

103. erma sulis - March 11, 2014

Dear mbak ussy:​​°♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ mbak…aku ƍäª boong…°° ☺•••Ήii☺Ήii☺Ήii•••
Coba googling RSB gladiool magelang,nama dokternya adalah dokter doddy…dokter doddy sangat baik dan sopan mbak…beliau skrg di RS.soeroyo magelang juga,satu rumkit sama kakak saya.
Ɣªήğ ngasi rekomen sy utk coba gugling gladiool yha kakak sy itu mbak…

Lalu sayapun gugling dan membaca tanya jawab Ɣªήğ Ă‎​ϑǟ di situ dan segitulah biaya utk BT mbak…

Mbak uSsy juga bisa konsul lwt email dulu,dr testimoninya banyak Ɣªήğ berhasil juga mbak…
ƘąƪƠ saya pengen mencoba dan berharap semoga اَللّهُ kasih keajaiban dan menunjukkan kebesarannya agar sy mampu hamil scr alami…آمِيّنْ… آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْ mbak ussy tinggal dimana?ƘąƪƠ aku di jogja…

ussy - March 11, 2014

Dear mbak erma sulis:
آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ aq doa’n mbak,
Aq jg pengen nya hamil secara normal tp keada’n yg g memungkinkan…
♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ nti aq mau coba bicarakan dl ke suami,td sie pas aq baca email dr mbak erma, kan aq senyum” sendiri pas kebetulan suami baru pulang dinas,suami qu tanya knp ko kaya nya seneng banget lg baca apa sie…
Aq bilang ada dech nti aq ceritain heheheheee….
Kebetulan kan aq sm suami lg cari” info gtu pasti dia seneng banget denger nya…

Aq tinggal di jakarta mbak…
Aq pikir mbak erma tinggal di jakarta jd pengen kenal lebih dekat lg sm mbak erma,biar enak kita cerita” nya hehehehee

104. erma sulis - March 12, 2014

Dear mbak ussy: udah aku email sampai belum mbak…

ussy - March 12, 2014

Dear mbak erma sulis:
Sudah mbak sudah aq email balik no pin nya terimakasih ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 152 other followers

%d bloggers like this: